Sebutkan Hewan Berkaki Dua dengan Gambarnya Lengkap!

Pernahkan kalian mendapatkan soal untuk menyebutkan nama hewan berkaki dua lengkap dengan gambarnya? Jika pernah maka itu mungkin soal mata pelajaran sains atau waktu dulu saya sekolah namanya IPA. Soal ini sebenarnya cukup mudah karena kita bisa menemui beberapa nama hewan yang memiliki dua kaki di lingkungan sekitar, tapi terkadang kita bisa stuck pada 5 hingga 7 nama binatang saja.

Hewan yang memiliki dua kaki disebut Bipedalisme, yang berarti sebuah bentuk pergerakan makhluk hidup yang bertumpu pada kedua kaki. Pergerakan kedua kaki disebut dengan bipedal/biped/ baɪpɛd (dalam bahasa latin bis berarti ganda dan pes berarti kaki) sehingga kata tersebut memiliki arti dua kaki. Gerakan yang termasuk sebagai bipedal adalah berjalan, lari dan melompat.

Nama Hewan Berkaki Dua Dengan Gambarnya Lengkap

Tidak seperti halnya hewan berkaki empat, hewan kaki dua menompang berat badannya menggunakan dua kaki dan posisi tubuhnya tegak vertical sebagaimana manusia berdiri. Berdiri tegak menggunakan dua kaki munkin banyak memberikan manfaat seperti daya lihat yang lebih luas jika berada di rerumputan, terhindar dari paparan sinar matahari pada bagian ubuh tertentu dan memerlukan sedikit tenaga untuk mobilitas bergerak. Adapun beberapa contoh hewan berkaki dua diantaranya:

Burung

perawatan kenari

Gambar burung kenari

Berbagai jenis burung termasuk hewan berkaki dua, termasuk burung lovebird, murai batu, burung cucak ijo, anis merah, dan burung kenari. Sebenarnya masih banyak jenis burung lain yang termasuk hewan kaki dua. Dua kaki burung diciptakan untuk menompang tubuhnya dan membantu aktivitas yang menunjang mobilitas burung tersebut berpindah satu tempat ke tempat yang lain.


Ayam

ayam kate game bantams

Kate Game Bantams

Contoh nama berkaki dua yang selanjutnya adalah ayam. Baik ayam jantan maupun betina memiliki dua kaki. Beberapa waktu lalu satwapedia membahas mengenai ayam kate yang asli dari Banten, jenis ayam kerdil yang juga memiliki dua kaki. Kate saat ini terdaftar di American Poultry Association dengan nama Bantam yang merupakan ayam asli Indonesia, khususnya Banten.


Bebek

gambar bebek hewan berkaki dua

gambar bebek

Bebek dikenal sebagai komoditi hewan ternak yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Pemanfaat bebek juga beragam, baik dimanfaatkan dari telurnya ataupun dari dagingnya. Perawatan bebek juga tidk begitu sulit sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi dari hewan tersebut. Bebek dikenal sebagai hewan berkaki dua dengan kaki yang berselaput yang memudahkannya untuk berenang di air.


Penguin

gambar penguin

gambar penguin

Penguin juga merupakan hewan berkaki dua yang cukup lucu. Meskipun kadang dia bergerak dengan cara sliding di salju namun penguin tetap disebut sebagai hewan yang memiliki dua kaki. Hal ini karena penguin lebih sering menggunakan gerakan bipedal dalam setiap perpindahan dirinya.


Angsa

gambar angsa

gambar angsa

Angsa merupakan jenis unggas air yang termasuk dalam family anatidae. Angsa biasanya memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan bebek. Angsa juga kadang memiliki leher yang lebih panjang dibandingkan dengan bebek. Ciri lain yang ada pada angsa adalah tidak memiliki daun telinga dan berkembangbiak secara bertelur. Persamaannya dengan bebek adalah angsa termasuk hewan berkaki dua yang kakinya berselaput.


Kangguru

gambar kangguru

gambar kangguru

Kanguru atau yang sering disebut dengan kangguru adalah hewan endemik Australia. Nama kangguru sendiri berasal dari kata gangguru dalam bahasa Aborigin (suku asli Australia). Kangguru adalah hewan berkaki dua yang termasuk sebagai mamalia yang mempunyai kantung (marsupialia). Kangguru memiliki kaki belakang yang sangat kuat, kaki tersebut memiliki telapak kaki yang besar untuk digunakan melompat.


Burung Unta

burung unta

burung unta

Memiliki tinggi hingga 2,5 meter membuat burung unta menjadi burung terbesar yang masih hidup. Meskipun termasuk dalam spesies burung namun burung unta tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Meskipun begitu kemampuan berlarinya sangat luar biasa, burung unta dapat berlari hingga kecepatan 70 km/jam. Kekuatan kaki tersebut membuat burung unta termasuk hewan berkaki dua yang memiliki kecepatan tinggi dalam berlari.


Pelikan

gambar pelikan

gambar pelikan

Pelikan atau yang juga dikenal dengan sebutan burung undan. Pelikan merupakan burung air sebagai hewan berkaki dua yang memiliki kantung dibawah paruhnya. Pelikan adalah burung yang termasuk dalam family Pelecanidae yang umumnya hidup di wilayah hangat dan tidak bisa hidup di wilayah dingin seperti kutub.


Bangau

gambar bangau

gambar bangau

Bangau terkenal sebagai spesies berbadan besar dengan kaki dan leher yang panjang. Bangau termasuk hewan berkaki dua yang termasuk dalam family Ciconiidae yang memiliki paruh yang kuat dan besar. Bangau memiliki habitat asli di wilayah beriklim hangat dan lebih kering.

Add Comment