Mengenal 9 Jenis Burung Lovebird

Pada kesempatan kali ini tim satwapedia telah menyiapkan artikel mengenai 9 jenis burung lovebird yang bisa membantu para pecinta burung untuk mengenal lebih jauh tentang burung lovebird. Burung lovebird termasuk dalam genus Agapornis yang merupakan spesies asli Afrika dan satu dari beberapa jenis burung love bird berasal dari pulau Madagaskar. Agapornis sendiri merupakan bahasa serapan yang terdiri dari kata agapein ( bahasa Yunani yang berarti “to love”) dan kata ornis (bahasa latin yang berarti “bird”). Lovebird juga dikenal sebagai burung yang setia pada pasangannya, ketika sudah dewasa mereka akan hidup berpasangan dan terus menjaga hubungan tersebut sampai ada satu yang mati baru mereka berpisah.

Karakter bentuk burung lovebird mudah untuk dikenali, bentuk tubuhnya kecil namun gempal dengan berat antara 30-60 gram. Panjang burung lovebird sekitar 13 hingga 17 cm. Fisik yang dimiliki oleh burung ini cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan spesies lain yang termasuk dalam burung berparuh bengkok. Lovebird hanya lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan burung parkit. Lovebird memiliki kemampuan bertahan hidup rata-rata 10 hingga 12 tahun bahkan ada beberapa yang mengetahui burung ini bisa hidup hingga 17 sampai 25 tahun.

Di alam bebas burung lovebird hidup secara kelompok dengan anggota kelompok yang bisa mencapai 5 hingga 20 ekor. Meraka menyukai wilayah yang iklim tropis dan kering. Sedangkan untuk penangkaran, burung ini tergolong mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Beberapa jenis burung lovebird juga dikenal mudah untuk dilatih untuk melakukan beberapa gerakan atau atraksi.

9 Jenis Burung Lovebird yang Wajib Anda Ketahui

jenis burung love bird

Burung Lovebird

Spesies burung lovebird dibedakan oleh perbedaan warna dan tanda-tanda yang ada di fisik burung ini. Mungkin jika dihitung dengan hasil kawin silang antara spesies satu dengan spesies lainnya jumlah jenis burung love bird akan banyak sekali. 9 jenis lovebird yang ada dibawah ini merupakan pengelompokkan yang dilakukan berdasarkan pendekatan ilmu taksonomi yang telah dipelajari oleh beberapa ahli burung di dunia. Berikut ini daftar jenis lovebird yang berasal dari Afrika dan Pulau Madagaskar :

Agapornis Roseicollis

Jenis Burung Lovebird Agapornis Roseicollis

Burung Lovebird Agapornis Roseicollis

Sering juga disebut dengan Peachfaced, kalau kita orang Indonesia mengartikannya sebagai muka salem. Burung lovebird peach-faced ini dikenal sebagai spesies pertama yang dikenalkan di publik sehingga jenis ini termasuk dalam kategori burung yang banyak dibudidayakan.

Peach-faced biasanya ditemukan diwilayah barat daya Afrika dan saat ini termasuk dalam spesies yang memiliki keragaman warna yang cukup banyak, yaitu hingga 100.000 kombinasi warna yang diperolah dari hasil mutasi gen.

Agapornis Swindernia

jenis burung Black-collared lovebird

Black-collared lovebird

Masih di sekitaran Afrika Barat dimana kita bisa menemukan spesies Agapornis Swindernia yang banyak hidup diwilayah tersebut ditambah sekitaran Afrika Tengah. Jenis burung lovebird ini juga dikenal dengan sebutan “Black-collared lovebird” karena memiliki leher yan mirip kerah hitam. Warna hitam yang melingkar seperti kerah tersebut menjadi ciri khas yang dimiliki oleh spesies ini untuk membedakan dirinya dengan spesies burung lovebird lainnya.

Anda berfikir untuk melakukan penangkaran burung ini? sayangnya niat tersebut sangat sulit tercapai karena burung ini lebih menyukai alam bebas dan memang sulit untuk ditangkarkan.

Agapornis Pullaria

Jenis Lovebird Agapornis Pullaria

Jenis Lovebird Agapornis Pullaria

Masih di sekitaran Afrika Barat dan Afrika Tengah, kita akan menemukan satu spesies lagi yang cukup unik dengan nama latin Agapornis Pullaria. Jenis burung lovebird ini juga sering disebut dengan istilah Redfaced lovebird karena memilki warna merah di area muka.

Love bird jantan pada spesies ini memiliki warna merah yang dominan pada bagian dahi dan muka, sedangkan untuk betina warnanya cenderung oranye pada bagian dahi dan muka. Meskipun memiliki wajah merah namun sebagian besar tubuhnya didominasi oleh warna hijau/hijau kekuningan.

Agapornis Personata

jenis burung Masked Lovebird

Masked Lovebird

Bila berbicara mengenai ciri muka, spesies yang wilayah penyebarannya ada di Tanzania ini juga memiliki ciri khas unik dibagian mukanya. Kepala hingga leher burung ini berwarna hitam kecoklatan yang mirip dengan topeng. Itulah sebabnya mengapa spesies ini juga sering disebut dengan istilah Masked Lovebird.

Agapornis Fischeri

jenis burung lovebird Agapornis Fischeri

Agapornis Fischeri

Masih berada di wilayah Tanzania yang merupakan habitat asli burung Agapornis Fischeri. Burung ini memiliki ciri khas tubuh berwarna hijau dengan kepala hingga dada memiliki warna kemerahan dengan gradasi oranye. Burung lovebird fischeri memiliki lingkar mata berwarna putih. Mutasi dari jenis burung love bird ini adalah fischeri biru dan albino.

Agapornis Lilianae

Nyasa lovebird

Nyasa lovebird

Sering juga disebut dengan Nyasa lovebird. Habitat asli burung ini meliputi Tanzania, Mozambik dan Malawi. Kombinasi warna yang ada pada jenis ini adalah warna hijau di area tubuh, warna merah pada bagian kepala hingga muka dan warna kucing pada area kerongkongan hingga leher bagian belakang. Mutasi warna dari jenis burung lovebird ini adalah lutino.

Agapornis Nigrigenis

jenis burung Black-cheeked lovebird

Black-cheeked lovebird

Jenis burung love bird yang unik juga akan anda dapatkan dari seekor burung Agaponis nigrigenis atau yang disebut juga Black-cheeked lovebird. Disebut Black-cheeked lovebird karena memiliki ciri khas pipi berwarna hitam kecoklatann diatas warna hijau hingga hijau kekuningan yang berada dibagian tubuh. Habitat asli burung ini meliputi Zimbabwe dan Zambia.

Agapornis Taranta

jenis burung lovebird Agapornis Taranta

Agapornis Taranta

Agapornis Taranta adalah jenis burung lovebird yang memiliki ciri khas sayap berwarna hitam. Burung ini juga sering disebut dengan istilah Abyssinian lovebird yang habitat aslinya berada di wilayah Ethiopia.

Agapornis Cana

jenis burung love bird madagascar

Madagascar Lovebird

Berbeda dengan 8 jenis burung lovebird yang telah kami sebutkan diatas, burung ini bukan dari daratan Afrika namun berasal dari Pulau Madagascar. Mungkin jika anda pernah melihat film Madagascar akan lebih sedikit tahu mengenai ciri-ciri khas burung ini.

Lovebird jenis ini memiliki tubuh yang mungil dengan bobot hanya 20 hingga 35 gram saja. Warna yang ada pada Madagascar lovebird ini biasanya terdiri dari hijau dibagian tubuh dan abu-abu pada bagian kepala hingga dada untuk lovebird jantan, sedangkan untuk betina warnya cenderung hijau muda pada bagian kepala hingga dada.

Berharap bisa menangkarkannya dirumah? sayangnya binatang ini termasuk yang dilindungi oleh pemerintahan di pulau Madagaskar karena populasinya yang terbatas dan langka.

Artikel terkait : Menengok harga lovebird di pasar burung.

Jenis Burung Lovebird yang Bagus untuk Dipelihara

Setelah mengetahui kesembilan jenis burung love bird diatas, tentu saja pertanyaan umum yang sering muncul adalah jenis apa yang paling bagus untuk dipelihara? Sejauh ini berdasarkan data yang kami peroleh, 3 jenis dari 9 jenis lovebird diatas termasuk yang paling sering dipelihara.

Adapaun ketiga jenis tersebut adalah Peach-faced lovebird, masked lovebird dan Fischeri lovebird. Ketiga spesies ini paling umum dan cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang indah mengingat beberapa jenis lovebird sulit untuk ditangkarkan dan populasinya yang mulai jarang.

Pengelompokkan Lovebird Di Indonesia

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa para penghobi burung sering menyebut jenis lovebird berkacamata dan non-kacamata? bagi yang belum pernah mendengar mungkin akan heran mengapa burung ini dibedakan dengan kacamata meskipun tidak ada atau spesies pun yang perlu menggunakan bantuan kacamata sebagai alat bantu pengelihatannya.

Pengelompokkan berdasarkan kacamata ini ternyata diperoleh dari lingkar mata yang biasanya berwarna warni pada bagian kelopak mata. Setiap jenis lovebird memiliki warna lingkar mata yang berbeda. Lovebird berkacamata nilainya jauh lebih mahal dibandingkan dengan lovebird non kacamata. Jenis love bird yang termasuk dalam kategori berkacamata adalah Fischeri, Personata, Liliana dan Nigrigeni sedangkan kelima jenis lain termasuk dalam kategori non-kacamata.

Mungkin Anda juga pernah mendengar kata lovebird lutino, dilute ataupun cinnamon, nah untuk yang itu merupakan pengelompokkan jenis love bird berasarkan hasil mutasi warna/kawin silang antara spesies stau dengan spesies lainnya yang menghasilkan varian baru dengan warna yang unik dan cantik. Demikian sharing kali ini yang telah mengupas secara tuntas mengenai jenis burung lovebird, semoga bermanfaat.

Add Comment