Warna Lovebird Langka Paling Diburu : Parblue

Setelah kemaren-kemaren ngebahas masalah ngekek panjang, kini saatnya ngebahas warna lovebird langka. Ya, lovebird warna merupakan komoditi yang sering dicari selain lovebird ngekek panjang. Segmennya mungkin agak berbeda dengan lovebird kicauan. Meskipun tiap minggu belum tentu ada perlombaan lovebird warna seperti halnya lovebird kicauan, namun tak menjadi alasan berarti bagi para penggemarnya.

Burung lovebird warna memiliki segmen orang-orang yang memelihara burung karena langenan, bukan untuk perlombaan kicauan. Burung ini lebih disukai karena warna bulunya bukan suaranya. Dalam kategori lovebird warna, semua orang mementingkan ke-eksotisan warna yang dimilikinya. Untuk penggemarnya sendiri, bisa dikatakan penggemar burung ini tidak kalah jauh dengan lovebird kicauan. Harganya juga tidak kalah fantastis dengan lovebird kicauan. Seekor burung lovebird yang memiliki warna eksotis harganya sekitar 20-an juta rupiah.

warna lovebird langka parblue

Warna Lovebird Langka Paling Diburu

Mengenai warna lovebird favorit, mungkin Anda bisa menebak-nebak, apakah itu lovebird blorok, biola, albino, atau violet ? Jawabannya sebenarnya hampir benar. Keempat lovebird tersebut masuk dalam jajaran warna lovebird termahal, yang harganya jutaan per ekor. Lovebird biola euwing misalnya, harga burung ini bisa mencapai 17 jutaan.

Baca Juga: Nama lovebird berdasarkan warna

Burung lovebird yang memiliki warna lovebird langka yang banyak diburu adalah parblue. Burung yang aslinya berasal dari Amerika Serikat ini telah menyita banyak perhatian banyak pecinta burung. Burung ini termasuk jenis lovebird import yang digandrungi meskipun harganya mahal karena harus didatangkan dari luar negeri.

Harga Lovebird Langka

Burung lovebird yellow face adalah sebutan lain dari burung parblue, burung yang merupakan strain hasil mutasi warna ini termasuk langka di Indonesia. Komoditi warna lovebird langka yang memiliki demand yang tinggi tentu saja menghasilkan harga yang melambung tinggi.

Sebenarnya dulu para importir burung masih ragu dalam memasarkan lovebird parblue di Indonesia. Pada awal-awal mereka baru mengimpor parblue dalam jumlah yang kecil untuk mengetahui respon pasar di Indonesia. Berhubung laris manis, saat ini mulai berani mendatangkan puluhan parblue import.

Untuk masalah harga, lovebird parblue sendiri biasanya dilabeli dengan harga minimal 10 juta rupiah. Harga terebut naik apabila warna lovebird langka tersebut ternyata lebih eksotis. Harga parblue dengan warna bulu yang eksotis biasa dilabeli dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah.

Jaminan Mutu Warna Lovebird Langka

Biasanya yang berminat untuk meminang lovebird warna kualitas nomor satu adalah breeder atau penangkar. Penangkar membeli lovebird warna langka ini untuk diternakkan untuk mendapatkan persilangan warna lovebird langka yang bagus. Persilangan tersebut menjadi peluang emas bagi para penangkar lokal karena hasil persilangan akan membuat nilai jual lovebird lebih tinggi.

Untuk melakukan persilangan tentu saja harus bisa membedakan jenis kelaminnya. Silahkan pelajari masalah itu di artikel Cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan. Eitss sebenarnya tidak perlu khawatir sih masalah jenis kelamin lovebird warna langka. Biasanya mereka diberikan garansi jenis kelamin oleh breeder Amerika. Dalam garansi tersebut juga dilengkapi dengan hasil tes DNA untuk menentukan jenis kelamin. Membedakan jenis kelamin dengan tes DNA tersebut 99% akurat, berbeda kalau kita cuma pakai ilmu kanuragan, eh tebak-tebak.

Bagaimana masih tertarik untuk mengadopsi lovebird langka seperti parblue? Atau Anda punya pengalaman lain masalah adopsi lovebird? Silahkan berbagi pengalamannya di fanspage satwapedia. Jangan lupa di like untuk mendapatkan update informasi terbaru masalah satwa. Sekian, semoga artikel mengenai warna lovebird warna ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Add Comment