Lovebird Ngekek Panjang,Bagaimana Melatihnya?

Memiliki lovebird ngekek panjang adalah cita-cita semua pecinta lovebird. Burung lovebird memiliki kemampuan mengeluarkan suara dengan irama dan nada yang tinggi seperti suara tembakan tanpa jeda. Tanpa jeda ini maksudnya dalam sekali bersuara, bunyinya bisa stabil tanpa henti hingga 30 detik. Suara inilah yang disebut dengan ngekek panjang.

Bila berbicara mengenai suara ngekek panjang, lovebird kusumo adalah contoh paling terkenal di kalangan para pecinta burung. Lovebird kusumo bisa ngekek hingga 3 menit. Lovebird milik Mas Sigit WMP dari Klaten ini telah memenangi berbagai macam perlombaan. Nama mas Sigit pun akhirnya menjadi kondang berkat burung “Ki Kusumo” yang dulunya agak liar karena sering nglabrak dan ngeruji ketika dideketin orang. Berkat keuletan Mas Sigit akhirnya lovebird kusumo meraih banyak prestasi.

gambar lovebird ngekek panjang

gambar lovebird ngekek panjang

Suara Lovebird Ngekek Panjang

Bagi yang belum pernah mendengar suara ngekek panjang. Berikut ini satwapedia berikan contoh bagaimana lovebird memiliki kemampuan kicauan yang menarik. Anda juga bisa menggunakan suara ini untuk memaster lovebird di rumah. Dengan pancingan suara masteran lovebird ngekek panjang ini biasanya dapat menstimulasi burung Anda untuk mulai berkicau.

Suara lovebird ngekek 1 menit

Download suara lovebird ngekek 1 menit | Download

Suara lovebird ngekek super panjang

Download suara lovebird ngekek super panjang | Download

Bagaimana sudah mendengarkan suara lovebird ngekek panjang? Menarik bukan? Itulah kemampuan lovebird yang membuatnya memiliki banyak peminat terutama pada kicau mania. Semoga setelah mendengarkan suara-suara diatas akan membuat Anda termotivasi dalam melatih dan memaster lovebird tercinta.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Sebelum jauh melangkah perlu Anda ketahui jika ada dua faktor yang mempengaruhi kemampuan ngekek panjang lovebird. Kedua faktor tersebut adalah faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Bila kita bisa memilih bibit lovebird untuk di master berdasarkan keunggulan genetika maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah. Lovebird dengan gen kualitas baik akan memiliki performa yang bagus dengan usaha yang minimal. Meskipun begitu, mengetahui burung yang memiliki DNA juara juga tidak mudah karena perlu uji DNA dan RNA, yang kita sendiri tidak tahu bagaimana prosesnya. Tapi kita tetep bisa mengamati kondisi bulu, suara dan tingkah lakunya dipenangkaran.

Faktor lingkungan berupa manajemen pemerian pakan, perawatan dan kebersihan kandang. Jika kita kesulitan menemukan faktor keturunan, kita bisa gembleng di faktor lingkungan ini. Peningkatan mutu kualitas perawatan dan manajemen pakan akan meningkatkan kualitas suara burung lovebird. Adapun usaha di faktor lingkungan meliputi:

Kebersihan Kandang

Sebaiknya menggunakan kandang yang terbuat dari logam untuk kandang lovebird, walaupun jika tidak ada juga tidak masalah kalau pakai kandang kayu. Kandang biasanya berbentuk bulat dengan diameter 30 hingga 40 cm atau berbentuk kotak dengan ukuran 25 x 35 x 40 cm.

Pasang juga tangkringan dari kayu yang tidak tajam dengan diameter sekitar 1 cm agar cengkeraman kaki lovebird bisa pas. Pilihlah kandang yang mudah untuk dibersihkan kotorannya karena ini sangat berpengaruh pada psikologis lovebird kita. Usahakan untuk membersihkan kotoran setiap pagi atau saat proses pemandian lovebird.

Manajemen Pakan Lovebird

Untuk membuat lovebird ngekek panjang, kita harus memiliki manajemen pakan yang baik. Rutinlah memberikan pakan harian sesuai jadwal dan usahakan selalu konstan di jam tertentu saja. Gunakan milet putih, canary seed dan beras merah untuk makanan pokok. Gunakan perbandingan 5:2:1(milet putih:beras merah: canary seed).

Bila ingin menggunakan extra fooding seperti voer, jagung muda ataupun kangkung, usahakan buat jadwal teratur. Misalnya memberikan jagung sebelum hari perlombaan. Jika lomba diadakan hari Minggu maka jagung muda diberikan pada hari Sabtu. Jagung muda adalah sumber karbohidrat dan protein yang bisa membuat lovebird ngekek panjang. Kalau untuk kangkung, biasanya diberikan setelah hari perlombaan. Misalnya hari Senin dan Kamis yang berguna untuk recovery setelah ikut lomba.

Perawatan Lovebird Agar Ngekek Panjang

Makanan dan kebersihan kandang kadang tidak cukup untuk membuat lovebird kita bisa memiliki suara ngekek panjang. Kita masih memerlukan perawatan sederhana yang membuat lovebird menjadi lebih nyaman dan sehat.

Perawatan lovebird dapat dimulai pada jam 7 pagi dengan kita memandikan lovebird hingga basah kuyup. Memandikannya bisa dengan di semprot atau dimandikan dengan kran, yang penting menggunakan cara yang biasanya digunakan. Setelah mandi basah kuyup, lovebird kemudian dijemur pokoknya lebih dari 30 menit. Setelah cukup menjemurnya, lovebird kemudian diteduhkan di tempat yang sejuk dan berangin. Disaat itulah kita bisa memaster burung dengan menyetel kaset suara masteran. Dengen membiasakan mendengar suara lovebird ngekek panjang tadi, burung akan termotivasi untuk mengeluarkan kemampuan berkicaunya.

Add Comment