Untuk Menjadi Cucak Ijo Juara

Semua pecinta burung yang memelihara cucak ijo pasti ingin cucak ijo juara. Untuk menjadikan burung cucak ijo Anda juara, Anda harus tahu cara merawat burung ini dengan baik dan benar. Nah, untuk merawatnya dengan baik dan benar, Anda perlu tahu ciri dan karakter burung ini. Salah satu karakter yang Anda paling perlu ketahui dari burung cucak ijo adalah karakternya yang semi. Artinya, burung cucak ijo bukan sepenuhnya burung petarung. Tidak seperti burung cendet atau kacer yang merupakan burung petarung sepenuhnya, burung cucak ijo bukan sepenuhnya petarung. Oleh sebab itu, burung ini bisa jadi tidak terlalu bersemangat saat sedang dalam suasana ditarungkan, walaupun burung lain sudah membawa suasana pertarungan.

Namun, ada potensi dalam yang dimiliki burung cucak ijo untuk bertarung. Oleh karena itu, kita mengenal ada burung cucak ijo yang disebut dengan burung cucak ijo juara. Tapi, burung cucak ijo yang bisa jadi juara tidak begitu saja jadi juara. Mengingat karakternya yang tidak sepenuhnya sebagai burung petarung tadi, perlu diatur atau disiasati dengan cara tertentu agar burung cucak ijo mau bertarung. Untungnya, cara tersebut cukup sederhana.

Menjadi Cucak Ijo Juara

Menjadikan cucak ijo juara

Menjadikan cucak ijo juara

Caranya cukup dengan memberi makan burung cucak ijo dengan buah-buahan seperti pepaya, apel, pisang dan buah lainnya yang biasa dimakan burung cucak ijo Anda. Jangan lupa bahwa extra fooding juga diperlukan untuk senantiasa membuat si cucak ijo senang; seperti kroto, ulat kandang, jangkrik dan yang lainnya. Fungsi dari extra fooding ini adalah untuk memberi si cucak ijo stamina lebih agar semangat dan mau bertarung. Dengan memberikan kombinasi makanan ini secara teratur, semua burung cucak ijo dapat menjadi burung cucak ijo juara.

Anda juga perlu hati-hati dengan pemberian voor. Menurut banyak master burung dan pecinta kicau burung berpengalaman, pemberian voor pada burung cucak ijo dapat membuat suara burung ini serak. Jika suara si burung cucak ijo serak, tentu ia sulit untuk menjadi burung cucak ijo juara. Anda cukup memberi bahan makanan seperti buah dan juga EF dalam kadar atau jumlah yang cukup. Tapi, tak perlu khawatir jika burung cucak ijo peliharaan Anda sudah terlanjur serak. Menghilangkan voor dari menu makanannya akan pelan tapi pasti mengembalikan suara si burung cucak ijo, selain itu Anda dapat mencari informasi lebih banyak tentang cara menghilangkan serak pada burung cucak ijo. Baca juga suara cucak ijo betina yang dapat dilatih untuk mengikuti kontes.

Ada juga bedanya antara merawat burung cucak ijo yang dari hasil tangkapan hutan dan bukan dari hasil tangkapan hutan. Jika burung cucak ijo Anda adalah hasil tangkapan dari hutan, maka Anda harus lebih dulu melakukan proses penjinakan. Hal ini fungsinya agar si burung cucak ijo tidak takut lagi, mudah terbiasa dan akhirnya bisa dilatih menjadi burung cucak ijo yang bisa jadi juara. Jika burung cucak ijo yang Anda punya jenis kelaminnya adalah jantan, maka Anda patut merasa beruntung karena burung cucak ijo jantan lebih banyak berkicau daripada yang betina. Nah, perawatan cucak ijo tentunya juga diperlukan.

Mandikan burung cucak ijo Anda saat matahari sudah muncul. Pastikan sarangnya selalu dalam keadaan bersih supaya burung cucak ijo Anda bebas dari ancaman kutu dan penyakit. Tentunya, burung cucak ijo yang sehat akan lebih mudah menjadi burung cucak ijo juara.

Add Comment