Kucing Maine Coon (Ciri-ciri, Harga, Makanan)

Kucing maine coon adalah salah satu jenis kucing ras yang diminati oleh pecinta kucing. Meskipun di Indonesia popularitasnya masih kalah dengan persia ataupun anggora, namun kucing ini memiliki basis pecintanya sendiri. Selain pesonanya, mitos asal-usul kucing ini juga dikenal luas sebagai daya tarik tersendiri.

Maine coon dikenal berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Kucing ini merupakan keturunan kucing alami tertua di Amerika Utara. Dulu ada mitos yang menyatakan bahwa maince coon merupakan hasil perkawinan silang antara kucing domestik semi-liar dengan rakun. Mitos itu dipercaya karena pada warna dan ekor yang dimiliki oleh kucing ini mirip dengan apa yang dimiliki rakun. Tapi pendapat tersebut mendapat bantahan karena dianggap mustahil secara biologis.

gambar kucing maine coon

Gambar kucing maine coon

Ciri-Ciri Kucing Maine Coon

Secara garis besar, maine coon merupakan kucing yang berukuran besar dengan berbagai pilihan warna dan pola bulu yang ada ditubuhnya. Kucing ini juga memiliki fisik yang kuat, sehat dan cocok dijadikan sebagai kucing peliharaan seperti halnya kucing domestik lainnya. Adapun ciri-ciri kucing maine coon yang bisa kita kenali yaitu:

Postur Tubuh

Maine coon adalah kucing yang bertulang kuat dan terlihat sangat berotot. Ini menandakan bahwa dia merupakan kucing outdoor dengan segala kekuatannya. Tubuh besar dan berotot dengan dada yang luas. Kucing ini memiliki punggung yang panjang dan kaki yang besar. Berat kucing jantan dewasa bisa lebih dari 6 kg, sedangkan maine coon betina memiliki berat 3-6kg.

Bagian Kepala

Jika kita mengatami bagian kepalanya, kepala kucing ini sedikit lebih panjang daripada lebar. Maine coon memiliki moncong persegi dengan dagu yang tegas. Bagian bibir atas dan kulit hidung berada pada satu garis vertikal yang sama.

Telinganya juga besar dan tumbuh tinggi dan lebar, dengan ujung yang meruncing. Matanya ada yang agak lonjong dan adajuga yang bulat, warna matanya bisa hijau, emas, tembaga atau warna mata beruang yang sangat kontras dengan warna bulunya.

Bagian Kaki

Kaki kucing maine coon sangat kuat dan lumayan panjang dengan diselimuti bulu yang lumayan lebat. Kekuatan kaki yang berotot membuat kucing ini layak dijadikan sebagai kucing outdoor yang gagah.

Bulu dan Ekor

Ekor maine coon itu lumayan panjang, memanjang ke belakang dan mengecil pada bagian ujungnya. Bisa dibilang ekornya mirip seperti ekor rakun. Bulunya cukup lebat dan menutupi seluruh tubuh kucing ini. Warna bulunya biasanya putih, hita, biru, merah, krem, coklat, silver, dan emas. Bulu tersebut biasanya bercorak walaupun kadang ada juga yang tidak bercorak. Coraknya biasanya smoke, shaded, tabby, bicolor, dan tricolor.

Umur Kucing Maine Coon

Kucing ini biasanya mampu bertahan hidup antara 9 hingga 13 tahun tergantung pada perawatan yang dimilikinya. Kucing ini tergolong perlu banyak perawatan karena bertipe kucing outdoor jadi banyak kegiatan yang dilakukan di luar rumah sehingga rawan terkena bakteri.

Kepribadian

Meskipun pawakan atau mitosnya yang sangar, kenyataannya maine coon adalah kucing yang manis dan lembut. Dia mencintai pemiliknya dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan apapun selama ia memiliki beberapa ruang latihan. Ketika dia berjalan, dia terlihat cukup keras tapi lembut dengan suara yang tenang, bisa diibaratkan dia itu mirip singa dari fisiknya tapi berkepribadian kucing lucu.

Harga Kucing Maine Coon

Bagi penghobi mungkin memelihara maine coon merupakan hobby yang mahal, tapi yang namanya hobi harga berapapun pasti akan dibayar. Sedangkan bagi breeder tentu saja merupakan sebuah investasi yang menguntungkan karena harga jual kucing maine coon cukup tinggi.

Harga anak maine coon asli yang berusia 3 hingga 4 bulan bisa mencapai 8 hingga 10 juta rupiah, sedangkan yang sudah dewasa bisa diatas 10 juta. Sedangkan untuk maine coon yang berasal dari kawin silang dengan ras lain biasanya di harga 1 hingga 2 juta. Harga tersebut bukanlah harga pasti karena setiap penjual menginginkan harga jual kucing maine coon yang tertinggi dan bisa berubah-ubah setiap waktu.

Makanan Kucing Maine Coon

Sebenarnya maine coon tidak memerlukan diet khusus dalam makanannya. Dia seperti kucing besar lainnya yang secara alami membutuhkan makanan yang mengandung banyak energi karena sifatnya yang selalu aktif bergerak.

Makanan kucing maine coon lebih baik menggunakan makanan kering berkualitas tinggi yang tersedia di petshop atau supermarket, kemudian bisa diselingi makanan basah 2–3 kali dalam seminggu. Makanan kering akan melatih gigi-giginya agar selalu aktif. Makanan jenis ini juga dapat mengurangi timbulnya tartar pada gigi.

Artikel Terkait: Makanan kucing berbahaya yang perlu dihindari.

Kita lebih baik menghindari ikan tuna sebagai makanan kucing maine coon. Kandungan merkuri pada ikan tuna akan membahayakannya, lebih baik menggunakan ikan kecil seperti ikan sarder untuk kucing ini. Kita juga sebaiknya menghindari makanan yang berasal dari gandum atau biji-bijian karena mereka bukanlah makanan kucing, makanan tersebut justru bisa membuat obesitas pada kucing.

Add Comment