Memelihara Ikan Mas Koki di Rumah

Ikan adalah salah satu binatang peliharaan yang paling populer di tanah air. Selain karena harga dan biaya perawatan yang murah, makanannya pun mudah didapat dan banyak dijual di mana-mana. Ikan mas koki termasuk yang paling banyak dipelihara selain ikan-ikan lain seperti ikan koi, louhan, arwana, atau ikan air laut. Ikan yang berasal dari Tiongkok ini mudah dipelihara dimana saja dan bahkan bisa kita temui di tempat-tempat alami seperti sungai, danau, atau kolam air tawar. Warna yang indah adalah daya tarik utamanya selain tubuhnya yang kecil dan terlihat lincah saat berenang.

Ikan mas koki hanyalah salah satu dari ratusan jenis ikan mas yang bisa ditemukan di dunia. Tercatat lebih dari 500 jenis ikan mas yang telah ditemukan termasuk yang sudah sering dipelihara manusia seperti shubunkin, ryukin, black moor, panda moor, calico, dan lain-lain. Ikan-ikan tersebut memiliki berbagai macam warna menarik yang cocok untuk menghuni akuarium di dalam rumah kita. Merah, emas, merah muda, dan perunggu adalah warna-warna yang paling sering kita jumpai.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki

ikan mas koki

Gambar ikan mas koki

Memelihara ikan mas koki tidaklah terlalu sulit karena ikan ini hidup di air tawar. Meski begitu, kita tetap harus memperhatikan tata cara merawatnya agar ikan tetap sehat dan kita dapat menikmatinya lebih lama. Ikan mas jenis ini sangat sensitif dengan kandungan amonia yang berada di dalam air. Hal inilah yang sering dikeluhkan penggemar ikan hias dan menyebabkan ikan ini gampang mati. Oleh karena itu, penggantian air akuarium sangat penting untuk memastikan ikan tetap sehat. Sebaiknya air diganti minimal satu kali dalam satu minggu. Ada juga beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menetralisir kadar amonia di dalam air. Yaitu menggunakan biofiltrasi dan menumbuhkan lumut air di dalam akuarium. Lumut air juga bisa digunakan sebagai hiasan agar akuarium terlihat semakin menarik.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pemakaian gelembung udara. Ikan jenis ini sangat membutuhkan udara sehingga pemakaian air pump adalah hal yang wajib. Jangan lupa juga untuk memasang penyaring pada sirkulasi air di akuarium. Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan yang banyak membuang kotoran. Kotoran tersebutlah yang membuat kadar amonia di dalam air meningkat, untuk itu Anda juga harus rajin mengganti penyaring apabila sudah kotor. Kebersihan akuarium secara keseluruhan sangat penting untuk merawat ikan mas koki. Periksa secara teratur tingkat keasaman air menggunakan alat pengukur keasaman yang biasa dijual di toko perlengkapan akuarium.

Makanan untuk ikan mas koki sangat mudah ditemukan di toko-toko ikan hias di dekat rumah Anda. Umumnya ikan ini diberi makan pellet dengan komposisi daging dan tumbuhan. Pemberian makanan bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari. Usahakan pellet habis dalam waktu lima menit agar tidak terbuang dan malah mengotori akuarium. Untuk itu Anda harus mengetahui takaran pemberian makan yang pas atau dengan memberinya sedikit demi sedikit. Setelah semua hal pokok terpenuhi, Anda bisa memikirkan soal dekorasi agar akuarium di rumah anda terlihat semakin menarik.

Keuntungan memelihara ikan ini selain keindahannya adalah nilai jual ikan yang cukup tinggi. Anda bisa mengembangbiakkan dan menjadikannya sebagai bisnis. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa ikan mas koki dapat membawa dan melancarkan rezeki. Oleh karena itu, ikan ini sering dijadikan sebagai simbol pembawa nasib baik bagi pemeliharanya.

Add Comment