Jenis dan Porsi Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi

Beberapa waktu yang lalu ada sobat pecinta lovebird yang nanya mengenai makanan lovebird biar cepat birahi. Birahi adalah kondisi burung yang siap kawin, seperti halnya binatang lain yang perlu untuk berkembangbiak. Birahi pada burung lovebird biasanya ditandai dengan sikap agresif burung dalam kandang.

Sebagai pecinta lovebird yang baik, kita perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri burung yang siap kawin. Kewajiban kita sebagai pemelihara burung adalah menyediakan pasangan yang tepat bagi hewan peliharaan kita. Baik dalam penangkaran ataupun hanya dalam kandang, kita perlu memperhatikan kebutuhan biologis hewan peliharaan kita.

makanan lovebird biar cepat birahi

Masa Birahi Pada Burung Lovebird

Pada dasarnya setiap burung akan mengalami masa birahi secara alami tanpa campur tangan manusia, namun adakalanya juga seekor burung mengalami kesulitan untuk birahi meskipun umurnya sudah siap untuk dijodohkan. Bagi peternak lovebird, burung yang tidak segera birahi tentu saja tidak menguntungkan. Tidak birahi tentu saja berimbas pada produksi telur betina dan penurunan keturunan dalam penangkaran. Dengan adanya penurunan perkembangbiakan lovebird tentu saja keuntungan yang dimiliki oleh peternak lovebird menjadi tidak maksimal.

Biasanya jika lovebird sudah memasuki usia 8 bulanan, mereka sudah siap untuk kawin dan dijodohkan. Di alam bebas, lovebird akan mencari sendiri pasangannya, sedangkan untuk hewan peliharaan kita perlu berkewajiban untuk menjodohkan lovebird. Bila sudah memasuki usia 8 bulanan namun tidak ada tanda-tanda birahi maka kita bisa memancing dengan ramuan makanan lovebird biar cepat birahi.

Jenis Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi

Yang bisa kita lakukan untuk menghadapi burung yang tidak segera birahi adalah dengan memberikan asupan yang dapat meningkatkan birahinya. Makanan yang terkenal dapat meningkatkan birahi burung lovebird adalah kangkung.

Penggunaan kangkung sebagai makanan lovebird biar cepat birahi dikenal aman dan tidak menyebabkan over birahi yang bisa membuat perilaku lovebird sangat agresif. Kangkung adalah sayuran yang bisa meningkatkan libido burung lovebird sehingga bisa cepat birahi. Ada dua jenis kangkung, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung darat lebih direkomendasikan untuk dijadikan extra fooding buat burung lovebird biar cepat birahi. Hal ini karena kangkung darat lebih higienis dibandingkan dengan kangkung air yang mungkin bercampur antara air dan tanahnya.

Baca Juga: Makanan Lovebird Biar Gacor

Ciri kangkung terbaik untuk lovebird adalah kangkung yang memiliki batang yang agak putih kehijauan dan kangkungnya tidak terlalu tua. Kita bisa mengetahui kangkung itu terlalu tua ataupun tidak dengan memeras batangnya. Batang yang keras berarti kangkung tersebut sudah tua dan batang yang lunak adalah kangkung yang baik untuk makanan lovebird biar cepat birahi.

Porsi Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi

Pemberian kangkung bisa diberikan selama satu hingga dua minggu sampai lovebird menunjukkan pertanda siap kawin. Kangkung diberikan dengan cara dipotong kecil-kecil pada bagian daunnya seperti kalau ingin memasak sayur kangkung. Sangat disarankan hanya memberikan bagian daunnya karena bagian batang banyak mengandung mineral yang bisa mempercepat pembusukan kangkung itu sendiri.

Apabila sudah tahu kalau lovebird sudah birahi dan sudah kawin sebaiknya hentikan dulu pemberian kangkung tersebut biar tidak over birahi. Kita juga jangan memberikan kangkung ketika lovebird sudah bertelur, karena kalau terus diberikan lovebird akan kawin lagi dan menelantarkan telurnya. Sebaiknya tunggu dulu sampai telur lovebird menetas baru diberikan kangkung lagi sebagai makanan lovebird biar cepat birahi.

Perlu diingat pula, kangkung hanya menjadi makanan tambahan / extra fooding saja. Kita tetap memberikan makanan lovebird yang utama seperti milet putih, beras merah, canary seed dan kwaci. Bila kita terbiasa menggunakan setelan makanan 60 gram, maka kita bisa memberikan 75 – 80 % untuk makanan utama dan 20 – 25 % untuk sayuran dan buah-buahan.

Add Comment