18 Nama Lovebird Berdasarkan Warna yang Dimiliki

Jenis burung lovebird turunan sangat banyak sekali, sehingga para peternak memberikan nama lovebird berdasarkan warna. Burung lovebird turunan merupakan hasil persilangan jenis lovebird yang berbeda sehingga memunculkan warna baru dengan karakteristik warna yang berbeda dari indukan.

Lovebird hasil penurunan ini berbeda dengan lovebird klasifikasi lebih rendah. Jika belum tahu apa itu lovebird klasifikasi lebih rendah, silahkan pelajari terlebih dahulu materi tersebut karena sebenarnya ada 9 jenis lovebird asli yang berasal dari daratan Afrika dan Madagaskar. Dengan mempelajari materi tersebut maka kita akan bisa membedakan mana lovebird asli dan mana yang termasuk lovebird turunan.

nama lovebird berdasarkan warna

Nama Lovebird Berdasarkan Warna

Setidaknya ada 6 jenis warna dasar yang biasanya dimiliki oleh lovebird, warna tersebut adalah kuning, hijau, biru, hitam, putih, dan merah. Kemudian dari warna tersebut ada yang pastel dan ada juga yang campuran dari beberapa warna sehingga membentuk lovebird blorok. Adapun nama lovebird berdasarkan warna yaitu:

Warna Kuning

Lovebird warna kuning adalah lovebird yang memiliki warna kuning yang dominan. Meskipun ada warna lain, namun warna kuning menjadi warna dasar burung ini. Biasanya lovebird warna kuning memiliki warna aksen berupa warna oranye. Adapun nama lovebird berdasarkan warna kuning antara lain:

Lovebird Lutino Mata Merah

lovebird lutino mata merah

Dikenal juga dengan sebutan lutino MM dengan ciri khusus warna kuning cerah dari badan hingga ekor dengan leher dan kepala berwarna oranye. Ciri khusus burung ini juga terletak pada bagian matanya, yaitu memiliki retina warna merah.

Lovebird Lutino Mata Hitam

lovebird lutino mata hitam

Hampir mirip dengan lovebird lutino mata merah, mulai dari warna tubuh, hingga ekor dan kepala. Perbedaannya hanya terletak pada bagian retina mata yang berwarna hitam pekat.

Lovebird Pastel Kuning

lovebird pastel kuning

Disebut juga dengan istilah lovebird paskun yang juga memiliki warna dasar hijau pada bagian tubuh hingga ekor. Perbedaannya dengan lovebird lutino adalah lovebird paskun memiliki corak agak kehijauan dan warna bagian leher tidak merah cerah namun warna pastel. Pelajari lebih lanjut perbedaan antara paskun dan lutino pada artikel Perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino.

Warna Hijau

Ada beberapa nama lovebird berdasarkan warna hijau yang dimilikinya. Warna hijau sangat dominan pada jenis ini sehingga disebut dengan kategori green series (GS). Perbedaan warna lovebird green series terletak pada warna aksen yang mengikuti warna dominan hijau. Adapun beberapa nama lovebird green series antara lain:

Lovebird Josan

lovebird josan

Josan adalah singkatan dari ijo standard, ijo merupakan bahasa jawa dari kata hijau. Lovebird josan memiliki warna dominan hijau tua pada bagian sayap. Warna josan ini paling banyak ditemukan dan termasuk lovebird paling populer.

Lovebird Pasjo

lovebird pasjo

Pasjo adalah nama lovebird berdasarkan warna pastel hijau yang dominan pada burung ini. Pasjo merupakan singkatan dari pastel ijo / pastel hijau yang menggambarkan warna hijau yang lebih soft pada bagian tubuh dan sayap lovebird.

Lovebird Hijau Muka Merah

lovebird hijau muka merah

Lovebird jenis ini memiliki warna dominan hijau pada bagian tubuh dan sayapnya. Ciri khusus burung ini terletak pada bagian leher dan kepala yang memiliki warna merah degradasi warna kuning di bagian leher.

Lovebird Dakocan

lovebird dakocan

Termasuk lovebird yang banyak diminati oleh pecinta burung. Dakocan termasuk nama lovebird berdasarkan warna hijau karena memiliki warna dominan hijau dibagian badan dan sayap. Aksen warna kuning ada pada leher, sedangkan kepalanya berwarna hitam.

Lovebird Olive

lovebird olive

Lovebird olive termasuk lovebird langka yang harganya lumayan tinggi. Ciri lovebird ini terletak pada bagian tubuh yang berwarna hijau gelap agak kecoklatan, terutama pada bagian kepala dan sayap sehingga burung ini sering disebut lovebird dark green. Sedangkan pada bagian leher warnanya kuning kehijauan.

Lovebird Biru

Lovebird biru pastinya memiliki warna biru yang dominan pada sebagian besar tubuhnya. Nama lovebird berdasarkan warna biru ini sering disebut dengan istilah Blue Series (BS). Adapun yang membedakan warnanya hanya pada kekentalan warna hijau dan aksen warna saja.

Lovebird Biru Mangsi

lovebird biru mangsi

Lovebird biru mangsi adalah lovebird dengan ciri khusus berwarna seperti mangsi/tinta. Warnanya mirip dengan tinta bolpoin sehingga banyak yang menyebutnya lovebird biru mangsi. Lovebird ini memiliki kepala warna hitam dan leher putih.

Lovebird Parblue

lovebird parblue

Lovebird parblue / partial blue adalah lovebird dengan warna parsial biru. Bisa dibilang warna birunya hanya menjadi aksen, tapi ini menjadi ciri khusus burung ini. Banyak peternak yang berusaha untuk mencetak lovebird parblue ini karena banyak peminatnya.

Lovebird Pastel Biru

lovebird pastel biru

Lovebird pastel biru merupakan nama lovebird berdasarkan warna pastel biru pada bagian badan dan sayapnya. Lovebird pastel biru biasanya memiliki warna abu-abu pada bagian kepala dan warna putih pada bagian leher.

Lovebird Blue Ice

lovebird blue ice

Disebut dengan blue ice karena warnanya mirip es krim dengan bagian badan sampai ekor berwarna biru, sedangkan leher sampai kepala berwarna putih. Blue ice sangat cantik untuk dijadikan hewan peliharaan karena warnanya yang soft.

Lovebird Cobalt

lovebird cobalt

Lovebird cobalt dikenal sebagai lovebird blue series karena memiliki warna dominan biru di tubuhnya. Cobalt biasanya memiliki warna abu-abu gelap atau hitam sebagai warna aksen di kepalanya.

Warna Hitam

Pernah lihat lovebird warna hitam? Jika belum, coba cari lovebird batman disekitar Anda. Lovebird hitam memang jarang ditemui dan mungkin bisa dibilang cukup langka. Kemarin pas jalan-jalan di PASTY (pasar hewannya Jogja), saya belum menemukan lovebird ini, mungkin kurang telaten kali ya.

Lovebird Batman

Menjadi satu-satunya lovebird yang memiliki warna dominan hitam di tubuhnya. Biasanya warna hitam cuma jadi aksen dibagian kepala, namun pada lovebird batman warna hitam tidak hanya di kepala tapi juga sampai bagian sayap dan tubuhnya. Warna aksen justru berupa warna abu-abu pada bagian leher.

gambar lovebird batman

Warna Putih

Warna putih atau tenarnya disebut dengan albino merupakan nama lovebird berdasarkan warna putih yang dimilikinya. Warna putih menjadi warna dominan dan bukan menjadi warna aksen saja. Jenis lovebird albino / warna putih diantaranya:

Lovebird Albino Mata Merah

lovebird albino mata merah

Merupakan lovebird albino yang memiliki warna putih polos pada sebagian besar tubuhnya. Bahkan paruhnya juga putih namun agak merah muda. Ciri khusus lovebird albino mata merah terletak pada warna matanya yang berwarna merah.

Lovebird Albino Mata Hitam

lovebird albino mata hitam

Sebagian besar ciri-cirinya mirip dengan lovebird albino mata merah. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada bagian matanya yang berwarna hitam, bukan merah. Paruh albino mata hitam biasanya juga berwarna kuning yang sangat berbeda dengan albino mata merah.

Lovebird Pastel Putih

lovebird pastel putih

Lovebird ini memang memiliki warna putih yang dominan, hanya saja ada warna kebiruan pada bagian badan sehingga membentuk warna pastel. Pastel putih biasanya memiliki kepala berwarna putih polos dengan paruh warna putih pucat.

Warna Merah

Meskipun sebagian besar lovebird hanya memiliki warna dominan hijau, biru, kuning, dan putih, namun dengan banyaknya persilangan pada akhirnya membentuk lovebird dengan warna merah. Warna merah ini biasanya hanya menjadi warna aksen, namun sekarang ada lovebird yang benar-benar berwarna merah.

Lovebird Merah

lovebird merah

Disebut juga dengan red suffused karena sebagian besar merupakan blorok merah. Ini merupakan jenis lovebird langka dan spesial karena sangat sulit untuk mencarinya di pasaran. Untuk harga lovebird merah sendiri saya belum bisa memastikannya.

Lumayan banyak kan? itu saja bukan termasuk sebutan lovebird lain yang memiliki perbedaan nama tapi bukan karena perbedaan warna. Jika ada usulan lain mengenai nama lovebird berdasarkan warna yang belum disebutkan, silahkan usulkan di fanspage satwapedia, jangan lupa untuk gabung juga.

Add Comment