Macam-Macam Kucing Untuk Peliharaan Di Rumah

Bagi pecinta kucing, memiliki macam-macam kucing dirumah menjadi hobi yang mengasyikan. Kucing dari beberapa jenis ras memiliki keunikan sendiri-sendiri jadi pemiliknya menjadi terhibur karena keanekaragaman tersebut. Kucing ini mungkin tidak bisa begini tapi bisa begitu, yang satunya bisa begitu namun tidak bisa begini, pokoknya mereka saling melengkapi satu sama lain. Meskipun tidak semua kucing bisa disatukan dengan mudah namun sebagian jenis kucing bisa langsung beradaptasi dengan kucing lain dalam waktu yang relatif singkat.

Dari bermacam-macam kucing yang ada, kami melihat bahwa jenis kucing persia merupakan kucing yang paling disukai oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Data yang kami peroleh dari Google Trend menyebutkan bahwa kucing Persia masih menungguli popularitas kucing anggora dan jenis-jenis kucing lainnya. Lalu bagaimana dengan status kucing pribumi, apakah mereka tergerus oleh popularitas kucing impor? yuk kita bahas selengkapnya disini.

Macam-Macam Kucing Sebagai Kucing Peliharaan

macam-macam kucing

Kucing lucu

Setiap kucing mempunyai kepribadian masing-masing. Ada kucing yang aktif dan ada juga kucing yang sok cool, atau lebih pendiam. Kucing juga bisa dibedakan dari corak dan bulunya, ada juga yang dibedakan karena negara asal, dan ada pula yang dibedakan berdasarkan ukurannya.

Macam-macam kucing tersebut selalu memberi sesuatu yang berbeda dan pantas untuk kita rawat sehari-hari. Berhubung ada beberapa jenis kucing yang masuk dalam kategori liar, kali ini kami hanya ingin memberikan gambaran kucing yang bisa dipelihara dirumah atau yang biasa disebut dengan kucing peliharaan. Adapun beberapa macam kucing peliharaan tersebut adalah:

Kucing Persia

Kucing Persia terbilang memiliki wajah yang futuristik. Kucing ini memiliki wajah yang kesemuanya hampir bulat ditambah dengan hidung pesek. Mungkin ada juga orang yang menyebutnya sebagai boneka / doll-faced cat. Beberapa waktu lalu saya telah membuat artikel mengenai alasan kucing persia menjadi kucing peliharaan di Indonesia.

Secara umum kucing persia yang berasal dari Iran ini memiliki kepribadian yang menarik, mudah beradaptasi, memiliki kecerdasan yang bagus dan tentu saja lucu. Kami tim satwapedia juga telah membuat ulasan profil kucing persia yang bisa Anda baca-baca nanti setelah menyelesaikan artikel ini hehehe.

Kucing Anggora

Mungkin bagi beberapa umat Islam telah mengetahui bahwa kucing Nabi Muhammad SAW juga termasuk dalam ras kucing anggora. Kucing yang diberi nama Muezza merupakan kucing kesayangan kanjeng Nabi.

Kucing anggora memang spesial, kucing yang berasal dari Turki ini memiliki banyak keunikan, diantaranya telinga yang menyerupai bentuk segitiga dan menjalar keatas, warna mata yang berbeda kuning dan biru, bulu kucing yang putih bersih. Kucing anggora termasuk salah satu dari macam-macam kucing yang bagus untuk dipelihara dirumah. Untuk lebih jelasnya tim satwapedia telah membuat halaman khusus yang mengupas tuntas profil kucing anggora.

Kucing Kampung

Siapa yang mengira bahwa kucing kampung termasuk kucing yang direkomendasikan oleh situs cattime sebagai salah satu kucing yang baik untuk dipelihara. Kucing kampung masuk dalam deretan macam-macam kucing peliharaan yang memiliki kepribadian yang baik dan mudah beradaptasi dengan anggota keluarga.

Diluaran sana, kucing kampung memiliki sebutan javanese cat dan disebut-sebut miliki kesamaan dengan kucing siam bila dilihat dari bulunya. Kucing ini juga dikenal memiliki kesamaan corak bulu dengan kucing bali. Faktor kedekatan geografis menjadi faktor penyebab kedekatan antar keduanya.

Balinese Cat

Salah satu produk pribumi yang masuk dalam jajaran macam-macam kucing peliharaan versi cattime. Ia adalah balinese cat. Balinese cat merupakan kucing aktif dan banyak orang yang mengkaitkan kucing ini dengan penari Bali karena gerakannya yang kadang menyerupai gerakan para penari di Bali. Meskipun begitu kucing ini bukanlah kucing yang berasal dari Bali, namun dari Amerika Serikat.

Secara umum kucing ini identik dengan tubuh kucing siam, namun bulunya mirip dengan bulu persia. Bila ingin menambah koleksi kucing dirumah, tidak ada salahnya Anda memilih kucing ini.

Kucing Exotic Shorthair

Bila membutuhkan pendamping yang setia untuk diajak jalan-jalan, mungkin Anda perlu memelihara kucing exotic shorthair. Dikala orang lain tidak peduli dengan Anda, kucing ini akan selalu setia menemani.

Kucing exotic tergolong sebagai salah satu dari beberapa macam-macam kucing yang setia terhadap pemiliknya. Meskipun pada awalnya dia akan sungkan terhadap pemiliknya namun lambat laun dia akan menunjukkan bahwa dia adalah kucing yang paling setia, akrab dan lucu.

Kucing Maine Coon

Kucing ini dulu disebut-sebut sebagai hasil hubungan gelap antara kucing liar dan rakun. Mitos itupun banyak disangkal oleh banyak orang karena kepribadian yang dimilikinya sangat jauh berbeda. Biarkan asal-usul kucing ini menjadi misteri, yang paling penting kucing ini tergolong sebagai kucing peliharaan yang lucu dan pintar. Kucing Maine coon memiliki kesigapan yang baik sehingga ketika diajak bermain bola, kucing ini akan sangat aktif.

Macam-Macam Kucing Persia

Berhubung kucing persia masih menjadi idola para pecinta kucing, kami ingin meng-endorse jenis kucing ini dengan memberikan pembahasan mengenai macam-macam kucing persia yang bisa Anda pelihara dirumah. Kucing persia tergolong sebagai kucing ras yang asli, namun dia memiliki beberapa turunan yang diperoleh dari usaha para peternak yang melakukan mutasi genetika dengan jenis kucing lain untuk menghasilkan varian kucing yang memiliki gabungan dengan jenis kucing lain. Adapaun beberapa jenis kucing persia yang terkenal di Indonesia adalah :

Kucing persia peaknose saat ini menjadi kucing persia yang paling mahal. Kami tidak menyarankan kucing ini untuk pemula karena membutuhkan perawatan yang ekstra. Untuk mengetahui lebih detail mengenai macam-macam kucing persia, silahkan merujuk ke halaman khusus yang menbahas jenis-jenis kucing persia.

Artikel terkait : Ciri-ciri kucing persia asli

Sampai disini dulu pembahasan pada artikel ini. Semoga yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda, baik yang sudah menjadi pecinta kucing atau baru mau memulai memelihara kucing di rumah. Harapan kami, artikel ini bisa menjadi referensi mengenai macam-macam kucing yang bisa Anda pelihara di rumah.

2 Comments

  1. hendri July 5, 2017
    • sibhe7 July 5, 2017

Add Comment