Kicau Cucak Ijo yang Sangat Merdu

Demam burung kini kembali menjangkiti kalangan muda di berbagai daerah di Indonesia. Para pecinta burung jumlahnya semakin bertambah saja. Burung cucak ijo menjadi salah satu burung yang paling diidolakan oleh para pecinta burung. Suara kicau cucak ijo terdengar sangat merdu dan mengalun dengan penuh kedamaian. Tak heran jika para kicau mania banyak yang memelihara burung ini, sekedar untuk hiasan di rumah atau juga dilombakan.

Beberapa hal menarik ketika memelihara burung berwarna hijau ini diantaranya adalah kicau cucak ijo merdu ini mudah dimaster. Burung ini sangat cerdas karena dapat merekam kicau burung lain yang diperdengarkan kepadanya lalu berusaha untuk menirukannya. Cucak ijo juga sangat mudah dipancing berkicau melalui suara-suara kicauan dari burung lainnya atau suara alam seperti rintik hujan, suara air mengalir dan suara bising yang lainnya. Ketika diikutkan lomba, kicau burung yang memiliki kesempatan besar menjadi juara adalah yang memiliki tembakan panjang. Sudahkah burung Anda memiliki tembakan kicauan yang panjang? Ada banyak hal yang mempengaruhi kicau burung menjadi tidak panjang, diantaranya adalah karakter burung memang demikian, proses penjemuran yang kurang sesuai, dan  pemberian makanan yang tidak cocok.

Cara Mudah Agar Kicau Cucak Ijo Jadi Panjang

kicau cucak ijo

Kicau cucak ijo

Mengetahui karakter burung memang sangat susah, kecuali jika cucak ijo tersebut adalah hasil dari penangkaran sendiri dan Anda tahu seperti apa kualitas induknya. Namun, meskipun demikian Anda tetap harus mengupayakan agar cucak ijo kesayangan Anda ini dapat berkicau dengan tembakan yang panjang. Tips pertama yang bisa dilakukan adalah melalui proses penjemuran. Seperti yang dijelaskan tadi, sangat susah mengetahui karakter kicau cucak ijo, jadi kita langsung ke proses penjemurannya saja. Usahakan ketika menjemur, gunakanlah satu tangkringan atau tanggeran, bersihkan semua makanan kecuali air minum. Berikan wadah kecil untuk minum supaya menghindari burung mandi di wadah minuman.

Tangkringan yang disediakan hanya satu yang bertujuan untuk melatih burung supaya lebih bebas bergerak sehingga nafasnya bisa lebih kuat dan akan bagus jika berkicau. Akan lebih baik lagi jika kandang yang digunakan untuk menjemur memiliki ukuran yang besar untuk memudahkan gerak si burung. Waktu untuk menjemur ini cukup dua jam saja. Setelah itu, usahakan setiap hari memandikan burung tiga kali sehari (pagi, siang, sore) sampai cucak ijo basah kuyup. Keadaan tubuh yang basah akan memicu kicau cucak ijo sebagai cara untuk menghangatkan badannya.

Ada juga ramuan alami yang bisa membuat kicau cucak ijo menjadi semakin merdu dan memiliki tembakan yang panjang. Ramuan ini adalah sebuah madu. Madu memang memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup, terutama dalam meningkatkan kualitas kicauan burung cucak ijo agar semakin baik. Cara menggunakan ramuan madu adalah sebagai berikut. Berilah madu pada tempat minuman burung kesayangan Anda ini. Lalu, oleskan juga madu pada sisi pisang yang akan menjadi makanan si burung. Ramuan tradisional lainnya adalah dengan memberikan jangkrik pada burung kesayangan Anda. Berikan jangkrik satu saja pada setiap pagi. Agar mudah dimakan, buang kepala jangkrik dan sisipkan jahe seukuran voer ke dalam tubuh jangkrik.

Demikian adalah beberapa cara mudah untuk meningkatkan kualitas kicau cucak ijo Anda. Pemeliharaan yang tepat adalah kunci utama untuk meningkatkan kualitas kicauan burung. Sebagai kicau mania, Anda juga harus telaten memperhatikan perkembangan burung kesayangan Anda ini.

Add Comment