Kucing Anggora Sebagai Kucing Peliharaan di Rumah

Berbicara mengenai kucing Anggora, kita akan disuguhkan dengan banyak cerita asal-usul mengenai kucing ini. Dulu ada yang beranggapan bahwa kucing ini merupakan keturunan dari kucing Pallas berambut panjang. Kucing pallas adalah kucing liar yang berasal dari Asia dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan kucing kampung ataupun anggora. Asal-usul tersebut sebenarnya ditolak oleh sebagian besar orang melihat tingkah laku anggora yang sangat bertolak belakang dengan kucing pallas yang liar. Keberadaan anggora juga erat dengan Nabi Muhammad yang sangat suka dengan kucing, yang pada saat itu Nabi juga memiliki kucing anggora yang diberi nama Muezza.

Kucing Anggora menjadi sangat berharga dan semua orang menyukainya seperti menyukai harta karun, baik di negara asalnya maupun dibelahan dunia yang lain. Kucing ini juga pernah disebut dengan Kucing Ankara (berasal dari nama ibukota Turki) oleh orang-orang Perancis dan Inggris karena mereka membawa kucing ini dari ibukota Turki pada tahun 1500-an. Kucing anggora mendapatkan status pengakuan oleh CFA pada tahun 1973 dan didaftarkan sebagai ras kucing dari Turki. Pada saat itu pendaftaran kucing ini hanya pada sebatas ras warna putih saja.

Sejarah Panjang Kucing Anggora

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

Ketenaran anggora di Turki membuat ketertarikan beberapa orang untuk mengimpornya ke Amerika pada tahun 1700-an. Pada era tersebut popularitas anggora sangat baik dibenua Amerika, hingga akhirnya popularitas tersebut tidak berlanjut setelah kedatangan kucing persia. Adapun keinginan untuk menyatukan keunggulan dari kucing persia dan anggora ternyata tidak berpihak pada anggora. Perkawinan silang tersebut cenderung menguntungkan spesies persia dengan pertumbuhan kucing persia yang lebih dominan. Pada saat itu karakteristik bulu anggora yang putih menjadi hilang karena perkawinan silang tersebut hingga akhirnya popularitas kucing ini menjadi menurun.

Baca juga : Alasan kenapa kucing persia digemari banyak orang

Akhirnya pemerintah Turki dan kebun binatang Ankara memulai program untuk pemulihan dan pelestarian kembali kucing anggora putih agar kita semua tidak kehilangan aset keaslian anggora yang begitu indah. Mungkin saat ini sangat sulit untuk mendapatkan anggora putih, karena kucing jenis ini sangat langka dan hanya ada di kebun-kebun binatang di Turki.

Meskipun pada saat itu terbilang sangat sulit untuk mendapatkan anggora putih, permintaan pasar akan jenis kucing ini begitu besar hingga akhirnya para peternak melakukan upaya untuk melestarikan jenis anggora berwarna. Dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit ras kucing berwarna mulai bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira karena pada waktu itu merawat dan mendapatkan anggora berwarna lebih mudah dibandingkan dengan anggora putih.

foto kucing anggora

foto kucing anggora

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Jika dinilai dari kepribadian anggora, kucing ini merupakan kucing peliharaan yang cerdas dan mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Penyesuaian ini tidak hanya pada pemiliknya saja, namun mereka akan begitu mudah bersahabat dengan teman dan bahkan binatang peliharaan anda yang lain. Ada catatan unik dari kucing ini, entah mengapa meskipun mereka suka dengan orang lain, namun mereka lebih sayang terhadap pemiliknya. Coba deh buktikan kalau tidak percaya. Kucing ini akan menyambut setiap tamu yang datang kerumah anda tanpa anda ajari terlebih dahulu.

Bila dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pawakan anggora tidaklah terlalu besar. Biasanya seekor anggora memiliki berat antara 4 hingga 5 kilogram untuk kucing dewasa dan sekitar 3 kg untuk anak kucing anggora. Berikut ini ciri-ciri fisik yang bisa anda catat jika anda ingin membandingkan anggora dengan jenis kucing peliharaan yang lain

Postur Tubuh

Postur tubuh anggora sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kucing kampung. Jangan membandingkannya dengan kucing persia yang mungkin bisa sangat besar karena bulu-bulunya yang sangat lebat. Anggora biasanya berpostur sedang, ya bisa deh dibilang tidak terlalu gede dan tidak terlalu mungil, kata orang sih pas pokoknya. Dengan postur yang tidak terlalu bongsor dan berat rata-rat cuma 5 kg membuat kucing ini bisa sanagt aktif dan ringan kalau mau dibawa kemana-mana.

Kepala dan Wajah Anggora

Mungkin agak sulit kalau kita mengenali anggora dari kepalanya. Tidak seperti kucing persia yang memiliki wajah futuristik / pesek, Anggora justru memiliki wajah yang universal dengan wajah lonjong dan hidungnya yang panjang. Anda justru bisa mengenali dengan mudah dengan mencermati bagian telinga dan kepala. Kepala dan telinga anggora itu lain, telinga anggora itu bentuknya agak seperti segitiga yang panjang keatas. Wajahnyapun juga agak segita jadi kalau dilihat-lihat seperti kucing yang berwibawa dan gagah.

Mata

Mungkin mata merupakan bagian tubuh anggora yang bisa anda kenali ketika sedang mencermati seekor kucing. Kondisi mata yang unik pada anggora telah dikenal oleh beberapa kalangan yang jeli melihat hal tersebut. Bila anda cermati, anda akan menemukan bahwa kucing anggora berwarna putih biasanya memiliki warna biru pada mata kanan dan warna kucing untuk mata kiri.

Ekor

Ekor menjadi salah satu ciri anggora yang bisa anda kenali. Biasanya ekor anggora itu terlihat mengembang. Kondisi mengembang ini sangat terlihat karena bulu ekor yang lebat dan menutupi semua bagian ekor dengan menyeluruh.

Bagian Kaki

Anda mungkin akan sulit menemukan tipe kucing anggora yang memiliki tubuh kerdil / kakinya yang pendek. sebgaian besar kaki anggora itu tinggi, jadi memang keihatan gagah ketika mereka sedang berdiri.

Bulu

Bulu yang dimiliki oleh anggora sangatlah halus dan lembut. Menurut beberapa peternak anggora, bulu kucing ini hanya membutuhkan perawatan yang sangat minimal. Kata mereka anda hanya perlu menyisir sekali atau dua kali dalam seminggu menggunakan sisir bergigi halus. Mungkin beda ya kalau dibandingkan dengan kucing persia yang harus mendapat perawatan ekstra terlebih jika si-persia telah main diluar rumah.

Umur Kucing Anggora

Menurut dari beberapa referensi yang saya baca, anggora biasanya dapat bertahan hidup hingga umur 12 hingga 18 tahun. Jika anda memberikan perawatan yang maksimal pada kucing ini, tentu saja anda akan mendapatkan kucing dengan daya hidup lebih lama. Jadi kalau sudah memeliharanya, jaga dengan baik-baik ya.

Berapa sih Harga Kucing Anggora Saat ini?

Kalau berbicara mengenai harga, mungkin didaerah satu dengan daerah yang lain akan berbeda nilainya. Harga yang saya cantumkan ini mungkin hanya sebagai patokan / gambaran saja apabila anda pengen tahu berapa kira-kira harga anggora dipasaran. Berikut ini listnya :

Harga untuk anggora asli

Anggora asli disini maksudnya yang belum dikawinkan dengan jenis lain. Jenis anggora asli merupakan anggora yang paling mahal. Biasanya untuk kucing yang baru berumur 3 bulan saja anda harus merogoh kocek anda sebesar 4 hingga 5 juta rupiah, itupun untuk kucing yang belum di vaksin. Bagi yang ingin langsung mendapatkan kucing yang sudah divaksin untuk umur 3 bulan harganya sudah 6 hingga 7 juta rupiah. Bila anda ternyata punya uang lebih, anda bisa memelihara yang sudah umuran 6 bulanan dengan kisaran harga 9-10 juta untuk yang belum divaksin dan 12-15 juta untuk yang sudah divaksin.

Harga anggora blasteran kucing persia

Blasteran itu artinya sudah dilakukan perkawinan silang antara anggora dengan persia. Biasanya harga kucing blasteran ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan yang asli. Saat ini kisaran harga termahal untuk kucing 6 bulan kucing blasteran adalah 2,8 juta rupiah, itupun sudah termasuk vaksinasi.

Harga anggora blasteran kucing lokal

Jenis blasteran ini harganya yang paling murah, yaitu dengan umur sekitaran 3 bulan bisa anda dapatkan dengan harga 200k-250k rupiah. Kalau yang sudah berumur sekitar 6 bulan, harganya bisa mencapai 600k sampai 700k rupiah.

Perawatan Kucing Anggora

Bagian ini mungkin bagian krusial saat anda ingin memelihara hewan peliharaan. Susah nggak sih kalau memelihara anggora itu? Jawabannya sebenarnya tidak begitu sulit, tinggal anda rajin-rajin saja bersih-bersih kucing tersebut. Mungkin kalau dibandingkan dengan Persia, memelihara anggora itu lebih simple aja.

Anda hanya perlu menyisir bulunya seminggu sekali, membersihkan telinganya jika kotor kira-kira seminggu sekali, menjaga kebersihan kandang dan yang paling penting menggosok giginya tiap hari. Kalau anda sibuk minimal seminggu sekali tidak apa-apa menggosok giginya daripada tidak sama sekali. Anda juga bisa melakukan pembersihan tubuh kucing anggora menggunakan lap bersih yang disirami sedikit air kemudian disuap-usapkan secara halus pada tubuh kucing tersebut.

3 Comments

  1. zani fatkhur rohman November 7, 2015
    • sibhe7 November 26, 2015
  2. Rizky March 14, 2016

Add Comment