Kucing Persia Medium, Lebih Mancung, Murah dan Mudah Dipelihara

Kucing persia medium merupakan salah satu dari empat jenis kucing persia yang lazim ditemukan di Indonesia. Saya pernah membahas beberapa jenis kucing persia lain di artikel berikut. Bagi temen-temen yang belum tahu pada bedanya jenis-jenis persia, saya sarankan untuk merujuk artikel tersebut biar tidak salah asuh maupun salah beli.

Keempat jenis tersebut tentu saja memiliki karakteristik masing-masing, lha wong kembar aja kadang beda kok apalagi ini udah lain jenis. Menurut survey yang saya lakukan sendiri tanpa berada dibawah tekanan ataupun pengawasan badan survey nasional saya bisa mengatakan bahwa sebenarnya yang persia medium ini penggemarnya masih kalah dengan persia peaknose maupun flatnose. Tapi meskipun begitu jumlahnya tidak sedikit kok, jadi tenang saja jika ada masalah tertentu dengan persia medium kamu, silahkan tayakan pada teman-teman yang sudah bergabung dengan fanspage satwapedia.com. Ingat Kamu juga harus bergabung lho!

Sebelum jauh membahas ke yang spesifik, kita lihat dulu foto kucing Persia medium. Ibarat tak kenal maka tak sayang, ciiaat. Kan pandangan pertama / first impression itu menentukan hubungan kedepannya. Jika kamu sudah jatuh cinta pada pandangan pertama, otomatis kedepannya kamu akan dengan tulus merawat dan mencintai Persia medium mu. Ini dia foto yang saya janjikan untuk kamu.

gambar kucing persia medium diantara jenis-jenis kucing persia

Kece kan? yang namanya kucing persia memang tidak ada matinya. Mau itu Persia flatnose, peaknose, himalaya mapun persia medium yang saat ini sedang kita bahas bersama. Mungkin nanti akan saya tambahi beberapa gambar kucing persia medium biar kamu tambah cinta dengan kucing jenis ini.

Asal-Usul Kucing Persia Medium

Selayaknya beberapa jenis kucing yang pernah saya bahas, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas mengenai asal-usul kucing ini. Kita perlu tahu dong kucing yang selama ini kita jadikan teman hidup sahabat sejati itu awalnya darimana. Ibarat jodoh kita perlu bibit, bebet dan bobot-nya.

gambar kucing persia medium

Sayangnya tidak semudah itu kita melacak siapa bapak dan siapa ibu kandung dari kucing ini karena persia medium merupakan hasil kawin silang. Yang pasti ada gen dari kucing persia yang berasal dari Persia ini, kalau sekarang kita kenalnya dengan Negara Iran. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, kucing persia medium itu berawal dari hubungan gelap kawin silang antara kucing persia dengan kucing yang memiliki hidung mancung seperti kucing lokal maupun kucing ras lainnya. Saya tidak mendapatkan informasi secara pasti jenis ras kucing yag digunakan, Karena katanya tiap peternak beda-beda indukannya.

Jenis Kucing Persia Medium

Asal-usul persia medium udah kita bahas, selanjutnya adalah membahas jenisnya. Saya bahas yang lazim diperbicarakan saja ya, ada dua yang sering disebut sebagai jenis persia medium yang berbeda. Yaitu short hair dan long hair. Pasti udah bisa ditebak perbedaannya ada dimana? yaps… betul ada pada panjang-pendeknya bulu yang dimiliki.

Kucing Persia Medium Long Hair

Nah disini baru ketahuan mengapa asal-usul kucing persia itu macem-macem, yang namanya bulu panjang-pendek aja bisa menjadi ciri khas sendiri. Long hair merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dengan ras lain yang memiliki bulu yang panjang dan lebat.

Kucing Persia Medium Short Hair

Ibaratnya kita sedang kembali ke pelajaran anonim, hehehe. Anonim dari long apa hayo, yaps… betul sekali yaitu short atau pendek. Kalau long hair bulunya panjang nan lebat maka kalau short hair maka bulunya pendek. Dah itu aja perbedaannya, perbedaannya tersebut dihasilkan dari indukan saat melakukan kawin silang berbeda.

foto kucing persia medium

Ciri Fisik Kucing Persia Medium

Pertama yang perlu kamu perhatikan adalah bagian hidungnya. Kehadiran persia medium didasari oleh keinginan ‘segelintir’ penghobi yang ingin mendapatkan keunggulan lain dari persia selain hidungnya. Kenapa ada orang yang tidak menginginkan hidung persia yang seksi itu? Simpel aja, kadang butuh tenaga ekstra untuk merawat kucing persia yang pesek.

Ada juga perternak yang ingin mendapatkan keindahan persia dengan tetap memiliki kemampuan beradaptasi seperti kucing lokal. Perbedaan lainnya tentu saja pada harga yang dimiliki keduanya. Harga kucing persia medium lebih bersahabat dengan dompet, terutama bagi mahasiswa yang harus rela berbagi uang saku untuk bayar kuliah dan merawat kucing.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia yang Tepat

Harga Kucing Persia Medium

Sudah saya singgung diatas tadi bahwa harga kucing persia medium itu lebih murah dibandingkan dengan kucing persia asli. Dari petualangan jalan-jalan di pasar hewan Jogja, kenal lah pasty namanya. Harga Persia medium ini cukup beragam, kisarannya adalah 300 ribu hingga 800 untuk anak kucing persia medium.

Untuk dewasa harganya antara 1 juta rupiah hingga 5 juta rupiah. TOS harga yang saya cantumkan adalah hasil dari bertanya pada penjual. Harga tersebut mungkin akan berbeda untuk kota lain dan mungkin berbeda juga kalau indukan yang digunakan untuk menghasilkan persia medium termasuk yang premium atau kucing ras asli. Harga untuk hewan peliharaan kan kadang emang gitu, beda penjual beda harga, beda hari beda harga. Senin harga naik mungkin… hahaha

Makanan Kucing Persia Medium

Pada dasarnya makanan kucing persia medium hampir sama dengan kucing persia asli. Kan mereka sama-sama karnivora maka ya suka daging dan makanan berprotein tinggi. Pembahasan lebih lengkapnya bisa kamu pelajari dihalaman rekomendasi makanan kucing persia.

makanan kucing persia medium

Satu lagi mungkin kalau yang hasil perkawinan dengan kucing kampung maka selera makan dia juga kadang mirip dengan kucing kampung. Maka sesekali bisa diselingi dengan makanan raw buatan sendiri yang terbuat dari daging ayam atau sejenisnya. Tidak melulu menggunakan makanan ber-merk yang dijual di petshop.

Demikian pembahasan mengenai kucing persia medium, mungkin bisa dikatakan sharing untuk pemula karena kucing ini biasanya direkomendasikan untuk dipelihara pemula karena rawatannya tidak ribet dan mudah beradaptasi dengan pemula dibandingkan dengan persia lainnya.

Kurang lebihnya mohon maaf, saya juga manusia biasa yang kadang juga ada salahnya. Koreksi yang membangun akan saya terima dengan senang hati. Gunakanlah kolom komentar untuk bertukar pikiran dan membantu sesama pecinta kucing persia medium!

Add Comment