Suara Cucak Ijo Betina yang Dapat Dilatih untuk Mengikuti Kontes

Belum banyak yang mengetahui bahwa burung cucak ijo betina juga memiliki potensi yang sama dengan cucak ijo jantan. Selama ini para pecinta burung mayoritas hanya mengikutsertakan cucak ijo jantan dalam berbagai ajang kontes berkicau. Namun, setelah diteliti ternyata suara cucak ijo betina juga memiliki tingkat kemerduan yang menyamai cucak ijo jantan. Oleh karena itu, saat ini sudah mulai digencarkan juga kontes berkicau untuk cucak ijo betina. Seperti yang diketahui bahwa burung cucak ijo baik jantan maupun betina merupakan burung yang memiliki kondisi kurang stabil, terkadang burung ini akan berkicau sepanjang hari dan terkadang burung ini akan diam sepanjang hari.

Apabila burung sedang dalam keadaan berkicau sepanjang hari tentunya akan menguntungkan pemiliknya saat diikutkan dalam kontes berkicau. Namun, jika keadaan yang terjadi sebaliknya maka hal ini akan sangat mengganggu penampilan burung di kontes berkicau tersebut. Untuk menghindari keadaan tersebut Anda harus mengetahui beberapa tips untuk melatih suara cucak ijo betina agar stabil untuk berkicau sepanjang hari. Apa saja tips untuk melatih burung ini? Untuk informasi lebih lengkapnya simaklah pembahasan berikut ini.

Tips Agar Suara Cucak Ijo Betina Stabil

suara cucak ijo betina

suara cucak ijo betina

Tips yang pertama agar Anda dapat mendengarkan suara cucak ijo betina berkicau sepanjang hari adalah perdengarkan rekaman suara burung lain secara rutin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa burung cucak ijo betina adalah jenis burung yang kurang stabil dalam hal berkicau. Oleh karena itu, Anda harus rutin memperdengarkan rekaman suara burung lain sehingga burung cucak ijo betina Anda mengikutinya. Jika burung Anda sudah terbiasa mendengarkan kicauan burung lain dan mengikutinya sepanjang hari maka ia akan terbiasa untuk berkicau lebih sering. Hal ini akan memperbesar peluang burung cucak ijo betina Anda memenangkan kontes kicauan burung.

memaksimalkan suara burung cucak ijo

Memaksimalkan suara burung cucak ijo

Tips yang kedua adalah perhatikan asupan makanan yang Anda berikan kepada burung tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang akan membantu Anda melatih suara cucak ijo betina menjadi enak didengarkan, diantaranya, jangkrik, madu dan buah-buahan segar. Agar suara dari burung cucak ijo betina Anda semakin merdu disarankan untuk memberikan jangkrik 10-20 ekor setiap harinya. Pemberian jangkrik sebagai menu makanan cucak ijo betina ini disarankan agar dilakukan secara rutin setiap harinya agar peningkatan performa burung Anda dapat terlihat secara nyata. Pemberian madu juga dapat meningkatkan penampilan burung cucak ijo betina Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan madu, seperti, mencampurkan madu pada minuman burung atau mengoleskannya pada buah-buahan yang dikonsumsi burung.

Menu makanan lainnya yang dapat meningkatkan performa dari suara cucak ijo betina adalah buah-buahan segar. Seperti yang diketahui bahwa burung sangat menyukai berbagai buah-buahan dan buah-buahan tersebut memiliki berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan burung. Beberapa buah-buahan yang digemari cucak ijo betina adalah pisang, pepaya, dan apel. Disarankan untuk selalu mengganti menu buah-buahan segar yang Anda berikan kepada cucak ijo betika agar burung tidak cepat merasa bosan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa suara cucak ijo betina agar menjadi lebih stabil dan berpeluang memenangkan kontes berkicau yang diikuti. Perlu Anda ingat bahwa jenis burung ini memang kurang stabil oleh karena itu jangan pernah paksakan burung untuk berkicau agar burung terhindar dari perasaan stres.

Add Comment