Makanan Ikan Arwana Yang Tidak Mengotori Aquarium

Tidak hanya manusia, ikan juga menjadikan makanan sebagai kebutuhan pokok untuk kehidupannya. Selain untuk pertumbuhan, makanan juga berperan penting untuk pembentukan warna ikan arwana. Kita tidak boleh sembarangan memilih makanan ikan arwana. Meskipun arwana tipe ikan pemakan apa saja, kita perlu memperhatikan setiap kandungan yang dimiliki oleh makanan tersebut dan apa manfaat makanan tersebut untuk ikan kita. Jangan hanya memeberi makan gitu aja, soalnya kalau sembarangan nanti ikannya tidak sehat dan kondisi aquarium bisa cepat kotor.

Ikan arwana Asia merupakan jenis yang paling banyak permintaannya. Ikan yang habitatnya berada di wilayah air tawar Asia ini memiliki warna khas yang mencolok. Perairan tawar Indonesia juga termasuk habitat yang cocok untuk ikan ini, khususnya di daerah Kalimantan Barat. Meskipun ikan ini banyak di Indonesia, namun harganya masih tetap mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Pesona dan kepercayaan beberapa orang bahwa ikan ini bisa membawa hoki mungkin jadi salah satu faktor mengapa ikan ini banyak peminatnya.

Baca juga : 9 Jenis ikan arwana terbaik dari 4 benua berbeda.

gambar ikan arwana

Gambar ikan arwana

Makanan Ikan Arwana Terbaik Agar Cepat Besar

Bila anda ingin ikan anda tumbuh dengan baik dan kesehatannya selalu terjaga, berikut tips dari kami bagaimana memilih jenis makanan ikan arwana yang tepat dan sesuai kebutuhan. Makanan-makanan ini juga tidak terlalu mengotori aquarium anda bila dibandingkan dengan jenis makanan ikan lainnya. Tak lupa juga kami ingin menyampaikan bahwa pertumbuhan ikan ini juga akan berpengaruh pada kualitas warna ikan tersebut, apalagi untuk anakan ikan arwana. Menurut data yang kami dapatkan hampir 80% faktor warna dipengaruhi oleh strain indukannya. Jadi pilihlah makanan arwana berikut ini:

Jangkrik

Jangkrik adalah makanan favorit ikan arwana. Jangkrik kaya akan sumber protein, vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan ikan arwana. Untuk makanan ikan arwana, pastikan anda membeli jangkrik dari peternak saja dan usahakan jangan mencari sendiri jangkrik tersebut. Hal ini untuk menjaga adanya jangkrik liar yang terkontaminasi dengan pestisida karena kehidupan liarnya. Anda juga tidak perlu menyimpan terlalu banyak jangkrik dirumah anda, karena hdiup jangkrik sangat pendek ( biasanya cuma 40 hingga 49 hari).

Tips selanjutnya anda bisa memberi makan wortel pada jangkrik sebelum jangkrik tersebut menjadi santapan ikan arwana. Wortel memiliki kandungan karoten yang bertindak sebagai vitamin A dan nantinya akan memberikan warna oranye atau merah pada arwana jika jangkrik sudah dimakannya. Anda juga tidak perlu memotong kaki jangkrik, biarkan utuh karena arwana sangat menyukai seluruh bagian jagkrik.

Udang

Sama halnya dengan jangkrik, udang merupakan makanan ikan arwana yang memiliki banyak manfaat. Udang juga sangat disarankan sebagai makanan pokok arwana yang masih kecil. Agar aquarium tidak kotor karena sisa udang, sebaiknya ada memberi udang ke arwana sedikit demi sedikit saja tapi rutin. Hal ini agar arwana tidak gagal fokus pada satu udang melainkan banyak udang yang pada akhirnya udang tidak dihabiskan dengan membuat aquarium sedikit kotor. Udang fresh lebih baik, namun udang beku juga bisa digunakan sebagai makanan arwana.

Belatung

Mungkin anda agak jijik dengan belatung, namun arwana sangat menyukainya. Anda sangat disarankan untuk memberi makan arwana berupa belatung kering dibandingkan dengan belatung yang basah. Hal ini karena belatung kering lebih aktif dan masih memiliki kandungan protein yang tinggi, sedangkan belatung basah biasanya sudah mati dan berkurang kandungan proteinnya.

Anda juga bisa mencampur belatung dengan pelet, sayuran, wortel dan beberapa vitamin yang dicetak pada cetakan sebelum diberikan kepada arwana. Campuran bahan tersebut merupakan makanan ikan arwana yang kaya akan protein dan membantu pertumbuhan arwana.

Katak

Dalam habitat aslinya, arwana menjadikan katak kecil sebagai makanan yang bisa disantapnya ketika sedang lapar. Kemampuan melompat memudahkan arwana untuk menyerbu katak-katak kecil yang suka berenang. Yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan katak sebagai makanan ikan arwana, anda perlu mengkarantina katak tersebut selama seminggu agar tidak ada parasit yang masih menempel pada tubuh katak. Parasit tersebut bila dibiarkan bisa membuat arwana kita terinfeksi penyakit.

Kecoa

Salah satu jenis hewan yang paling dibenci terutama oleh para perempuan. Sayangnya ikan arwana menyukainya sehingga kalau anda ingin mendapatkan ikan arwana yang cepat besar, gunakanlah kecoa. Kecoa yang digunakan sebaiknya kecoa yang dari peternak bukan kecoa liar. Hal ini untuk menghindari kontaminasi insektisida yang membahayakan arwana kita.

Ikan Kecil

Ikan kecil atau yang biasa disebut dengan ikan pengumpan juga cocok untuk makanan ikan arwana. Ikan ini memiliki banyak kandungan protein yang bagus untuk perkembangan ikan kita. Ikan-ikan kecil ini juga termasuk bahan makanan yang mudah untuk didapatkan, baik nyari sendiri atau ke peternak ikan kecil.

Cara Memberi Makan Ikan Arwana

Setelah membahas mengenai makanan ikan arwana, saatnya tim satwapedia memberikan tips bagaimana cara memberi makan ikan arwana yang baik dan benar. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengenali jenis ikan yang ada di aquarium anda. Pemberian makan arwana kecil pasti berbeda dengan memberi makan arwana dewasa. Ikan kecil lebih banyak makan dibandingkan dengan ikan dewasa. Di masa pertumbuhannya dia akan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan ikan yang sudah dewasa.

Untuk ikan kecil yang ukurannya masih dibawah 10 inci, anda perlu memberi makan setidaknya 2 hingga 3 kali sehari. baru setelah tubuhnya lebih dari 30 inci anda bisa menguranginya hingga 1 kali sehari saja makannya. Untuk ikan dewasa anda tidak perlu memberikan makanan setiap hari. Justru dengan memberikan makan setiap hari makanan tersebut tidak 100% dimakannya, mungkin hanya 70% saja dan sisanya akan sia-sia. Lebih baik biarkan arwana merasa lapar hingga nafsu makannya meningkat, misalnya beri makan dia 2 hari sekali. Anda juga sangat disarankan untuk menjaring sisa-sisa makanan yang tidak dihabiskan oleh arwana agar tidak membusuj dan mengotori air aquarium.

Itu dia tips yang bisa anda terapkan dalam memberi makan dan menjaga agar aquarium yang kita miliki tidak cepat kotor. Bagaimanapun juga aquarium yang kotor tidak sedap untuk dipandang dan tidak baik untuk kesehatan ikan arwana kita. Bagi yang memiliki arwana super red maupun golden red, pilihlah makanan ikan arwana yang telah kami sebutkan diatas, semoga warna merah ikan anda menjadi lebih baik dan fresh.

2 Comments

  1. haris January 10, 2017
  2. Yudi May 29, 2017

Add Comment