Jenis Lovebird Untuk Lomba yang Prospek Juara

Jenis lovebird untuk lomba itu bisa apa saja, bisa dari blorok, lutino, pasjo ataupun albino. Semua tergantung dana yang dimiliki pemilik karena beda warna dan tampilan harganya juga beda. Memilih burung lovebird mahal tentu bisa dikarenakan banyak faktor, tampilan maupun suara setidaknya jadi pertimbangan penting karena lovebird mahal tapi tidak punya prestasi mau buat apa?

Banyak pemula yang bingung untuk menentukan jenis lovebird lomba. Kurangnya pengalaman dan minimnya jam terbang dalam memilih bakalan juara menjadi problem utama. Memilih lovebird lomba memang tidak mudah, namun dengan ketelitian dan pemahaman mengenai ciri lovebird lomba bisa membantu kita menemukan bakalan calon juara.

jenis lovebird untuk lomba

Jenis Lovebird Untuk Lomba Yang Prospek

Memilih untuk memaster lovebird sejak dini menjadi pilihan tepat bagi para pemula. Harga anakan yang cukup terjangkau di harga 200 hingga 400 ribu rupiah menjadi investasi yang tidak terlalu besar dan resiko rugi tidak terlalu tinggi. Pemilihan jenis lovebird untuk lomba sejak dini juga dapat membentuk mentalnya saat dihadapkan dengan sesama lovebird lain.

Kalau sejak dini tidak pernah bersaing dengan sesama lovebird, ada kemungkinan lovebird akan kalah mental sebelum bertanding. Perlu diketahui juga bahwa lovebird yang tidak mampu berkicau seperti burung lain dan dia punya mental yang jelek, bisa-bisa lovebird tersebut malah macet bunyi. Untuk memudahkan pemula untuk memilih jenis lovebird lomba, satwapedia memberikan ciri-ciri khusus burung yang sebaiknya dibeli. Berikut ini daftar checklistnya:

Bentuk Kepala

Kepala lovebird bisa jadi acuan untuk menentukan apakah burung ini punya mental atau tidak. Loverbird yang punya kepala besar biasanya akan memiliki nyali yang besar saat dihadapkan dengan lawan sesama lovebird. Cara ini biasanya membutuhkan lovebird lain sebagai perbandingan.

Bentuk Leher

Leher merupakan bagian tubuh burung dimana pita suara berada. Pita suara nantinya akan membentuk cengkok suara burung tersebut. Jenis lovebird untuk lomba yang baik adalah lovebird yang memiliki leher panjang padat berisi. Lovebird dengan leher seperti itu akan memiliki kemampuan mengeluarkan cengkok suara yang khas dan lantang.

Kondisi Bulu

Bulu merupakan bagian yang menjadi ciri lovebird ngekek panjang. Lovebird yang prospek punya suara ngekek panjang adalah lovebird yang memiliki bulu yang mengkilap dan bersih. Kebersihan lovebird juga menandakan perawatan yang baik sehingga burung tersebut selalu memiliki mood yang bagus.

Postur Tubuh

Jenis lovebird untuk lomba yang baik adalah lovebird yang memiliki postur tubuh proporsional. Pastikan bentuk tubuh, ekor, dan kaki memiliki perbandingan yang proporsional. Jangan pilih yang punya kepala besar tapi tubuh dan kakinya kecil, apalagi yang lehernya pendek.

 Bagian Sayap dan Kaki

Kedua bagian ini menjadi ciri fisik lovebird ngekek panjang. Lovebird yang ngekek panjang biasanya memiliki bentuk sayap yang mengapit dan cengkeraman kaki yang kuat saat bertengger. Warna sayap dan kaki mungkin akan memberikan nilai pada penampilan lovebird, namun itu tidak mutlak.

Sorot Mata

Jenis lovebird untuk lomba yang baik adalah lovebird yang memiliki sorot mata yang tajam. Sorotan matanya itu lebih seperti melotot. Jangan pernah memilih lovebird yang memiliki mata sayu untuk dijadikan lovebird lomba. Itu hanya akan nambahi pekerjaan kita nantinya.

Cengkok Suara

Ibaratnya penyanyi dangdut, dia setidaknya punya cengkok yang tidak fals kalau mau jadi bintang meskipun baru pemula. Bila bakalan saja sudah punya cengkok yang bagus meskipun kalau ngekek masih terbata-bata, kita hanya perlu effort perawatan lovebird lomba dikit untuk memaksimalkan suara ngekek panjangnya.

Lihat Gerakan dan Cara Makannya

Punya lovebird yang punya gerakan lincah dan gesit akan memberikan keuntungan tersendiri. Lovebird yang aktif biasanya akan memiliki nilai tambah. Hal itu bisa diketahui juga dari cara makannya. Jenis lovebird untuk lomba biasanya punya nafsu makan yang besar.

Baca Juga: Cara Membuat Lovebird Gacor Di Lapangan

Itu tadi 8 pertanda yang harus ada dalam ciri fisik lovebird untuk lomba, bukan hanya soal burung mahal atau warna burung yang bagus itu seperti apa. Apabila sudah memiliki pertanda seperti itu sejak dini, maka pekerjaan memaster burung akan menjadi lebih mudah dan murah. Oiya, ceritakan kisah suksesmu dalam memilih jenis lovebird untuk lomba ke media sosial di fanspage satwapedia.com.

Add Comment