Memperhatikan Makanan Kura-Kura Sulcata

Memelihara kura-kura darat seperti sulcata membutuhkan beberapa perhatian soal pemilihan makanan yang tepat. Kura-kura sulcata sangat sensitif terhadap beberapa hal terlebih untuk makanan yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Hewan ini sangat baik jika diberi makanan kering yang mengandung banyak serat namun akan menjadi masalah jika diberi makanan yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Sulcata dikenal banyak orang sebagai binatang yang hobi makan, bahkan ia disebut sebagai “mesin makan”. Beberapa orang biasanya memberikan sayuran dan buah-buahan sebagai menu makanan sehat untuk kura-kura, sayangnya ada beberapa makanan yang tidak cocok untuk sulcata. Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan saya membahas beberapa pertimbangan memilih makanan sulcata agar hewan ini bisa tumbuh dengan baik saat kita pelihara.

Pilihan Bijak Makanan Kura-Kura Sulcata

Makanan untuk kura-kura sulcata

Makanan untuk kura-kura sulcata

Di alam yang terbuka, sulcata biasanya makan rumput berjam-jam pada siang hari. Sebagian besar asupan makanan diperoleh dari rumput yang didapat di ladang atau tempat terbuka. Hal ini juga bisa Anda terapkan dirumah Anda. Yang terpenting disini adalah memilih rerumputan yang bebas dari kontaminasi pestisida dan herbisida. Kedua jenis bahan tersebut sangat tidak bersahabat bagi reptil ini, jadi berhati-hatilah dalam memilih rumput.

Dalam memilih makanan kita perlu memperhatikan beberapa faktor penting. Ada 3 faktor penting terkait pemilihan makanan untuk kura-kura sulcata. Ketiga faktor tersebut adalah kalsium-fosfor, jumlah dan jenis protein dan kandungan serat dalam makanan. Faktor kalsium-fosfor berkaitan dengan banyaknya fosfor dibandingkan dengan jumlah asupan kalsium. Kebanyakan asupan fosfor dan kekurangan kalsium menyebabkan terjadinya pelunakan tulang dan deformitas. Masalah lain yang disebabkan oleh kebanyakan fosfor adalah gangguan fungsi organ dan rusaknya sistem metabolisme pada tubuh kura-kura. (Baca lebih lanjut : Panduan lengkap memelihara sulcata untuk pemula).

Protein mungkin baik untuk sebagian jenis hewan, begitu juga dengan kura-kura darat. Tetapi kebanyakan porsi protein bisa menyebabkan gagal ginjal pada hewan tersebut dan bisa saja menurunkan rentang hidup kura-kura. Pemilihan protein yang salah seperti memberi makan hewan vertebrata, kacang-kcangan ataupun kedelai juga bisa menyebabkan pertumbuhan yang terlalu cepat sehingga memicu kelainan bentuk shell.

Faktor ketiga adalah serat, dimana asupan serat yang mencukupi dapat membuat pasokan makanan kura-kura sulcata terpenuhi. Contoh makanan yang banyak direkomendasikan terkait kebutuhan serat adalah sepihan jerami yang banyak sekali tersedia di Indonesia. Anda juga bisa memberikan tanah lapang yang memiliki rumput lebat sebagai asupan serat dengan catatan terbebas dari kontaminasi pestisida dan herbisida.

Lalu bagaimana dengan sayuran dan buah-buahan ? Sebenarnya Anda bisa saja sesekali memberikan makanan berupa buah-buahan dan sayuran hijau. tapi berhati-hatilah dengan beberapa jenis sayuran goitrogenik seperti kubis dan brokoli. Sayuran tersebut bila disajikan secara berlebihan bisa menyebabkan goiter dan merusak gungsi tiroid pada kura-kura sulcata. Sayuran lain yang membutuhkan moderasi tinggi adalah bayam, sawi dan wortel.

Beralih ke buah-buahan yang disukai oleh sulcata, hewan ini sangat menyukai buah kaktus dan buah pisang. Kedua jenis buah tersebut termasuk kategori makanan yang baik untuk diberikan pada sulcata. Anda mungkin bisa menggunakan stroberri, blewah, berri, apel namun jangan terlalu banyak. Oiya jauhkan juga buah-buahan berair yang memiliki warna cerah karena sulcata sangat tergoda untuk memakan makanan yang memiliki warna cerah.

Add Comment