Jenis-Jenis Kucing Persia Paling Digemari Catlovers

Beberapa waktu lalu kami telah membahas mengenai jenis kucing peliharaan yang paling lucu dan bersahabat dengan keluarga Anda. Pada artikel tersebut telah kami singgung bahwa jenis kucing yang paling dicari di Indonesia adalah kucing persia. Kucing persia saat ini masih unggul peminatnya bila dibandingkan dengan kucing anggora, sehingga sangat menarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenis-jenis kucing persia yang bisa dipelihara dirumah.

Kucing persia adalah kucing lucu yang mempunyai kemampuan hidup antara 10 hingga 15 tahun. Persia memiliki ciri khas penampilan yang unik dan lucu, bahkan ada yang menganggap kucing ini mirip boneka. Pawakannya yang besar dengan mata dan kepala yang bulat disertai dengan telinga kecil namun memiliki pipi yang gembul membuat kucing persia disebut kucing cubby. Kucing persia yang unik ini memiliki beberapa tampilan yang berbeda sehingga di Indonesia sendiri masyarakat mengenal ada 4 jenis kucing persia yang bisa dipelihara dengan baik. Mau tahu apa saja jenisnya ? Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Jenis-Jenis Kucing Persia Yang Digemari Di Indonesia

Di Indonesia terdapat 4 jenis kucing persia yang menjadi idola untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah. Keempat jenis kucing persia tersebut adalah jenis kucing persia himalayan, peaknose, flatnose dan persia medium. 4 jenis kucing persia ini dibedakan berdasarkan perbedaan fisik yang bisa diamati langsung.

Jenis Kucing Persia Himalaya

gambar kucing persia himalaya diantara jenis-jenis kucing persia
Kucing persia himalaya dikenal dengan jenis kucing berpola colorpoint. Colorpoint maksudnya adalah jenis ras kucing dimana tubuhnya merupakan perpaduan dari kucing persia dan kucing siam / siamese. Kucing persia Himalaya paling mudah untuk dikenali dibandingkan dengan jenis yang lain. Ciri khasnya adalah memiliki warna hitam hanya pada kuping, telinga, hidung, ekor dan ujung-ujung kaki dan selain itu warnanya putih mulai dari badan hingga leher. Untuk mengetahui jenis kucing lain yang tergolong dalam kategori kucing siam, silahkan mengunjungi artikel mengenai 4 jenis kucing siamese beserta ciri-cirinya.

Jenis Kucing Persia Flatnose

gambar kucing persia flatnose
Kucing persia jenis ini mendapatkan namanya karena kondisi hidungnya yang pesek. Sebenarnya kondisi hidung yang pesek ini membuat kucing persia menjadi lebih lucu karena dari tubuhnya yang gemuk dengan pipi yang gembul kucing ini mirip dengan boneka. Ada beberapa kalangan yang masih bingung untuk membedakan antara kucing persia flatnose dan persia peaknose. Keduanya hampir mirip namun kucing persia peaknose lebih nggemesi bila dibandingkan dengan flatnose.

Jenis Kucing Persia Peaknose

gambar kucing persia peaknose, kucing peliharaan
Kucing perisa peaknose merupakan jenis yang paling disukai dibandingkan dengan jenis-jenis kucing persia yang lainnya. Kucing persia peaknose memiliki popolaritas yang lebih tinggi dibandingkan jenis lain pada beberapa perlombaan kucing di Indonesia.

Pembawaanya yang tenang menjadikan kucing jenis ini dirasa tepat untuk dipelihara didalam rumah. Hidung pada kucing persia peaknose itu lebih pesek bila dibandingkan dengan flatnose, bahkan semakin pesek hidungnya semakin mahal pula harganya. Sungguh berbanding terbalik dengan keadaan yang terjadi pada manusia ya ? kalau manusia sih kalau punya hidung pesek malah diejekin tapi kalo kucing aja, malah nggemesin hahaha..

Baca juga : Asalan kenapa kucing peaknose mahal harganya

Jenis Kucing Persia Medium

gambar kucing persia medium diantara jenis-jenis kucing persia
Tipe ini memang sedikit nanggung, tidak pesek hidungnya dan pawakannya juga tidak seperti persia himalaya. Beberapa persia medium memiliki bulu yang pendek / shor hair namun ada juga yang long hair. Di Indonesia jenis persia medium masih kalah bersaing dengan flatnose maupun peaknose.

Jenis Kucing Persia Termahal di Indonesia

Dari 4 jenis-jenis kucing persia yang telah dibahas di atas pasti Anda penasaran jenis mana yang harganya paling tinggi ? Harga tinggi pasti berbanding lurus dengan popularitasnya dimana kucing persia jenis peaknose-lah yang memiliki banyak peminat sehingga harganya juga melambung tinggi. Dari beberapa pengamatan kami kucing persia peaknose yang masih berumur 3 bulan saja harganya sudah mencapai 3 sampai 3.5 juta rupiah. Harga akan lebih tinggi jika tubuhnya mulai agak besar atau hidungnya yang lebih pesek saat pipinya mulai menggembul. Nilai kucing juga akan semakin tinggi jika telah memenangkan berbagai perlombaan kucing yang sekarang marak diadakan oleh para pecinta kucing.

Baca juga : Jenis kucing peliharaan yang aman untuk anak anda

Demikian informasi mengenai kucing persia yang bisa kami sampaikan. Jaga selalu kondisi kesehatan kucing Anda dan rawatlah sebaik mungkin karena kucing adalah teman kita. Semoga informasi mengenai jenis-jenis kucing persia ini menambah wawasan Anda atau membantu Anda untuk memilih jenis kucing peliharaan sesuai dengan kriteria Anda. Kami juga mengajak Anda untuk bergabung dengan fanspage kami untuk selalu mendapatkan update terbaru mengenai kucing persia dan berbagai jenis satwa lainnya.

Add Comment