Jenis Ayam Kate Yang Digemari Masyarakat

Ayam kate merupakan jenis ayam asli yang berasal dari Provinsi Banten, Indonesia. Ayam ini terdaftar di American Poultry Association dengan nama Bantam. Di dunia Internasional, ayam kate disebut dengan ayam bantam. Menurut American Poultry Association, nama Bantam diambil dari asal ayam tersebut, yaitu Banten. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas lebih jauh mengenai jenis ayam kate yang laku dan digemari oleh masyakarat luas karena bentuknya yang unik.

Ayam kate merupakan salah satu unggas yag banyak dicari di Eropa maupun Amerika. Hal ini berlangsung sejak lama yaitu ketika banyak para pelaut melabuhkan kapal mereka di pelabuhan Indonesia dan pada akhirnya para pelaut tersebut menemukan ayam unik yang disebut bantam. Menurut beberapa sumber para pelaut terkesan saat melihat ayam kate untuk pertama kalinya. Kate sangat unik karena bentuknya yang kerdil dan menjanjikan untuk diperdagangkan di Eropa hingga Amerika.

Mengenal Jenis Ayam Kate Yang Banyak Dicari

gambar jenis ayam kate

gambar ayam kate

Ayam kate merupakan representasi ayam yang berbentuk kecil dengan penampilan yang menarik. Warna dan pola bulu yang dimiliki oleh ayam ini sangat mengundang perhatian terlebih saat mereka berlarian di halaman. Bagi Anda yang berencana untuk memelihara ayam ini di rumah Anda, berikut ini beberapa klasifikasi dari variasi ayam kate :

Jenis Ayam Kate Pertunjukan/Game Bantams

ayam kate game bantams

Kate Game Bantams

Bagi Anda yang ingin memelihara ayam kate untuk hiburan di rumah, Anda bisa memilih jenis kate ini. Kebanyakan dari variasi ini memiliki tubuh ramping dengan kaki yang agak panjang. Kate ini juga terlihat cukup tegak saat diam berdiri. Jenis kate hasil pengembangan yang dilakukan di Inggris merupakan ayam kate yang banyak dicari. Mereka memiliki bulu yang rapat dan pergerakan yang aktif.

Foto ayam kate jenis modern game bantams

Foto ayam kate jenis modern game bantams

Jenis Kate Jambul Tanpa Bulu Kakki / Single-Comb Clean-Legged

kate single comb and clean legged

Kate single comb and clean legged

Klasifkasi ayam kate selanjutnya adalah jenis kate berjambul satu dan tidak memiliki bulu di kakinya / Single-Comb Clean-Legged. Beberapa jenis ayam kate seperti Plymouth Rocks, Orpingtons, Rhode Island Reds , Australorps dan Leghorns masuk dalam klasifikasi ini. Begitu juga dengan ayam kate jepang dan phoenix yang merupakan keturunan ayam kate dengan cirri-ciri diatas.

Kate Jambul Mekar dan Bulu Kaki / Rose-Comb Clean-Legged

jenis ayam kate rose comb clean legged

Kate black rose comb clean legged

Jambul mekar yang biasa berbentuk mawar merupakan variasi lain dari kate tanpa bulu kaki. Perbedaan utamanya terdapat bentuk jambulnya yang terlihat bergelombang. Ciri khas lainnya terdapat pada bagian kaki yang terlihat lebih kecil dan  tidak berbulu. Contoh ayam kate pada klasifikasi ini adalah Rosecombs dan Sebrights. Keduanya adalah keturunan asli ayam kate dari Indonesia.

Jenis Kate Tanpa Bulu Kaki Lainnya / All Other Clean-Legged

kate all other clean legged

Kate all other clean legged

Beberapa jenis kate berikut merupakan jenis lain dari kate tanpa bulu kaki namun tidak termasuk dalam 2 klasifikasi yang telah saya sebutkan diatas. Beberapa contoh seperti kate yokohama, kate polandia, kate Sisilia buttercups, Araucanas dan Buckeyes masuk dalam klasifikasi ini.

Jenis Ayam Kate Berbulu / Feather-Legged

gambar ayam kate feather legged

Gambar ayam kate feather legged

Jenis terkahir dalam 5 kategori ayam kate yang dipublikasikan oleh American Poultry Association adalah kate berbulu kaki. Perbedaan jenis ini dibandingkan jenis lainnya diatas adalah adanya bulu pada kaki ayam kate. Berbagai jenis ayam seperti Brahma, kate sultan, kate Conchins termasuk dalam kategori ini.

Ayam kate telah menjadi bagian dari beberapa jenis ayam hias yang dipelihara oleh masyarakat. Bentuk kerdilnya yang memiliki bentuk jambul serta warna dan pola bulu yang eksotis membuatnya pantas untuk dijadikan ayam hias dalam sebuah acara atau hanya penghias di kandangnya. Semoga artikel mengenai jenis ayam kate kali ini bisa menambah wawasan Anda mengenai  produk ayam hias asli Indonesia.

3 Comments

  1. Budi Gendruwo September 10, 2016
    • sibhe7 September 10, 2016
  2. Arief Budiman September 13, 2016

Add Comment