Menengok Harga Lovebird Di Pasar Burung

Jalan-jalan hari ini setidaknya telah mengantongi informasi harga lovebird yang ada di pasaran Indonesia. Banyak sekali pecinta burung yang ingin mengoleksi burung lovebird karena corak warna yang menarik dan kicauannya yang panjang tanpa henti. Kicauan panjang tanpa henti ini biasanya disebut dengan istilah ngekek, kemampuan untuk ngekek ini bisa membuat nilai jual burung lovebird menjadi lebih tinggi. Menurut pengamatan kami, peminat burung lovebird sempat menurun pada pertengahan tahun 2013 dan mulai lagi ngetren beberapa spesies unggulan. Hal ini bisa dibuktikan dengan mulai maraknya kembali kontes-kontes burung lovebird diberbagai daerah di Indonesia.

Pada kesempatan lain tim satwapedia juga telah membahas mengenai 9 jenis burung lovebird berdasarkan pendekatan taksonomi. Bagi yang belum mengenal mengenai kesembilan jenis tersebut alangkah baiknya menambah wawasan mengenai 9 jenis burung love bird yang tergolong dalam genus Agapornis. Pada artikel tersebut disebutkan bahwa hanya 3 dari sembilan yang biasanya ditangkarkan baik di Indonesia maupun negara lain. Hal ini karena tidak semua burung love bird cocok untuk ditangkarkan baik karena habitatnya yang kurang sesuai maupun karena faktor populasi yang rendah sehingga menjadi hewan dilindungi.

Harga Lovebird di Pasar Burung

harga lovebird

Burung Lovebird

Sebelum membahas lebih jauh mengenai daftar harga love bird, kami ingin menyampaikan bahwa harga yang kami cantumkan pada artikel ini bisa saja berbeda untuk daerah Anda atau bisa saja harganya naik karena banyaknya permintaan terhadap burung lovebird. Harga love bird yang kami sampaikan ini hanya sebagai acuan saja apabila anda baru ingin menambah koleksi lovebird.

Oiya berdasarkan pengamatan kami ternyata jenis burung lovebird yang ada di pasaran sebagian besar merupakan hasil kawin silang dari spesies aslinya. Hal inilah mengapa sangat jarang sekali ditemukan lovebird yang termasuk dalam 9 jenis burung lovebird yang pernah kami publikasikan di website ini.

Lovebird hasil kawin silang memang memiliki banyak jenis bahkan jenisnya bisa mencapai 100.000 kombinasi warna yang dihasilkan setelah terjadinya mutasi gen. Kami tidak akan membahas keseluruhan hingga 100.000 jenis burung dan hanya akan menyampaikan harga dari burung yang paling diminati saja. Jenis burung yang saat ini banyak peminatnya adalah burung lutino, blorok, kepala emas, albino, holland maupun dakocan.

Di Indonesia sendiri ada yang mengelompokkan burung lovebird menjadi dua kategori yaitu lovebird petarung dan lovebird type. Lovebird petarung adalah jenis burung yang dipersiapkan untuk menghadapi lomba saja, biasanya banyak yang memilih burung dengan kemampuan ngekek yang panjang sedangkan pecinta lovebird type ada karena mereka menyukai perpaduan warna burung yang eksotis dan indah.

Pada tahun ini peminat lovebird di indonesia dibagi menjadi 2 kategori yaitu lovebird petarung dan lovebird type. Fans lovebird petarung adalah tipe fans lovebird yang fokus untuk melatih lovebird agar siap saat lomba dan menjadi juara, cara mereka untuk mempersiapkan lovebird bakalan tidak mudah karena kebanyakan dari mereka sudah menseting lovebird tersebut dari lovebird mereka masih sangat kecil.

Sedangkan pencinta lovebird type biasanya adalah penggemar burung lovebird tergantung dari bentuk dan warna bulu yang unik, jadi harga yang akan dibandrol itu tergantung bentuk jika semakin unik ya semakin mahal pula harganya, 2015 adalah tahunya lovebird kepala emas dan blorok kepopulerannya melewati lovebird lutino yang pernah menjadi primadona tahun 2014.

List Daftar Harga Lovebird 2017

Pada tahun ini merupakan eranya lovebird kepala emas dan lovebird blorok yang menjadi primadona dengan harga jual yang lebih tinggi dan telah mengalahkan jenis Lutino yang beberapa tahun lalu ketenarannya tidak terkalahkan oleh jenis lovebird lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini acuan harga lovebird yang kami peroleh dari survey sederhana:

Harga Lovebird Blorok

Mungkin bagi Anda yang memiliki uang longgar untuk melihat bulu burung lovebird blorok yang indah. Anda bisa memutuskan untuk mengambil lovebird blorok untuk dijadikan burung peliharaan di rumah. Saat ini blorok menjadi jenis lovebird termahal dengan harga sekitar 1 juta untuk anakan saja. Bagi yang ingin langsung meminang blorok dewasa setidaknya harus merogoh kocek minimal 2 juta untuk satu ekor blorok.

Harga Lovebird Kepala Emas

Berhubung kepala emas juga sedang naik daun, perlu merogoh kocek setidaknya lima ratus ribu untuk satu ekor anakan lovebird kepala emas. Sedangkan untuk dewasa, membutuhkan mahar sebesar 1 juta. Harga kepala emas memang masih dibawah blorok, sehingga bagi yang belum cukup uang untuk meminang blorok bisa mengambil alternatif untuk memelihara lovebird kepala emas.

Harga Lovebird Lutino

Sempat menjadi primadona pada tahun 2014 namun akhirnya terkalahkan oleh jenis lovebird blorok. Meskipun begitu harga satu ekor lutino juga masih tinggi yaitu 350 ribu untuk anakan dengan mata hitam dan 700 ribu untuk anakan bermata merah. Lutino dewasa yang memiliki mata hitam biasanya dijual dengan harga 500 ribu dan untuk dewasa bermata merah harganya antara 1 – 1,3 juta.

Harga Lovebird Albino

Bagi yang ingin memelihara lovebird dengan harga ekonomis mungkin albino menjadi alternatif lain dengan penampilan yang tidak kalah dengan jenis lain. Saat ini albino dengan mata hitam dihargai sekitar 350 ribu untuk anakan dan 500 ribu untuk dewasa, sedangkan albino mata merah dihargai 450 ribu untuk anakan dan 650 ribu untuk dewasa.

Harga Lovebird Dakocan

Dakocan memiliki harga yang hampir sama dengan albino yaitu mulai dari 300 ribu hingga 500 ribu untuk dakocan warna hijau. Sedangkan untuk dakocan warna biru mempunyai nilai antara 450 ribu hingga 600 ribu rupiah.

Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan, jangan lupa jika sudah membeli salah satu jenis dari burung lovebird yang kami sebutkan diatas rawatlah sebaik-baiknya. Semoga hasil pencarian kami tentang harga lovebird ini bermanfaat bagi semua pembaca yang mungkin kebetulan baru ingin menambah koleksi burung dirumah.

Add Comment