Harga, Jenis dan Cara Merawat Kucing Tanpa Bulu yang Mahal

Ras kucing tanpa bulu tidak benar-benar berkembang biak sebagai ras kucing, tetapi lebih pada kategori atau jenis kucing. Kondisi tanpa bulu ini disebabkan oleh gen resesif yang dimiliki oleh kedua indukan kucing. Sebenarnya mereka tidak benar-benar gundul, hanya saja bulu yang sangat pendek membuat mereka terlihat hanya berkulit saja tanpa bulu.

Kondisi tak berbulu juga bukan merupakan penyakit sehingga tidak ada masalah jika ingin menjadikannya sebagai kucing peliharaan di rumah. Perawatan dan perhatian yang cukup dari kita akan membuat kucing seperti Sphynx bisa mencadi kucing yang sangat setia dan penuh kasih sayang.

Jenis-Jenis Kucing Tanpa Bulu

Mungkin ketertarikan Anda terhadap kucing tak berbulu setelah melihat public figure macam Raditya Dika yang juga memelihara kucing sphynx yang tak berbulu. Kucing yang dinamai pink tersebut sering diperlihatkan dilayar kaca sehingga banyak orang yang kemudian penasaran dengan kucing tanpa bulu Raditya Dika. Berikut ini adalah jenis-jenis kucing tanpa bulu yang bisa kamu pelihara di rumah:

Kucing Sphynx

gambar kucing tanpa bulu sphynx

gambar kucing sphynx

Kucing Sphynx berasal dari Kanada dan ditemukan pada selang waktu 1960 hingga 1970-an. Kita bisa menyebutnya dengan kucing gundul dari Kanada, penamaannya juga bisa berlaku untuk Sphinx atau Sphynx. Kucing ini pada awalnya tumbuh dengan tanpa bulu karena gen resesif.

Pembibitan kemudian dilakukan setelah melihat bahwa kucing ini bisa hidup sehat meskipun tidak memiliki bulu seperti ras kucing lain. Pembibitan dilakukan pada akhir tahun 1970an dan Journal of heredy menerbitkan laporan yang menyatakan kucing tak berbulu ini mulai dikirimkan ke Belanda untuk pembibitan.

Kucing Don Sphynx/Donskoy

Gambar kucing Donskoy

Gambar kucing Donskoy

Selama bertahun-tahun, kucing sphynx merajai kucing tak berbulu di dunia. Ketika Don Sphynx muncul pada tahun 1987, semua menjadi berubah. Kucing ini seakan mengikis ketenaran kucing Sphynx.

Don Sphynx juga dikenal sebagai Don Hairless, yang Hairless Russian, Don Bald Cat atau Donskoy. Nama Donskoy berasal dari kota Rusia Rostov-on-Don ketika seekor anak kucing diselamatkan oleh Elena Kovalyova yang merupakan penemuan dasar dari jenis Donskoy.

Kucing Peterbald

gambar kucing tanpa bulu peterbald

Gambar kucing tanpa bulu peterbald

Pada tahun 1993 kucing tak berbulu Donskoy mulai dikawinkan dengan kucing oriental dan kucing siam. Kucing ini diharapkan dapat menjadi kucing oriental tanpa bulu yang kemudian dinamai dengan nama Peterbald.

Perkawinan kucing betina oriental dengan warna tortoiseshell dengan donskoy jantan yang memiliki warna coklat mackerel melahirkan kucing Peterbald pertama kali pada tahun 1994. Itu membuat semua orang terkagum dengan posana kucing Peterbald.

Kucing Elf

gambar kucing elf

gambar kucing elf

Kucing Elf dibesarkan dari kucing Sphynx dan kucing American Curl. Perkawinan silang antara Sphynx dan American Curl ini diharapkan untuk mendapatkan kucing yang tidak memiliki bulu seperti Sphynx dan memiliki telinga khas milik American Curl.

Kucing Dwelf

gambar kucing dwelf

gambar kucing dwelf

Hampir mirip dengan kucing elf, kucing dwelf merupakan hasil perkawinan silang kucing ras. Dwelf diperoleh dari hasil perkawinan silang kucing Sphynx, Amerika Curl dan Munchkin.

Kucing Bambino

gambar kucing bambino

gambar kucing bambino

Bambino adalah jenis kucing tanpa bulu dari kucing yang dikembangbiakan melalui perkawinan silang antara kucing Sphynx dengan keturunan kucing Munchkin dan mulai terkenal pada tahun 2000.

Kucing Ukraina Levkoy

gambar kucing Ukraina Levkoy

gambar kucing Ukraina Levkoy

Keinginan memiliki kucing tanpa bulu juga menyebabkan orang ingin mempunyai variasi kucing dengan telinga terliat khas Scottish Fold. Oleh karena adanya keinginan tersebut maka terciptalah Ukraina Levkoy yang merupakan hasil dari kawin silang Don Sphynx dan Scottish Fold.

Meskipun telinganya tidak lipat seketat Scottish Fold, lipatan telingan ini justru dekat dengan ujung namun masih terlihat menarik. Diapun juga tidak begitu mirip dengan Don Sphynx karena wajahnya cenderung bulat dan lebih luas.

Kucing Tanpa Bulu Kohana

gambar kucing kohana

gambar kucing kohana

Pada tahun 2002, mulai dikembangkan kucing jenis baru yang diklaim benar-benar gundul dan hampir tidak memiliki folikel rambut. Kucing tersebut dinamai Hawaiian Hairless atau kucing Kohana. Belum ada laporan resmi apakah kucing ini merupakan hasil kawin silang antara Don Sphynx dan Sphynx Kanada

Harga Kucing Tanpa Bulu

Harga kucing gundul tanpa bulu ini bisa bermacam-macam tergantung kualitas perawatan kucing itu sendiri. Harga kucing sphynx bisa berkisar antara 6 juta hingga 11 juta untuk anakan. Sedangkan harga yang dewasa bisa mencapai 25 juta rupiah. Harga yang cukup mahal tersebut membuat kucing sphynx masuk sebagai deretan kucing termahal yang bisa dipelihara di rumah.

Harganya yang cukup mahal membuat kita harus pandai dalam merawat dan menjaganya. Untuk itulah mengapa kucing ini kurang direkomendasikan untuk dipelihara pecinta kucing pemula. Perlu banyak biaya untuk adopsi dan perawatannya.

Merawat Kucing Tanpa Bulu

Meskipun kucing ini tak berbulu, bukan berarti kita tidak bisa terkena alergi seperti halnya memelihara kucing berbulu. Kucing tak berbulu bisa saja menumpahkan sel-sel kulit dan air liurnya yang mengeandung protein yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk itu diperlukan perawatan rutin agar selain kucing kita sehat, pemiliknya pun juga sehat.

Ras kucing tanpa bulu bisa langsung terkena paparan sinar matahari atau angin yang dingin jika berada diluar ruangan. Oleh karena itu kucing tak berbulu seharusnya menjadi kucing dalam ruangan. Bila ingin mengajaknya keluar, usahakan menggunakan lotion sun blok yang bisa dibeli di dokter hewan/petshop.

Kucing jenis ini juga tidak tahan terhadap udara dingin dan tempat berangin, jadi usahakan untuk memberikan tempat tidur yang dilampisi dengan mantel tebal yang lembut. Atur juga suhu ruangan agar tidak terlalu dingin.

Selain itu kita juga wajib melakukan perawatan pada bulunya. Meskipun mereka memiliki bulu yang lebih sedikit bukan berarti mereka tidak memerlukan grooming. Kucing jenis ini tidak dapat menyerap dan mendistribusikan minyak kulit akibat sentuhan jari Anda. Shampo bayi atau shampo kucing dapat membantu kucing ini menghilangkan minyak tersebut bila Anda ingin memandikannya. Pastikan juga menggunakan handuk yang mudah menyerap air agar kulit kucing benar-benar kering. Bila Anda belum berpengalaman dalam memandikan kucing, silahkan merujuk pada panduan memandikan kucing yang baik dan benar.

Add Comment