Porsi dan Jenis Makanan Kucing Kampung

Beberapa waktu lalu pas lagi ngobrol sama temen, dia request untuk membahas makanan kucing kampung setelah tahu kalau saya aktif nulis di satwapedia.com. Dia bilang kalau masih bingung nyari makanan yang pas untuk kucing kampung, soalnya kebanyakan orang membahas mengenai makanan kucing ras seperi persia, anggora, maine coon, sphynx dll.

Karaktersitik kucing kampung memang cukup berbeda jika dibandingkan dengan kucing ras. Kucing ini sebenarnya tidak perlu perawatan yang neko-neko dan bisa dibilang bisa dikasih makanan apa saja yang penting dia suka. Dia itu lahir dari kehidupan yang mengajarkannya untuk hidup mandiri, dimana dia seharusnya bisa mencari makanan sendiri di luar rumah. Namun berhubung kita itu pecinta kucing, memperlakukan kucing kampung selayaknya kucing ras menjadi tanggung jawab kita bersama.

makanan kucing kampung

makanan kucing kampung

Kebutuhan Makanan Kucing Kampung

Kucing kampung sama halnya dengan jenis kucing lainnya. Dia itu adalah hewan karnivora obligat yang lebih menyukai protein hewani dibandingkan dengan protein nabati. Jadi mungkin daging ataupun ikan lebih cocok sebagai makanan kucing kampung dibandingkan brokoli.

Secara umum, kucing dewasa yang memiliki berat 5kg memerlukan asupan 300 kalori per harinya. Untuk kebutuhan makanan sendiri biasanya dihitung dari berat kucing. Misalkan kucing kita yang punya berat 5kg tadi makan 2% dari berat badannya, berarti dia membutuhkan makanan 100gr/hari.

Macam-Macam Makanan Kucing Kampung

Dr. Elizabeth Colleran, presiden American Association of Feline Practitioners(AAFP) memberikan petunjuk beberapa makanan yang direkomendasikan untuk semua kucing. Dia juga melarang kita untuk memberikan makanan seperti bawang merah dan putih, rumput laut, buah anggur, kismis, coklat dan makanan yang beralkohol atau berkafein.

Baca juga: 18 Jenis Makanan yang Berbahaya Bagi Kucing.

Merujuk pada link diatas, sebenarnya satwapedia telah mempublikasikan makanan-makanan yang wajib dihindari untuk digunakan pada kucing. Pemberian makanan-makanan tersebut sangat membahayakan kucing meskipun hanya menggunakan dosis kecil. Sedangkan untuk makanan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

Daging

Kucing adalah hewan pemakan daging, dia sangat menyukai daging yang memiliki protein yang tinggi. Daging yang direkomendasikan untuk kucing adalah daging sapi, daging ayam atau kalkun. Berikan daging yang telah dimasak untuk kucing kita karena beberapa pengalaman pecinta kucing yang aku ketahui, kucing tidak terlalu menyukai daging mentah.

Daging mentah juga bisa berbahaya bagi kucing kampung. Bakteri Salmonella bisa saja terkandung dalam daging mentah yang akan kita berikan pada kucing kampung kita. Jadi untuk mengindari penyakit kucing, lebih baik memberikan daging yang telah dimasak baik direbus maupun digoreng.

Ikan

Beberapa waktu lalu juga ada yang menanyakan ikan sebagai makanan kucing. Memberikan ikan bisa saja dilakukan, namun bukanlah ikan mentah ataupun makanan sushi yang Anda konsumsi karena bisa sangat berbahaya. Ikan tuna yang biasanya digunakan untuk membuat sushi itu bisa mengandung merkuri yang berbahaya bagi kucing kampung.

Ikan yang telah dimasak dapat memberikan omega-3 dan asam lemak yang membantu mata kucing kita untuk tetap tajam. Ikan juga akan terhindar dari penyakit ginjal, arthritis dan gangguan jantung. Contoh ikan yang bisa digunakan sebagai makanan kucing kampung dianataranya: ikan teri, ikan lele, ikan bandeng dan beberapa jenis ikan air darat lainnya.

Telur Goreng

Sama halnya dengan daging, telur adalah sumber protein yang bagus untuk kucing kampung, namun telur juga tidak baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Pendapat itu juga telah diungkapkan oleh Dr. Colleran.

Dr. Colleran menyatakan bahwa telur mentah bisa saja mengandung bakteri Salmonella dan E. coli. Bakteri dan beberapa organisme yang ada dalam telur mentah kadang membuat kucing menjadi sakit yang tentu saja akan merepotkan kita juga. Oleh sebab itu, dia lebih merekomendasikan telur yang telah dimasak untuk dijadikan sebagai makanan kucing kampung.

Tempe

Jujur saya sendiri suka tempe, apalagi tempe goreng pas lagi hangat-hangatnya. Kucing kampung juga suka tempe lho. Aku pernah memberikan gorengan tempe pada salah satu kucing kampung yang kebetulan mampir di rumah. Saya berani kasih tempe karena tempe memang makanan yang mengandung protein nabati. Tempe juga banyak digunakan untuk mengobati mencret jadi saya tidak khawatir. Beberapa waktu lalu ada teman kita yang share pengalaman menggunakan tempe sebagai obat mencret bagi kucing.

Lalu Bagaimana dengan Makanan Kemasan?

Kita bisa saja memberikan makanan kemasan untuk dijadikan makanan kucing kampung. Asal dia suka, ya diberikan saja, toh makanan kemasan yang biasanya digunakan untuk kucing ras juga memiliki asupan yang dibutuhkan oleh kucing kampung.

Biayanyapun mungkin hampir sama, coba bandingkan beli makanan bermerk per bulan dengan beli ayam goreng dobel tiap hari. Satunya buat kamu dan satu lagi untuk kucingmu, sama kan kalau diitung-itung? kecuali kamu bisa hemat sih atau punya cara sedemikian rupa yang bisa menghemat pengeluaranmu. Apapun makanan kucing kampung yang kita berikan, yang penting memberikan manfaat dan membuat kucing kita tetap sehat.

4 Comments

  1. Permana June 8, 2017
    • sibhe7 June 10, 2017
  2. aisyah August 13, 2017
    • sibhe7 August 14, 2017

Add Comment