Ritual dan Ramuan Lovebird Ngekek Panjang Bagi Pemula

Kesempatan kali ini satwapedia.com ingin buka-bukaan tentang ramuan lovebird ngekek panjang. Ramuan ini digunakan untuk membantu lovebird untuk mengikuti perlombaan. Menurut beberapa master lovebird makanan menjadi faktor penting mengapa seekor burung mampu memenangi suatu perlombaan. Bagi pemula yang ingin unjuk gigi dengan lovebird miliknya, semoga ini waktu yang tepat untuk mencetak burung lovebird juara seperti beberapa master yang telah melintang buana memenangi kontes lovebird.

Lovebird merupakan burung paruh bengkok yang memiliki suara khas, sebelum di master saja kadang lovebird memiliki kemampuan berkicau yang handal, apalagi kalau ditambah dengan pemasteran yang cocok. Burung yang aslinya berasal dari daratan Afrika dan Madagaskar ini termasuk dalam genus Agapornis dan sekarang menjadi idola bagi kicau mania. Harganya yang relatif terjangkau (Sekitar 200 hingga 400 ribu) ditambah dengan kemampuan kicaun yang mumpuni menjadi faktor kenapa banyak peminat burung ini, bahkan untuk para pemula.

Ramuan Lovebird Ngekek Panjang

Untuk memancing kemampuan kicau burung kita butuh ramuan lovebird ngekek panjang. Cukup simpel kok, kita tetap menggunakan pakan harian yang berupa milet putih, beras merah dan canary seed. Makanan pokok tersebut kemudian dikombinasikan dengan extra fooding dan beberapa vitamin yang dijual dipasaran. Sesekali juga penting untuk memberikan variasi makanan agar lovebird tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Ramuan ini bisa diberikan ke lovebird sejak usia dini, yaitu 2 bulan hingga 4 bulan. Untuk makanan pokok harian kita bisa menggunakan perbandingan 5:2:1 untuk milet putih, beras merah dan canary seed. Perbandingan itu sudah menjadi rahasia umum para master yang sukses dengan hasil percobaannya.

Untuk extra fooding (EF) yang berupa jagung muda dapat diberikan sehari sebelum perlombaan agar memiliki stamina untuk ngekek panjang. Jagung muda banyak mengandung karbohidrat dan protein tinggi yang bisa meningkatkan stamina lovebird. Misalnya perlombaan hari Minggu, kita memberikan jagung mudanya di hari Sabtu.

Extra fooding lainnya yang bisa diberikan untuk lovebird adalah cacahan daun kangkung. Cacahan daun kangkung sebaiknya diberikan dua kali dalam seminggu. Daun kangkung bisa menjadi makanan untuk recovery setelah mengikuti lomba. Bila lomba dilakukan di hari Minggu, cacahan daun kangkung bisa diberikan pada hari Senin dan Kamis.

Perlu diingat bahwa kangkung adalah makanan lovebird agar cepat birahi. Jadi jangan terlalu sering memberikan makanan ini karena bisa loyo pas hari H perlombaan. Kangkung juga tidak disarankan untuk diberikan pada lovebird yang sedang bertelur. Lovebird sering khilaf jadi bisa-bisa lovebird akan menelantarkan telurnya untuk kawin lagi.

Ritual Pelengkap Ramuan Lovebird Ngekek Panjang

Mencetak lovebird yang mampu ngekek panjang tidak cukup dengan memberi pakan saja. Kita perlu melakukan ritual pendukung yang membuat lovebird nyaman dan siap mental dalam perlombaan. Sehari sebelum hari perlombaan, biasanya pada master lovebird akan memandikan burungnya hingga basah kuyup. Setelah memandikan sampai basah kuyup, lovebird akan dijemur pada rentang waktu dari jam 7 hingga 9 siang.

Penjemuran ini dilakukan agar bulu lovebird yang basah akan menjadi kering. Biasanya lovebird akan melakukan self grooming ketika penjemuran. Setelah jam 9, lovebird kemudian diteduhkan ditempat yang memiliki angin sepoi-sepoi. Disela waktu nyantai seperti itu, saatnya kita mendengarkan kaset masteran biar lovebird punya inspirasi kicauan baru. Ini digunakan untuk menambah variasi kicauan, karena penilaian suara lovebird tidak melulu soal ngekek panjang saja.

Demikian tips ritual dan ramuan lovebird ngekek panjang. Semoga pemula yang belum pernah memiliki suara lovebird ngekek panjang bisa keturutan dengan mengikuti ramuan ini. Intinya tetap tekun dan sabar dalam perawatan lovebird. Jangan merendah sebagai pemula karena yang sekarang master, dulunya juga seorang pemula. Untuk tambah ilmu dan tambah temen, yuk gabung ke fanspage satwapedia.

Add Comment