Panduan Memberi Pakan Lovebird Lomba Bagi Pemula

Memberi pakan lovebird lomba tidak boleh asal-asalan. Bagi pemula yang sedang menggeluti hobi baru memelihara lovebird lomba sebaiknya mempelajari dulu karakteristik burung lovebird yang digunakan untuk perlombaan. Pengetahuan dasar ini sangat penting agar pemula tidak salah strategi dari awal, karena para master telah menerapkan strategi pakan sejak lovebird masih dini.

Pembiasaan setelan pakan sejak dini menurut para master lovebird dapat membentuk mental juara. Lovebird yang telah lama memiliki pola makan yang sama juga tidak akan kaget dengan domplengan vitamin ataupun penambah stamina biar burung bisa gacor di hari H perlombaan.

pakan lovebird lomba

Kebutuhan Pakan Lovebird Lomba

Kebutuhan lovebird lomba tentu saja berbeda dengan lovebird ternak. Perlu ada penyesuaian dari yang ingin kita harapkan dari burung peliharaan kita ini. Perlu diketahui bahwa kisi-kisi penilaian lomba terletak pada kemampuan mengeluarkan suara gacor dengan variasi kicauan yang beragam. Lovebird dengan suara ngekek panjang pun belum tentu bisa juara kalau hanya ngekek panjang trus habis itu ngetem/diem saja.

Ngekek panjang sendiri merupakan nilai tambah bagi para juri, namun bisa jadi kalah kalau cuma ngekek sekali. Yang bagus itu justru ngekeknya nggak terlalu panjang namun frekuensi kicauannya tinggi dan bervariasi. Ngekeknya itu minimal stabil 25 detik dan maksimalnya bebas yang penting jangan cuma ngekek sekali.

Dari kisi-kisi kriteria penilaian tersebut kita setidaknya tahu bahkan ngekek panjang saja tidak cukup, kita justru perlu memberikan pakan lovebird lomba yang bisa membuatnya gacor dengan durasi mencapai durasi minimal yaitu 25 detik. Dengan memenuhi syarat minimal setidaknya para pemula tidak salah strategi dan tinggal meningkatkan kualitas kicauan dengan sering ikut latber / latihan bersama.

Jenis Pakan Lovebird Lomba

Pakan yang dapat membuat lovebird rajin berkicau adalah makanan pokok harian yang berupa milet putih, canary seed dan beras merah. Pakan pokok itu kemudian ditambahi dengan extra fooding berupa daun kangkung, kuaci / biji bunga matahari dan jagung muda. Adakalanya juga kita perlu menambahkan vitamin yang dicampur ke dalam minuman lovebird. Biasanya cukup dua tetes di pagi dan sore hari.

Pola pemberian pakannya bisa menggunakan perbandingan 5:2:1 untuk milet putih, beras merah dan canary seed. Jagung muda biasanya diberikan satu kali dalam seminggu saja, atau biasanya di hari Sabtu sebelum perlombaan di hari Minggu. Tujuannya untuk memberikan asupan karbohidrat dan protein yang banyak dikandung oleh jagung muda agar lovebird punya stamina yang bagus.

Sedangkan untuk daun kangkung, cacahan daun ini bisa diberikan dua kali seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Pemberiaan hari Senin untuk recovery lovebird yang baru saja ikut lomba dan untuk hari Kamis untuk kembali menyesuaikan makanannya.

Perawatan Setelah Memberi Pakan Lovebird Lomba

Memberi pakan saja tidak cukup untuk membentuk lovebird lomba. Kita perlu memperhatikan faktor lainnya yang membuat lovebird nyaman dan mau mengeluarkan potensi suara kicauannya. Sebelum hari H perlombaan lovebird, biasanya para master lovebird melakukan ritual khusus berupa memandikan lovebird hingga basah kuyup.

Setelah lovebird dimandikan sampai basah kuyup lalu dijemur dari jam tujuh hingga jam sembilan siang. Setelah dijemur, lovebird ditempatkan ditempat yang teduh untuk diangin-anginkan. Setelah itu baru para master menyetel kaset masteran lovebird untuk menstimulasi agar lovebird memiliki variasi kicauan yang menarik.

Demikian panduan singkat mengenai pemberian pakan lovebird lomba. Bagi para pemula jangan khawatir untuk memulai karirnya di dunia per-lovebird-an karena yang sekarang master, dulunya juga pemula. Lebih baik fokus belajar memaster dan berbagai tips perawatan agar lovebird yang dimiliki tampil menjanjikan. Tidak lupa juga untuk mengingatkan teman-teman untuk bergabung dengan fanspage satwapedia.com untuk saling berbagi di media sosial.

Add Comment