Mengenali Ciri-Ciri Kucing Persia yang Asli

Kucing persia saat ini mendominasi jenis kucing peliharaan yang paling disukai oleh masyarakat. Hal ini mendorong keinginan seseorang untuk memelihara kucing lucu ini dirumah. Bagi anda yang baru saja mengenal jenis kucing, mungkin anda perlu mengenali ciri-ciri kucing persia agar tidak keliru dengan kucing yang lain. Meskipun masih ada banyak penjual yang jujur, anda lebih baik membekali diri anda mengenai karakteristik kucing persia agar tidak salah beli. Saat ini kucing persia harganya lumayan tinggi, jadi kalau sampai salah beli anda akan kecewa kemudian.

Menurut asal-usul kucing persia yang kami peroleh dari website CFA / The Cat Fanciers’ Association, kucing ini sudah dikenali sejak tahun 1684 sebelum masehi di Hieroglif. Banyak yang menduga bahwa kucing ini bisa pindah dari negara asal mereka, yaitu Persia karena campur tangan kalifah yang melakukan perjalanan ke beberapa belahan dunia. Hal inilah yang menjadikan asal-usul kucing persia menjadi samar, namun pada akhirnya ada sebua program pemuliaan untuk kucing persia pada abad ke-16 di Italia dan Perancis. Program tersebut akhirnya berlanjut hingga The International Cat Association / TICA menunjukkan jenis kucing Persia di Britania Raya pada tahun 1800-an. Berhubung pada tahun tersebut kucing persia menjadi binatang peliharaan yang populer maka ada banyak permintaan dari Amerika untuk mengimpor kucing tersebut pada tahun 1900-an. Sejak keberadaan kucing persia di Amerika, kucing ini menjadi tambah populer karena banyak yang menjadikannya sebagai binatang show dalam pameran.

Baca juga : Alasan mengapa kucing persia menjadi kucing paling disukai masyarakat 

ciri-ciri kucing persia

Ciri-Ciri Kucing Persia

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kucing persia merupakan kucing yang memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan jenis kucing peliharaan lainnya. Kucing persia memiliki ciri-ciri bulu yang lebat dan mewah disertai dengan bola mata yang menggemaskan pada wajah yang datar.

Pada jenis Peaknose, tentu saja ciri khasnya adalah hidung yang pesek. Kucing ini sering dianggap sebagai boneka lucu yang menggemaskan karena bagian wajah dan bulunya yang lebat. Ada beberapa orang yang mengira kucing ini adalah boneka sampai mereka baru menyadari ketika kucing mulai bergerak. Berikut ini beberapa ciri-ciri kucing Persia Asli menurut The Car Fanciers’ Association / CFA:

Karakteristik Kepala Kucing Persia

Kepala kucing persia merupakan satu tanda khas yang mudah diingat. Kepala kucing persia biasanya bulat dengan wajah yang rata. Diameter kepalanya lebih besar dibandingkan dengan jenis kucing lainnya ditambah dengan set mata yang lebar dan ekspresi manis. Pipinya cukup berisi dan bulat, kalau dalam istilah kita yaitu tembem. Bagian Hidung menjadi lebih unik karena kucing persia memiliki hidung yang pesek diantara bagian kepala yang bulat, kemudian bagian telinga lumayan kecil, tipis, agak bulat dan cenderung maju kedepan.

Karakteristik Kaki Kucing Persia

Kaki kucing persia bisa dibilang cukup pendek namun kuat karena didukung dengan ukuran tulang kaki yang cukup besar. Kaki depan dan belakang lurus dan disertai dengan warna bulu kaki yang berbeda. Anda juga bisa mengenali ciro-ciri kusing persia jenis himalaya dari bulu kaki mereka, karena jenis ini memiliki bulu kaki yang berbeda dibandingkan dengan jenis persia yang lain.

Karakteristik Cakar Kucing Persia

Bila anda ingin mengidentifikasi apakah kucing yang ingin anda beli itu adalah kucing persia, anda bisa mengeceknya pada bagian cakar kucing persia. Cakar kucing persia cukup besar, agak bulat dan terlihat kokoh. Hal tersebut dilengkapi dengan lima jari pada bagian kaki depan dan hanya empat jari pada bagian kaki belakang. Ciri-ciri kucing persia pada bagian cakar ini bisa anda catat atau cukup anda simpan pada ingatan anda sebelum memutuskan untuk membeli kucing persia.

Bulu Pada Kucing Persia

Semua kucing memiliki bulu namun bulu pada kucing persia sangatlah menawan. Bulu kucing persia identik dengan kata panjang, tebal dan mengkilat. Bulu-bulu tersebut menjadi mantel yang elegan bagi kucing persia karena menutupi seluruh bagian badan.

Karakteristik Ekor Kucing Persia

Mungkin agak sulit mengenali ciri-ciri kucing persia jika kita melihat dari ekornya tapi hal ini bisa anda pertimbangkan jika anda masih ragu dalam memilih kucing. Ekor kucing persia memang hampir sama dengan kucing lain, namun ekor ini lebih lurus dan berbulu tebal. Untuk panjang ekornya sendiri biasanya mengikuti proporsi ukuran badan, jadi mungkin anda akan mendapati ekor yang pendek pada anakan kucing persia.

Bentuk Tubuh Kucing Persia

Kucing persia memiliki pawakan yang kekar dengan bulu tubuh yang lebat. Hampir sebagian besar bagian tubuhnya bulat sehingga membuatnya seperti boneka. Kebanyakan orang tertarik dengan kucing persia karena bentuk bulunya yang hampir menyeluruh pada bagian tubuh yang kekar, kucing persia juga akan suka jika anda memanjakannya dengan merawat bulu-bulu mereka.

Kepribadian Kucing Persia

Kucing persia tergolong kucing yang tenang, kucing ini tidak neko-neko dan lebih ke kepribadian yang kalem. Mereka lebih suka dengan kondisi yang damai dengan suara lemut. Mungkin anda juga akan mendapati bahwa sebagian besar kucing persia lebih nyaman berada didalam ruangan meskipun ada beberapa yang sering keluar ruangan. Apabila anda memiliki kucing persia yang hobi keluar ruangan, anda harus rajin membersihkan dan merawat bagian tubuh kucing ini terlebih pada bagian bulu.

Warna Kucing Persia

Mungkin ini menjadi ciri-ciri kucing persia yang sulit diingat, jadi mungkin anda bisa menyediakan pulpen dan kertas untuk mencatatnya. Warna kucing persia dibedakan menjadi 8 jenis warna, yaitu solid colors, silver and golds, shaded and smoke, tabbies, particolor, bicolor, dan himalayan.

1. Solid Colors

Kucing persia dengan jenis solid colors adalah kucing yang memiliki satu warna untuk tubuhnya yang biasanya berwarna hitam, biru, merah, putih, krem, ungu dan coklat. Pada jenis kucing solid color ini tidak ada percampuran warna lain, misalnya hitam, ya bulunya hitam semua. Tapi anda juga bisa menemui kucing persia warna putih yang memiliki warna mata biru, atau warna tembaga atau bahkan satu biru dan satu mata lainnya berwarna tembaga.

2. Silvers and Golds

Anda juga bisa menemui kucing persia dengan warna silver and gold pada Kucing persia Chinchilla, ya meskipun banyak yang menganggap bahwa Chinchilla buka merupakan ras kucing tersendiri namun ada beberapa negara yang menganggap baahwa ini jenis kucing persia khusus. Kucing jenis ini memiliki sebagian besar warna perak dan putih pada lapisan bawah dan tipping hitam merata pada bagian ekor, tubuh bagian samping dan belakang, kepala dan telinga.

Tipping adalah istilah untuk menunjukkan bahwa hanya ujung bulu yang berwarna, atau pada kucing chinchilla ukurannya seperdelapan dari panjang bulu kucing ini berwarna hitam pada bagian luar. Golden Chinchilla adalah kucing yang paling langka, yaitu dengan ciri-ciri tipping hitam pada bulu yang kream. Ciri-ciri kucing persia Chinchilla juga bisa dikenali dengan mata mereka yang berbeda dengan jenis kucing lain, warna mata yang dapat berubah hijau atau biru-hijau dengan bingkai hitam bisa anda gunakan untuk mengenali kucing persia jenis ini.

3. Shaded & Smoke

Secara umum jenis warna kucing ini seperti kucing yang berwarna solid, namun anda akan mendapati sesuatu yang berbeda ketika kucing ini sudah mulai bergerak atau bulunya terpisah karena angin, anda akan melihat sisi lain yang berwara seperti warna smoke / asap, yaitu warna putih keperakan. Pada dasarnya hampir 50 hingga 80% bulu kucing ini adalah warna solid, yaitu biru, hitam, krem, merah namun sisanya adalah berwarna putih keperakan. Ciri-ciri kucing persia jenis shaded & smoke juga bisa dikenali dengan warna matanya, yaitu berwarna tembaga.

4. Tabbies

Istilah tabby sendiri sebenarnya mengacu pada pola / pattern yang ada pada bulu kucing persia. Pada dasarnya bulu kucing terdiri dari bulu putih dengan bintik-bintik gelap, atau dengan garis-garis, atau dengan marmer. Sehingga muncullah 3 tanda kucing persia yang berbeda sebagai berikut :

a. Mackerel Tabby
Orang biasanya menganggap jenis ini mirip dengan harimau, dimana ada beberapa garis yang orientasinya 90 derajat pada tulang belakang dan seluruh tubuh

b. Marmer Tabby
Coraknya adalah garis-garis lebar yang melengkung diatas tubuh dan berbeda dengan garis pada mackerel tabby yang cenderung lurus.

c. Patched Tabby
Mungkin aneh ya namanya, patched / tambalan pada kucing persia ini disebabkan karena ada bintik-bintik pada bulu kucing dan itu merata di seluruh tubuh.

5. Himalaya

Kucing persia Himalaya merupakan salah satu kucing persia yang popular. Jenis kucing ini memiliki warna yang disebur dengan color point. Kucing yang memiliki jenis color point ini biasanya merupakan kombinasi / perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing siam.

Color point sendiri sebenarnya merupakan kondisi dimana pada bagian tertentu pada tubuhnya berwarna hitam sedangkan yang lainnya berwarna putih. Warna hitam biasanya berada pada ekor, kaki, telinga dan wajah.

Artikel terkait : Jenis-jenis kucing persia yang paling digemari.

Ciri-Ciri Kucing Persia Medium

Mungkin ada beberapa kalangan yang lebih suka untuk memelihara kucing persia medium. Baik karena harganya yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan persia peaknose atau karena memang suka dengan pawakannya yang lebih besar dan perawatannya yang lebih mudah. Bagi anda yang sedang mencari-cari kucing jenis ini, berikut ini beberapa ciri-ciri kucing persia medium yang bisa menjadi pedoman anda dalam memilih:

Kaki Kucing Persia Medium Lebih Panjang

Jika dibandingkan dengan jenis kucing persia yang lain, kucing persia medium memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih besar jika anda bandingkan dengan kucing kampung. Kaki kuat tersebut sangat berguna untuk menompang tubuh yang diselimuti bulu yang tebal.

Bulu Persia Medium Cukup Lebat

Sudah menjadi ciri khas kucing persia jika memiliki bulu yang lebat. Hal ini juga ada pada kucing persia medium. Bulu-bulu yang lebat tersebut umumnya lebih panjang daripada jenis kucing kampung.

Bentuk Wajah Kucing Persia Medium

Secara umum bila dibandingkan dengan jenis persia lainnya. Kucing persia medium memiliki wajah yang tidak terlalu datar dan hidungnya tidak begitu pesek, meskipun tidak mancung juga seperti halnya kucing kampung. ya kalau bisa dibilang nggak kurang dan nggak lebih, cocok aja dengan pawakan tubuhnya.

Ciri-Ciri Kucing Persia Medium Pada Telinganya

Untuk mengenali apakah kucing tersebut termasuk persia medium atau bukan, anda bisa mengamati pada bagian telinga-nya. Kedua telinganya terlihat agak besar dan jaraknya berdekatan.

Demikian pembahasan mengenai karakteristik kucing persia asli yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi saat ingin membedakan dengan jenis kucing lain atau saat anda ingin membeli kucing persia. Berhubung kucing ini harganya cukup mahal kita harus berhati-hati pada saat memilih kucing persia, jangan sampai salah ya. Semoga beberapa ciri-ciri kucing persia diatas membantu anda menemukan kucing persia yang sesuai dengan keinginan anda.

29 Comments

  1. arief October 10, 2016
  2. arief October 10, 2016
    • sibhe7 October 10, 2016
  3. yaya October 23, 2016
    • sibhe7 October 27, 2016
  4. Indah monica November 14, 2016
    • sibhe7 November 15, 2016
  5. ria rahmah December 21, 2016
    • sibhe7 December 29, 2016
  6. meiky December 26, 2016
  7. Indra January 19, 2017
  8. Serly February 20, 2017
    • sibhe7 February 21, 2017
      • binti adawiyah April 10, 2017
  9. rizky February 26, 2017
  10. Faridah assaniyyah March 7, 2017
  11. Sijalijali March 31, 2017
  12. Sijalijali March 31, 2017
    • sibhe7 April 2, 2017
  13. Sopi April 18, 2017
    • Vivi May 30, 2017
  14. akbar June 19, 2017
  15. Ami October 16, 2017
  16. sibhe7 October 17, 2017
  17. Amel November 3, 2017
    • sibhe7 November 4, 2017
  18. uwik November 13, 2017

Add Comment