Makanan Kucing Anggora yang Tepat Sesuai Kebutuhannya

Hai semuanya…kembali lagi untuk menyempatkan diri untuk sharing disela-sela rutinitas sehari-hari. Kali ini saya ingin membahas mengenai makanan kucing anggora untuk melengkapi sesi sebelumnya, yaitu pembahasan mengenai tips cerdas dalam memilih makanan kucing persia. Mungkin yang sudah membaca artikel sebelumnya akan bertanya apakah makanan untuk kucing anggora itu berbeda dengan kucing persia atau keduanya memang memakan makanan yang sama? ok semoga menemukan jawabannya diartikel ini atau diartikel sebelumnya ya 😀

Memilih makanan untuk kucing memang agak susah apalagi yang baru saja memulai untuk memelihara kucing. Feeding / memberi makan harus hati-hati karena perut kucing itu sangatlah sensitif. Bila salah dalam memberi makan kucing, bisa-bisa kucing malah sakit perut atau diare. Sudah tahu belum tanda-tanda kucing sakit perut atau diare gara-gara salah makan? kalau saya biasanya mengamati dari pup-nya. Kucing yang tidak cocok dengan makanannya biasanya akan memiliki pup yang sangat bau dan encer.

Memilih Makanan Kucing Anggora yang Tepat

makanan kucing anggora

Memberi makan kucing anggora

Memilih makanan untuk kucing anggora tidaklah sulit, kita hanya perlu mengingat bahwa pada dasarnya kucing adalah hewan karnivora. Sebagai hewan karnivora obligat tentu saja kucing akan menyukai makanan dari daging dan mungkin tidak akan menyukai makanan dari sayuran/tumbuhan, meskipun terkadang ada beberapa kucing yang juga memakan makanan yang terbuat dari tumbuhan. Lalu makanan yang tepat untuk kucing anggora itu yang bagaimana?

Bila ingin memberikan makanan kucing anggora terbaik, Anda perlu memberikan makanan yang mengandung asam lemak, protein, asam amino dan vitamin. Berbagai asupan tersebut ada dalam daging ataupun ikan. Baik ikan, daging sapi maupun daging ayam memiliki kandungan asam amino, taurin dan argirin yang sangat bagus untuk kesehatan kucing anggora. Lalu bagaimana dengan keju? mungkin Anda telah membaca artikel sebelumnya mengenai makanan kucing persia karena keju merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh kucing persia. Untuk kucing anggora sendiri sebenarnya dia bisa menerima keju sebagai alternatif makanan selain daging dan ikan, namun kalau belum terbiasa kucing anggora seringnya perlu adaptasi terlebih dahulu.

Artikel terkait : Kucing anggora sebagai kucing peliharaan dirumah

Bila memelihara anjing dirumah, mungkin Anda berfikiran untuk memberikan makanan yang sama untuk kucing anggora. Jika hal itu ada dibenak Anda, mungkin mulai saat ini Anda harus membuang jauh pemikiran seperti itu. Diet kucing itu berbeda dengan hewan lainnya, kucing memiliki keunikan dalam hal makan jadi jangan memberi makan kucing dengan makanan anjing karena kebutuhan vitamin dan nutrisi mereka sangat berbeda.

Anda juga tidak boleh terpengaruh dengan harga makanan kucing anggora yang murah. Meskipun murah bukan berarti murahan namun Anda harus lebih mementingkan kandungan nutrisi yang dikandung makanan tersebut dibandingkan dengan harga makanan kucing tersebut.

Makanan Kucing Terbaik Berdasarkan Kandungan Nutrisi

Sebelumnya saya telah menyinggung mengenai pentingnya kita melihat kandungan nutrisi pada makanan kucing anggora jika kita menggunakan merk makanan kucing tertentu. Bagi yang lebih memilih makanan kucing yang dijual di pasaran, Anda bisa meneliti kandungan nutrisi dari makanan kucing melalui tabel nutrisi yang biasanya disertakan dalam kemasan makanan tersebut. Anda bisa membandingkan kandungan yang ada pada kemasan dengan kandungan nutrisi yang dianjurkan untuk kucing. Berikut ini anjuran asupan nutrisi yang ada dalam suatu makanan kucing :

  • Memiliki kandungan protein yang tinggi, minimal kandungannya 25%, dimana semakin tinggi kandunganya lebih baik
  • Memiliki kandungan lemak yang rendah
  • pH yang rendah
  • Memiliki kadar magnesium yang rendah
  • Mengandung taurin
  • Mengandung Asam arakidonat /arachidonic acid
  • Mengandung vitamin dan mineral (Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

Makanan Kucing Anggora Berdasarkan Umur & Kondisi

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa memberi makan kucing tidak cukup hanya menaruh makanan pada piring kemudian ditempatkan di dekat kandang kucing. Kita harus memperhatikan juga bagaimana kondisi kucing tersebut dan disesuaikan juga dengan umur kucing. Kebutuhan nutrisi kucing akan berbeda sesuai dengan umurnya. Untuk lebih jelas, berikut ini penjelasannya :

Makanan Untuk Anak kucing / Kitten

Anak kucing / kitten biasanya mudai diberi makan oleh manusia jika sudah berumur 3 – 4 minggu. Pada umur tersebut kucing belum bisa memakan makanan kering dan hanya bisa diberi makanan basah dengan bantuan manusia. Pada umur tersebut butuh kesabaran dan ketekunan ekstra dalam memberi makan kucing anggora. Kita harus menyuapi makanan dengan pipet atau sendok teh untuk menyuapi makanan pada kucing. Makanannya sendiri perlu direndam dengan air hangat agar teksturnya lembut.

Bila kucing sudah masuk usia 2 hingga 3 bulan, proporsi air dalam adonan makanan kucing bisa dikurangi untuk adaptasi biar nantinya kucing tersebut bisa makan makanan kucing kering sepenuhnya.

Makanan Kucing Dewasa Umur Diatas 1 Tahun

Asupan kalori yang dibutuhkan oleh kucing anggora dengan berat antara 4 hingga 5 kg adalah 300 kalori setiap hari. Anda bisa menggunakan makanan kucing dari merk komersial yang dijual dipasaran namun harus yang bertuliskan balanced / complete. Makanan kucing yang berlabel seperti itu biasanya telah mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang bagi kucing anggora.

Makanan Kucing Hamil atau Menyusui

Apabila memiliki kucing yang sedang hamil, maka Anda perlu memberikan makanan yang mengandung protein yang lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini diperlukan oleh kucing untuk kesehatan calon kucing yang ada dalam perut induknya maupun untuk kucing itu sendiri.

Sedangkan bila kucing sudah melahirkan dan harus menyusui anakannya, anda bisa memberikan makanan kitten untuk induk tersebut karena mengandung peotein yang tinggi. Anda juga bisa menambahkan suplemen kalsium untuk kucing yang sedang menyusui.

Baca juga : Jenis kucing peliharaan yang paling lucu dan bersahabat

Jumlah Makanan untuk Kucing Anggora

Kucing dewasa yang memiliki berar sekitar 5 kg memerlukan asupan 300 kalori tiap harinya. Anda bisa mengecek kandungan kalori pada kemasan makanan. Tentukan jumlah makanan agar mencukupi kebutuhan kalori selama satu hari, kemudian bagi jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan (2 atau 3 kali sehari). Contoh penerapannya adalah sebagai berikut :

Jumlah makanan dihitung dari berat kucing. Bila setiap hari kucing makan sekitar 2 % dari berat badannya dan berat kucing tersebut adalah 5 kg, maka makanan yang diperlukan sekitar 2 % x 5 Kg atau sekitar 100 gr /hari.

Cara Memberi Makan Kucing Anggora

Sebenarnya anda bisa memberi makan kucing dengan berbagai cara, namun tips berikut ini memberikan best pratices bagaimana cara memberi makan kucing sesuai kebutuhannya.

Makanan selalu tersedia di wadah

Menempatkan makanan pada piring akan memberikan keleluasaan bagi kucing, bila dia lapar dia bisa makan itu intinya. Cara ini sangat cocok untuk kitten / kucing yang berusia dibawah satu tahun. Kucing pada usia tersebut membutuhkan asupan protein tinggi untuk masa pertumbuhannya. Tipikal kitten yang suka bermain kemudian balik makan lagi kemudian main lagi juga menjadi faktor kenapa cara ini cocoknya untuk kitten saja.

Pola makan teratur

Cara memberi makan kucing anggora secara teratur biasanya dilakukan untuk kucing yang telah memasuki usia diatas 1 tahun. Pada usia tersebut biasanya kucing sudah memiliki kebiasaan yang selalu diingat kucing. Anda bisa memberi makan 2 hingga 3 kali sahari dan kalau saya biasanya memberikan makanan pada pagi dan sore hari saja.

Oiya perlu diingat juga bahwa selain memberi makan kita juga harus memberi minuman untuk kucing anggora. Lebih baik kita selalu menyediakan minum didekat kandang kucing biar sewaktu-waktu kucing haus dia bisa minum sendiri.

Demikian sesi sharing pada hari ini, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan yang lebih jauh mengenai makanan kucing anggora dan bagaimana kita menyajikan makanan tersebut untuk kucing kesayangan kita, semoga bermanfaat.

Add Comment