Yakin Sudah Tahu Makanan Kesukaan Lovebird?

Bagi yang sudah memelihara burung lovebird di rumah, sudah tahu belum makanan kesukaan lovebird itu apa saja? Bagi yang belum tahu khususnya para pemula, jangan khawatir karena melalui artikel ini kita akan bahas apa saja makanan yang disukai oleh lovebird yang tentu saja tetap menjaga kualitas asupan kebutuhan gizi.

Lovebird adalah burung yang termasuk dalam genus Agapornis. Ini adalah jenis paruh bengkok yang memiliki kicauan yang indah baik secara alami maupun setelah dimaster oleh para kicau mania. Kicauan lovebird membuat banyak cerita sukses penghobi burung, hal ini karena banyaknya perlombaan dan kompetisi yang melombakan kicauan lovebird.

makanan kesukaan lovebird

Dibalik Kicau yang Merdu Terdapat Makanan yang Tepat

Sudah jadi rahasia umum jika suara lovebird ngekek panjang itu dihasilkan dari ramuan rahasia para pemilik lovebird yang memiliki racikan makanan kesukaan lovebird yang lain daripada yang lain. Banyak penghobi lovebird melakukan diet khusus untuk makanan lovebird lomba yang ditambah dengan vitamin yang membuat suara lovebird makin jos.

Di kehidupan alami, lovebird adalah burung yang suka makan biji-bijian, buah dan berbagai jenis sayuran. Kita cukup menyesuaikan saja seperti apa yang biasa dimakan oleh lovebird di alam bebas sana. Hanya saja kita perlu memilah beberapa jenis makanan yang bisa membahayakan lovebird. Contoh makanan yang membahayakan lovebird diantaranya:

  • Makanan yang banyak mengandung gula
  • Makanan dengan kadar minyak yang tinggi
  • Makanan cepat saji
  • Buah alpukat
  • Biji kopi ataupun bubuk kopi
  • Susu
  • Teh

Beberapa jenis makanan seperti teh, susu, kopi dan alpukat mungkin sangat baik untuk kesehatan manusia, namun makanan tersebut bisa sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh burung lovebird.

Jenis Makanan Kesukaan Lovebird

Memberi makanan kesukaan lovebird sama saja dengan menjaga aset burung yang kita pelihara. Ini adalah komitmen bersama ketika kita sudah memutuskan untuk memelihara burung. Semakin sesuai makanan yang kita berikan kemungkinan memiliki lovebird dengan kualitas baik akan semakin besar.

Burung lovebird menyukai berbagai jenis makanan hijau dan buah-buahan. Mereka juga senang makan cacing, belatung, jangkrik dan seranggga yang biasanya hidup di tanaman hijau. Milet, canary seed, kedelai, wijen, jintan, beras merah adalah makanan kesukaan lovebird yang berasal dari biji-bijian. Biji bunga matahari/kuaci juga merupakan makanan yang disukai lovebird, namun sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan kuaci karena lovebird pasti akan mengabaikan makanan lain ketika sudah menemui kuaci. Itu bisa berakibat buruk karena komposisi makanan yang tidak sesuai membuat ketidakseimbangan dalam makanan harian lovebird.

Sedangkan dari sayuran, lovebird akan menyukai beberapa jenis sayuran seperti kacang polong hijau, tomat, jagung muda, wortel, bayam, kecambah, brokolo, timun, selada air, bit merah, lobak dan kangkung. Khusus kangkung, sebaiknya jangan diberikan pada lovebird yang sedang bertelur karena kangkung merupakan makanan lovebird biar cepat birahi.

Sedangkan makanan kesukaan lovebird yang berasal dari buah-buahan bisa berasal dari buah apel, pisang, pir, stroberi, anggur, kiwi, jeruk, buah ara dan melon. Buah-buahan tersebut selain memiliki banyak manfaat, juga aman untuk diberikan pada lovebird asalkan tidak berlebihan.

Untuk porsinya sendiri bisa sesuai dengan kebutuhan. Lovebird penangkaran mungkin akan memiliki kebutuhan makanan yang berbeda dibandingkan lovebird untuk lomba. Lovebird untuk lomba mungkin juga memiliki makanan kesukaan lovebird yang berbeda dibandingkan lovebird peliharaan biasa.

3 Comments

  1. Raihan July 4, 2017
    • sibhe7 July 5, 2017
      • Raihan July 6, 2017

Add Comment