Pakan Lovebird Lomba Agar Ngekek Panjang dan Cepat Birahi

Pakan lovebird merupakan salah satu faktor penting bagaimana lovebird bisa merajai perlombaan kicau burung. Selain itu, pakan juga menjadi faktor penting bagaimana peternak sukses dalam penangkaran burung lovebird. Sebagai pemelihara ataupun penghobi, kita perlu tahu jenis pakan dan kegunaannya. Hal ini penting karena kesalahan dalam pemilihan pakan akan berdampak pada performa burung yang kita pelihara.

Baik lovebird lomba maupun lovebird ternak memiliki kebutuhan masing-masing dalam hal pakan. Lovebird lomba jangan diberikan pakan lovebird ternak karena bisa-bisa pas lagi lomba lovebirdnya loyo karena dikasih setelan pakan untuk cepat birahi. Begitu pula lovebird ternak jangan terlalu sering di kasih setelan pakan lovebird lomba karena hasilnya bisa kurang maksimal.

gambar pakan lovebird

Gambar pakan lovebird

Pakan Lovebird Lomba

Kita perlu tahu dulu karakteristik penilaian dalam suatu perlombaan burung. Ini sangat penting karena dengan mengetahui kriteria penilaian kita bisa menentukan kebutuhan pakan burung kita. Penilaian lovebird biasanya dipengaruhi oleh variasi suara kicauan ditambah dengan frekuensi kicauan yang sering atau biasanya disebut suara gacor. Ngekek panjang sebenarnya juga masuk kriteria penilaian, tapi burung yang ngekek panjang sekali namun hanya sekali saja trus diem biasanya kalah dengan burung lovebird yang ngekeknya tidak terlalu panjang tapi gacor, dengan variasi kicauan yang beragam.

Dari kebutuhan tersebut maka kita cari jenis makanan lovebird biar gacor. Kita utamakan gacor terlebih dahulu karena biasanya penilaian lomba adalah kemampuan suara kicauan yang stabil dengan durasi tiga puluh detik. Tips dari Mas Anto (pemilik PT.Maicih dari Jerokaso 33) dalam membuat lovebird siap lomba adalah pemilihan pakan, vitamin dan kebersihan baik kandang maupun pakan. Dia sendiri mengaku menggunakan produk biji-bijian dari Ebod Jaya dan juga vitamin penggacor yang diteteskan sebanyak dua tetes pada minuman lovebird di pagi dan sore hari. Produk yang dia gunakan adalah Ebod Lovebird dan Ebod Vit. Selain menggunakan produk pakan tersebut Mas Anto juga menggunakan extra fooding berupa kangkung, jagung muda dan biji bunga matahari/kuaci untuk mengangkat stamina lovebird.

Tentu saja setelah dipancing dengan pakan lovebird lomba kita tetap perlu memaster burung agar memiliki variasi kicuan. Biasanya sebelum hari H, lovebird perlu dimandikan sampai basah kuyup dan dijemur dari jam tujuh sampai jam sembilan. Setelah itu diangin-anginkan dulu ditempat yang teduh sambil didengarkan suara masteran lovebird biar menstimulasi agar memiliki variasi kicauan yang beragam.

Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Bagi yang kepengen punya lovebird yang bisa ngekek panjang maka bisa mengikuti tips dari Mas Anto Sragen. Beliau adalah peternak lovebird yang dikenal sebagai pencetak lovebird dengan kemampuan ngekek panjang. Istilah ngekek panjang sendiri memiliki arti kemampuan mengeluarkan bunyi mirip tembakan dengan nada dan tempo yang cepat. Banyak pecinta burung yang menamai suara kicauan ini dengan istilah suara tengkek buto.

Menurut Mas Anto Sragen, pakan lovebird agar ngekek panjang bisa berupa milet putih, beras merah, canary seed, jagung muda dan Voer BR1. Khusus untuk voer, mas Anto Sragen menyarankan untuk memberikan voer yang khusus breeding. Pemberian vitamin juga dapat membantu mengangkat agar memiliki suara lovebird ngekek 1 menit lamanya.

Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi

Khusus jenis ini, biasanya peternak yang rewel kenapa lovebirdnya tidak segera bertelur dan berkembang biak. Lovebird kadang menjadi loyo dan tidak kawin dipengaruhi oleh berbagai hal. Masalah seperti itu bisa dibantu dengan campur tangan manusia dengan pemberian pakan lovebird agar cepat birahi.

Jenis makanan lovebird agar cepat birahi adalah cacahan daun kangkung. Daun kangkung merupakan extra fooding yang berkhasiat meningkatkan birahi lovebird. Perlu diingat bahwa kangkung hanya extra fooding, jadi jangan dijadikan makanan utama tanpa memberikan milet, beras merah, dan canary seed. Kangkung sebaiknya juga tidak diberikan pada burung lovebird yang sedang bertelur, karena dia bisa menelantarkan telurnya untuk kawin lagi.

Demikian beberapa jenis pakan lovebird sesuai dengan kebutuhannya. Setelah membaca artikel ini diharapkan para pemilik lovebird bisa memilah makanan yang sesuai dengan kebutuhan burung peliharaannya. Jangan sembarangan apalagi untuk pemula. Semoga artikel mengenai pakan lovebird ini bermanfaat dan jangan lupa untuk gabung di fanspage satwapedia agar nambah ilmu terus.

Add Comment