Owh Ini Alasannya, Kenapa Kucing Takut Timun

Video kucing takut timun begitu viral di Youtube, apasih alasan kenapa kucing takut timun? Satwapedia mempelajari kecenderungan ini karena penasaran mengapa kucing bisa sangat ketakutan saat melihat mentimun tergeletak di lantai. Kami penasaran apakah kucing mengalami alergi tertentu yang menyebabkan dia takut terhadap timun, ataukah ada penyebab lainnya.

Dugaan awal yang ada dibenak kami adalah kucing merupakan hewan karnivora yang tentu saja tidak suka dengan timun, karena timun termasuk sayuran? eh sayuran atau buah ya? ya pokoknya bukan makanan karnivora seperti kucing. Dugaan kedua adalah kucing alergi terhadap timun, mungkin si kucing pernah liat kucing lain kesakitan saat makan timun lalu dia trauma terhadap timun. Mungkin nggak sih? belum tahu juga sebelum ada penjelasan dari sang ahli hewan.

gambar kenapa kucing takut timun

Gambar kucing takut timun

Penjelasan Kenapa Kucing Takut Timun Oleh Ahli Hewan

Setelah kami mencari beberapa referensi, ternyata ada banyak pendapat mengenai alasan mengapa kucing takut mentimun. Jill Goodman yang merupakan ahli behavioristik mengatakan kejadian tersebut karena kucing merasa terkejut dan reflek atas suatu stress pada hewan peliharaan. Jill mengatakan bahwa perbuatan mengagetkan kucing menggunakan timun tidak baik untuk tingkah laku kucing kedepannya.

John Bradshaw, seorang ahli behavioristik dari University of Bristol juga sependapat dengan Jill Godman. Dia beranggapan bahwa itu merupakan respon alami yang akan dilakukan oleh kucing ketika mengetahui ada benda yang mengagetkan. Dia berpendapat bahwa kucing merasa aneh ketika melihat timun yang tergeletak di lantai. Timun yang berwarna hijau tersebut mungkin dianggap sebagai  ular hijau yang berbahaya bagi kucing, jadi itu kenapa kucing takut dengan timun.

IFL Science-pun akhirnya memberikan pernyataan mengenai apa yang menyebabkan kucing takut dengan timun. Sebenarnya respon tersebut bukanlah pertanda bahwa kucing takut sama mentimun. Kucing sebenarnya kaget dan merasa aneh pada sesuatu yang berada disekitarnya secara tiba-tiba dan bahkan seolah seperti mengendap di lantai. Sebenarnya kejadian tersebut tidak hanya terjadi karena timun, melainkan apapun yang sifatnya tiba-tiba dan terasa aneh bagi kucing.

Dr Roger Mugford, seorang dokter spesialis juga menyatakan bahwa reaksi kucing tersebut terjadi karena si kucing tidak mengekspektasi bahwa ada timun tersebut dibelakangnya. Dia sangat fokus terhadap apa yang ada didepannya.

Menghilangkan Rasa Takut Kucing Pada Timun

Sebagai orang yang mencintai kucing, tentu saja kita tidak ingin reaksi spontan kucing menjadi hal buruk kedepannya. Mungkin dalam video yang viral tentang kenapa kucing takut timun terlihat lucu sekali. Sayangnya itu bisa membuat sesuatu yang buruk bagi kucing. Hewan akan semakin takut jika terjadi stimulus yang berulang, bila terlalu intens ketakutan tersebut akan direkam dalam memori abadi sang kucing.

Bercandaan yang sering diulang juga akan membuat kucing menjadi lebih reaktif, penakut dan bahkan menjadi sangat agresif. Tidak ingin kan kalau punya kucing seperti itu dirumah. Kucing yang menjadi agresif bisa sangat berbahaya karena sifatnya akan seperti kucing liar.

Oke sobat sudah tahukan kenapa kucing takut timun. Jangan sering diulangi ngerjain kucingnya ya, kasihan kucing kita nanti kalau sampai trauma dan menganggap timun sebagai ancamannya, padahal timun juga tidak berdosa lho. Kita bisa kok menikmati lucunya kucing tanpa membuat hal negatif terhadap kucing kita, misalnya saja dengan memberikan permainan edukatif untuk kucing kita atau mengajak kucing mempelajari hal baru yang bersifat mendidik. Semoga artikel mengenai kenapa kucing takut timun ini bermanfaat ya.

Add Comment