Panduan Memelihara Kura-Kura Sulcata Untuk Pemula

Pada kesempatan kali ini saya berkesempatan untuk berbagai informasi mengenai kura-kura sulcata. Salah satu jenis hewan reptil yang berasal dari beberapa bagian Afrika. Sulcata termasuk dalam kategori kura kura darat atau tortoise. Reptil ini hidup dengan baik di daratan panas yang memiliki suhu yang tinggi. Kebanyakan reptil ini ditemukan di sebagian besar wilayah di Afrika, mulai dari gurun Sahara kemudian memasuki beberapa negara yang kering seperti Nigeria, Mali, Mauritania, Senegal, Sudan, Ethiopia hingga masuk ke pantai panas Massaua yang berbatasan dengan Laut Merah.

Berhubung kura-kura sulcata terbiasa hidup di daerah kering maka kita yang mau memeliharanya di Indonesia harus tahu betul bagaimana memperlakukan hewan ini. Pemilihan tempat tinggal hingga penjagaan kelembaban udara menjadi bagian penting dalam memelihara hewan ini. Saya akan memberikan panduan lengkap bagaimana memelihara sulcata dengan baik untuk pemula, jadi jangan khawatir jika ini adalah pertama kalinya Anda memelihara kura-kura.

Mengenal Ciri-Ciri Kura-Kura Sulcata

gambar kura-kura sulcata

Gambar kura-kura sulcata

Mungkin Anda sudah terlanjur membeli kura-kura ini, atau saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sulcata. Nah bagi Anda yang baru ingin membeli, perhatikan terlebih dahulu ciri-ciri reptil ini, jangan sampai Anda membeli kura-kura yang berbeda dengan yang anda harapkan. Sulcata merupakan kura-kura darat yang biasanya memeliki panjang 60 hingga 75 cm dengan berat antara 36 hingga 50 kg. Umur tertua sulcata yang pernah ada di dunia ditemukan di Zoological Gardens Giza, yaitu 54 tahun.

Ciri khas sulcata terletak pada bagian cangkangnya yang berwarna kecoklatan dan kekuningan, cangkangnya itu rata dan cukup luas. Sisik pada cangkangnya terlihat kokoh dimana sangat mendukung dengan kondisi kulit mereka yang sangat tebal. Ini adalah salah satu faktor kenapa mereka bisa tahan dari suhu panas di gurun. Kulit mereka mengurangi resiko transpirasi yang menyebabkan kehilangan jumlah cairan.

Penting sekali untuk bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina untuk kura-kura ini. Secara morfologi terdapat perbedaan yang bisa digunakan untuk membedakan antar keduanya. Pejantan biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan betina. Betina biasa nya memiliki / kerapas kulit atas pada cangkang yang agak halus karena beberapa gesekan plastron jantan. Kerapas betina juga lebih datar dengan plastron lebih cengkung dibandingkan dengan pejantan. Anda mungkin berfikir untuk membedakan kura-kura ini dari ukuran ekor atau bentuk jenis kelaminnya? sayangnya itu sangat sulit karena tidak ada perbedaan yang signifikan.

Tempat Tinggal Untuk Kura-Kura Sulcata

Sulcata merupakan kura-kura darat yang terbiasa hidup di derah bersuhu tinggi. Meskipun begitu mereka masih memberikan toleransi pada beberapa tempat dengan suhu cukup rendah namun tidak untuk daerah yang memiliki cuaca lembab / basah. Jika Anda ingin memberikan tempat tinggal untuk reptil ini, berilah mereka tempat yang benar-benar kering karena mereka terbiasa dengan suhu 29-40 Celcius.

Berhubung Di Indonesia memiliki 2 musim yang tidak bisa ditawar lagi. Mungkin untuk musim kemarau tidak ada masalah, namun untuk musim penghujan kita perlu mencari cara untuk menjaga agar kandang tetap kering. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat kandang dalam ruangan saat musim hujan. Anda harus memasukkan kura-kura ini kedalam ruangan saat hujan turun agar kadangnya tidak lembab / basah. Anda juga harus memperhatikan bahwa kura-kura ini sangat suka menggali dan mereka sangat baik untuk hal tersebut. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan kondisi tanah dilingkungan sekitar jangan sampai mereka menggali tanah yang sangat lembab.

Makanan Kura-Kura Sulcata

Sulcata adalah reptil yang doyan makan, Anda harus mempersiapkan banyak pakan untuk kura-kura darat ini. Dalam kehidupan alaminya, mereka akan mendapatkan berbagai asupan dari serat tanaman rumput dan berbagai jenis buah-buahan. Dalam perawatan Anda dirumah, usahakan Anda bisa membiarkan kura-kura ini merumput pada rerumputan yang bebas dari pestisida dan herbisida. Jika sudah besar kura-kura ini membutuhkan jumlah rumput yang lebih banyak jadi pikirkan hal tersebut mulai dari sekarang.

memberi makan kura-kura sulcata

Memberi makan sulcata

Asupan penting yang harus dipenuhi untuk kura-kura ini berupa keseimbangan rasio fosfor, protein dan serat. Jangan terlalu banyak memberikan fosfor dengan kandungan kalsium yang rendah karena bisa menyebabkan pelunakan tulang dan deformitas serta merusak metabolisme kura-kura. Terlalu banyak protein juga bisa menyebabkan pertumbuhan terlalu cepat sehingga kadang menjadi penyakit gagal ginjal atau kelainan yang menurunkan rentang hidup hewan ini. Serat menjadi bagian penting pada pertumbuhan alami kura-kura ini. Untuk menyediakan asupan serat, Anda bisa menggunakan serpihan jerami atau beberapa jenis biji-bijian.

Artikel terkait : Pilihan bijak makanan kura-kura sulcata.

Anda juga perlu berhati-hati jika memberikan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan karena makanan yang lembab bisa menyebabkan kerusakan fungsi tiroid dan menyebabkan goiter. Anda boleh memberikan sayuran dan buah-buahan namun dalam porsi yang sedikit saja. Jika Anda berencana untuk memilih produk pakan komersil, pilihlah makanan kura-kura sulcata yang mengandung bahan kedelai atau jagung. Bacalah komposisi dari setiap merk produk pakan komersial sebelum Anda menggunakannya.

Penyakit Kura-Kura Sulcata

Masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh kura-kura darat ini adalah pelunakan shell yang berkaitan dengan kekurangan kalsium dan kelebihan fosfor. Masalah kedua biasanya terjadi karena kebanyakan asupan protein yang sering menyebabkan kematian. Protein bisa meningkatkan volume air didalam tubuh dan menyebabkan pengenceran urat.

Sulcata juga rentan terhadap gangguan pernapasan karena infeksi baik karena makanan ataupun kondisi lingkungan sekitar. Infeksi pernapasan biasanya memiliki gejala seperti mata berair, kehilangan nafsu makan dan lesu. Bawalah kura-kura sulcata Anda ke dokter hewan jika muncul gejala-gejala seperti itu. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang menjadi perawatan awal terhadap masalah kesehatan.

Add Comment