Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Kali ini Satwapedia.com mau buka-bukaan tentang rahasia racikan pakan lovebird agar ngekek panjang. Siapa sih yang nggak mau kalau burung peliharaannya memiliki kemampuan ngekek panjang, pasti mau kan? Sebelumnya saya mau kasih penjelasan singkat dulu mengenai apa sih ngekek itu? Karena mungkin ada pembaca pemula yang belum tahu istilah ini jadi lebih baik sedikit intermezzo dulu.

Ngekek adalah istilah yang digunakan dalam dunia perburungan yang menggambarkan kemampuan burung berkicau layaknya suara tembakan dengan nada dan irama yang cepat. Istilah suara kasar pada lovebird ini juga sering dinamai suara tengkek buto. Apapun namanya jika burung lovebird kamu bisa ngekek panjang bahkan hingga hitungan menit maka lovebird kamu siap untuk unjuk gigi di suatu perlombaan.

Tapi perlu diingat bahwa penilaian dalam lomba tidak hanya pada kemampuan ngekek panjang saja, biasanya justru kemampuan mengeluarkan variasi suara lebih diutamakan dibandingkan ngekek panjang terus ngetem/diam. Banyaknya variasi dan suara gacor juga berpengaruh dalam penilaian jadi ngekek panjang saja kadang belum cukup untuk masuk nominasi juara.

Baca juga : Makanan lovebird biar gacor dan siap lomba

racikan pakan lovebird agar ngekek panjang

Perlukah Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang?

Banyak pemula yang masih ragu apa benar kemampuan ngekek panjang burung lovebird dipengaruhi oleh racikan pakan tertentu atau tidak. Dari beberapa sharing session dengan para master lovebird, pakan menjadi faktor penting yang mendukung kemampuan lovebird ngekek panjang. Ada semacam ramuan khusus dalam pakan harian lovebird biar bisa memiliki suara ngekek.

Hal ini diamini oleh Mas Anto Sragen, master penangkaran lovebird juara yang telah melintang buana dalam berbagai perlombaan lovebird. Lelaki yang sering disebut dengan sebutan Mas Anto Sragen ini adalah pencetak lovebird juara karena memiliki racikan pakan lovebird agar ngekek panjang. Mas Anto selalu menekankan untuk memberikan racikan pakan lovebird sejak dini karena akan lebih efektif dibandingkan metode lain. Mas Anto percaya kalau racikan pakan yang diberikan konsisten sejak dini hingga dewasa maka burung akan terbiasa dan tidak kaget sehingga pada waktu perlombaan bisa tampil secara prima.

Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Lebih lanjut Mas Anto menjelaskan bahwa makanan utama yang diberikan berupa milet putih, beras merah, canary seed dan jagung muda. Selain itu bisa juga diberikan voer BR1, kalau bisa sih yang voer khusus breeding.

Teknisnya untuk anakan dimasukkan dalam kandang induk biar anakan tetap dilolohkan oleh induknya. Kalau sudah dewasa(bisa makan sendiri tanpa dilolohkan) baru dipisahkan dengan induknya. Ketika sudah dipisah dari induknya, kita bisa memberikan makanan utama berupa milet putih, beras merah dan canary seed dengan perbandingan 5:2:1. Sedangkan untuk jagung muda sendiri tidak perlu diberikan setiap hari, cukup sekali dalam seminggu. Kalau Mas Anto sendiri biasanya membuat jadwal makan jagung muda pada Sabtu atau sehari sebelum lomba yang biasanya digelar pada hari Minggu.

Mengapa jagung diberikan setiap Sabtu? Hal ini karena jagung mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi sehingga di hari perlombaan lovebird akan memiliki banyak energi dan kekuatan yang mumpuni.

Mas Anto juga menambahkan extra fooding dalam racikan pakan lovebird agar ngekek panjang yang berupa daun kangkung. Biasanya mas Anto memberikan cacahan daun kangkung sebanyak dua kali dalam seminggu, yaitu di hari Senin dan Kamis. Tujuan pemberian kangkung di hari Senin dan Kamis sendiri adalah untuk recovery setelah perlombaan. Intinya burung yang telah berjuang di perlombaan perlu didinginkan dengan sayuran berupa kangkung.

Baca juga: Benarkah kangkung merupakan makanan lovebird biar cepat birahi?

Menurut Mas Anto juga, kalau lovebird sudah mulai sering ikut perlombaan, maka kadang perlu penyesuaian lagi menu pakannya. Misalnya H-3 sebelum perlombaan, pakan bijian bisa diganti dengan pakan parbikan. Selain itu ada kalanya memberikan lovebird biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci.

Saran dari Mas Anto Sragen, pola racikan pakan lovebird agar ngekek panjang tersebut dibiasakan sejak dini, jadi tidak perlu memaksakan penggunaan kroto beberapa hari sebelum perlombaan. Menurutnya pakan yang natural biasanya lebih langgeng untuk lovebird dibandingkan dengan pakan pendongkrak stamina.

Siplah pokoknya, meskipun kalau kamu menemui racikan lovebird yang berbeda itu sah-sah saja, ibaratnya beda koki beda masakan. Menurut saya saran dari Mas Anto mengenai pembiasaan setelan pakan sejak dini oke juga. Demikian sharing buka-bukaan rahasia racikan pakan lovebird agar ngekek panjang, jangan lupa gabung fanspage satwapedia ya untuk dapet tips-tips lainnya.

Add Comment