Mengenal Jenis Sapi Paling Laku Di Indonesia

Sapi adalah hewan peliharaan yang memiliki prospek menguntungkan bagi peternak. Hampir seluruh bagian sapi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, mulai dari daging, susu, kulit, tenaga bahkan sampai kotorannya sekalipun. Ada beragai jenis sapi di dunia ini yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itulah saya ingin membahas beberapa macam sapi yang banyak di pelihara di Indonesia karena dianggap memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Berbeda degan hewan ternak lain seperti ayam maupun kelinci, sapi adalah hewan yang memiliki tenaga yang kuat dan tahap dari berbagai jenis penyakit. Beberapa jenis sapi unggulan juga bisa tumbuh dengan baik meskipun hanya memperoleh pakan seadanya. Hewan ini juga termasuk sebagai hewan ternak yang perputaran uangnya sangat cepat. Sehingga para peternak memiliki semangat tinggi dalam membudidayakan hewan ternak ini.

Memilih Jenis Sapi Unggulan Untuk Dijadikan Hewan Ternak

Sapi atau lembu adalah hewan yang termasuk dalam family Bovinae. Hewan ini adalah produsen daging terbesar diantara hewan ternak lainnya. Berat sapi dewasa bisa mencapai 900 kg tergantung dari jenisnya. Dengan mengetahui jenis sapi unggulan, peternak bisa dengan cepat membudidayakan hewan ternak ini dan mendapatkan untuk dari jerih payah memelihara sapi. Berikut ini sapi-sapi yang masuk dalam kategori sapi unggulan untuk dipelihara :

Sapi Bali

Asal : Bali, Indonesia

Fungsi: Penghasil daging dan penarik beban

Kategori: Sapi berukuran kecil

Masa penggemukan : 3 – 5 bulan

Bobot Dewasa : 300 – 400 kg/ekor

Keistimewaan : Memiliki daya tahan yang baik, persentase kakas 56.9%, memiliki potensi kenaikan berat badan sekitar 0,66 – 1 kg/hari.

Sapi Bali mulai dikembangkan pada akhir abad ke-19. Disebut dengan sapi Bali karena hewan ini banyak ditemukan di Bali dan berkembangbiak dengan baik disana. Dulunya hewan ini cukup liar, namun karena proses penjinakan yang dilakukan peternak setempat akhirnya sapi ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Jenis sapi Bali memiliki ciri khas warna sawo matang dan warna merah bata saat masih kecil. Perubahan warna dari merah bata ke warna sawo matang terjadi karena ada kenaikan hormone testosterone.

Gambar sapi bali

Gambar sapi Bali

Sapi Bali memiliki warana bulu yang khas. Pedet (anak sapi atau sapi yang belum dewasa) warna bulunya merah sawo matang atau merah bata. Pada sapi dewasa betina warna akan tetap, tetapi untuk yang jantan berubah menjadi kehitam-hitaman.

Sapi Madura

Sapi Madura adalah jenis sapi lokal yang juga banyak dicari masyarakat. Sapi ini dikenal sebagai sapi dwiguna karena masuk dalam kategori sapi pedaging dan sapi pekerja. Sapi Madura diperoleh dari persilangan antara sapi zebu dan bos sondaicus/ banteng.

jenis sapi Madura

Jenis Sapi Madura

Sapi Madura saat ini menjadi ikon Kota Madura karena adanya karapan sapi yang digelar setiap tahun. Ciri khas sapi Madura adalah memiliki warna merah bata dan sedikit berpunuk pada pejantan dan tidak berpunuk pada betina. Sapi ini juga memiliki badan yang tegap pada bagian depan dibandingkan dengan bagian belakang.

Sapi Ongole dan Peranakan Ongole (PO)

Banyak orang menyangka bahwa sapi ongole adalah sapi lokal asli. Kenyataannya sapi ini merupakan sapi yang berasal dari India. Sapi ini banyak di ternakkan secara masal di pulau Sumba sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menganggap sapi ini adalah sapi lokal.

Sapi PO

Sapi PO

Sapi ongole adalah sapi pekerja yang banyak dimanfaatkan petani untuk membajak sawah. Jenis sapi ongole terkenal dengan kinerja dan tenaga yang kuat, sapi ini juga tahan lapar dan haus sehingga cocok sekali untuk membantu membajak sawah.

Ciri khas sapi ongole adalah memiliki warna putih dengan punuk besar yang berada dibelakang kepala. Pada sekitar mata sapi ini warnanya abu-abu. Sapi ongole juga memiliki gelambir yang biasanya hingga berlipant-lipat. Gelambir adalah lipatan kulit yang berada dibawah leher hingga bagian perut. Bobot sapi bisa mancapai 600 kg untuk jantan dan 450kg untuk betina. Baca Juga : 11 gambar sapi untuk petunjuk peternak pemula.

Sapi Brahman

Sapi Brahman adalah jenis sapi yang tergolong dalam sapi zebu. Hewan ini dikembangbiakan di Amerika dan di impor oleh Indonesia karena kualitasnya yang bagus. Sapi ini tahan terhadap iklim panas sehingga cocok untuk dikembangbiakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Sapi Brahman

Sapi Brahman

Ciri khas sapi ini adalah memiliki warna abu-abu kemerahan dengan kulit yang sedikit longgar. Brahman memiliki punuk besar yang mirip dengan ongole namun biasanya berwarna gelap bukan putih. Sapi Brahman banyak diminati peternak karena dia memiliki kualitas mutu yang bagus dan kemampuan reproduksi yang bagus dibandingkan sapi lokal.

Sapi Aberden Angus

Satu lagi jenis sapi impor yang banyak diminati peternak Indonesia. Sapi ini bernama Aberden Angus yang merupakan sapi asli Skotlandia. Meskipun berasal dari Skotlandia, namun kebanyakan sapi ini di impor dari Selandia Baru.

Sapi Aberdeen Angus

Sapi Aberdeen Angus

Berbeda dengan jenis sapi lokal, sapi aberden angus memiliki warna hitam dan tidak memiliki tanduk. Sapi ini juga memiliki postur rata pada bagian atas atau dengan kata lain juga tidak memiliki punuk. Berat badan sapi hitam ini bisa mencapai 900 kg. Daging dan urat ini juga padat dan berisi.

2 Comments

  1. Mamas Adi Putra Lawu December 4, 2016

Add Comment