Mengenal Ragam Ikan Hias Air Tawar Favorit

Ikan hias air tawar merupakan komoditi dengan pangsa pasar yang tidak pernah ada habisnya. Dari dulu hingga sekarang, permintaan akan jenis ikan ini tergolong tinggi dan cenderung meningkat. Akibatnya, banyak orang yang menganggap bisnis ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Maka, tak heran jika jumlah penjual ikan hias pun kian menjamur. Kita juga bisa menemukannya dengan mudah di jalan-jalan, di pasar, di kios-kios, bahkan di perumahan yang notabene adalah  penjual ikan hias berbasis kolam. Berbeda dengan jenis ikan hias air laut yang memerlukan air khusus, ikan air tawar lebih mudah untuk dipelihara bagi para pemula.

Hal di atas tentunya sangat bermanfaat bagi para kolektor ataupun penghobi. Selain menjadi lebih mudah dalam menemukan ikan favorit, harganya pun menjadi lebih kompetitif seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, fakta tersebut sepertinya tidak berlaku bagi beberapa jenis ikan hias berikut. Selain susahnya proses pembiakan, keindahan serta keunikan yang dimiliki membuat mereka menjadi incaran banyak orang. Oleh karena itu, ketersediaannya di pasaran menjadi kian terbatas. Lalu apa saja jenis ikan hias air tawar favorit tersebut? Berikut adalah ulasannya.

gambar ikan hias air tawar

Gambar ikan hias air tawar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Favorit

kumpulan ikan koi

Kumpulan ikan koi

Ikan hias air tawar favorit pertama adalah Koi. Ikan yang sangat populer di Jepang dan Tiongkok ini memiliki warna dan motif yang sangat indah. Pada umumnya, ikan yang biasa disebut sebagai pembawa keberuntungan ini lebih banyak dipelihara di kolam daripada akuarium. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memeliharanya, lebih baik untuk menyiapkan kolam terlebih dahulu. Satu hal yang perlu diingat adalah, jagalah kualitas dan sirkulasi air di dalamnya, karena ikan ini sangat sensitif terhadap kualitas air tempatnya tinggal. Dan sebagai referensi, untuk Koi yang berukuran 76 cm, mereka biasa dijual dengan harga bekisar Rp. 50.000. Mengenai jenis ikan koi, ada berbagai macam jenis yang bisa Anda koleksi, bahkan sekarang banyak sekali pembiakan yang dilakukan di dalam negeri, salah satunya di kota Blitar. Beberapa waktu lalu kami pernah mempublikasikan artikel yang membahas perbandingan koi import dengan koi Blitar.

ikan arwana

Gambar Ikan arwana

Kedua, adalah Arwana. Ikan jenis ini biasa ditemukan di perairan-perairan di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Burma. Secara garis besar, ikan ini mempunyai 4 warna untuk setiap varietas, yaitu hijau, silver, merah, dan emas, dengan varietas populer seperti Super Red, Golden Red, Hijau, Cross Golden Back, dan Arwana Irian.  Ikan hias air tawar jenis ini juga dikenal karena keunikan bentuk serta keindahan sisiknya. Maka, tak heran jika spesies yang memiliki nama latin Scleropages formosus ini memiliki banyak penggemar dan berharga tinggi, bahkan untuk bibitnya saja bisa dihargai Rp.100.000. Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan arwana, kami pernah membahas mengenai 9 jenis ikan arwana dari 4 benua berbeda, barangkali artikel tersebut bisa menambah pengetahuan Anda mengenai ikan arwana.

berbagai jenis ikan louhan

Gambar ikan louhan

Ikan hias air tawar favorit yang terakhir adalah Louhan. Ikan jenis ini pernah mencapai puncak popularitasnya beberapa waktu lalu, tetapi sering dengan berjalannya waktu hal tersebut kian surut. Tetapi, bukan berarti popularitasnya padam, karena jumlah penghobi ikan ini masih tinggi, dan membuat harganya pun berangsur-angsur kian meningkat. Sama seperti Koi, Louhan juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi beberapa orang. Terlebih, jenis ikan ini juga memiliki daya tarik yang tinggi dengan keunikan pada tonjolan jidatnya yang menonjol, kombinasi warna yang dimiliki, serta bercak pada badan yang dipercaya membentuk tulisan tertentu. Dan untuk Anda yang ingin membelinya, bersiap-siaplah untuk merogoh kocek sekitar Rp.500.000 untuk ukuran sedang. Pelajari lebih lanjut mengenai 9 jenis ikan louhan penghias aquarium.

Demikian uraian tentang jenis-jenis ikan air tawar populer yang berharga tinggi. Akan tetapi, terlepas dari jenis apa yang Anda pelihara, cara pemeliharaan juga sangatlah penting. Selalu jaga kebersihan dan kualitas air dari kolam atau akuarium tempat ikan kesayangan Anda hidup. Selain itu, jangan lupa untuk memberi makan yang tepat dengan takaran yang sesuai. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka ikan hias air tawar yang dipelihara akan tetap sehat, dan bisa memanjakan mata  Anda dengan warna-warna indah yang dimilikinya.

Add Comment