Jenis Anjing Besar Sebagai Anjing Penjaga

Memilih anjing penjaga tidak boleh sembarangan karena bisa mempengaruhi sikap orang lain kepada anjing tersebut maupun pemiliknya. Pada kesempatan hari ini saya ingin sedikit mengulas bagaimana mendapatkan anjing besar yang bisa dijadikan penjaga rumah. Tips ini tidak sekedar memilih anjing yang besar dalam pawakannya saja, melainkan mempertimbangkan hal lain seperti kecerdasan dan keaktifannya.

Tidak semua anjing besar merupakan anjing terbaik untuk dipelihara dirumah sebagai penjaga yang setia. Hewan ini perlu diseleksi berdasarkan kepribadian, kecerdasan dan keberaniannya. Jangan sampai anda hanya memikirkan besar pawakannya karena bisa saja anda mendapatkan ras anjing besar namun penakut, dan dia hanya akan menghabiskan makanannya karena anjing besar biasanya boros dalam hal anggaran makanan. Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat kecerdasannya, semakin dia cerdas maka semakin mudah Anda melatihnya.

Jenis Anjing Besar Yang Setia Menjadi Penjaga Setia

Jenis anjing besar

Beberapa contoh jenis anjing besar

Ada setidaknya 10 jenis anjing yang bisa dimasukkan kedalam rekomendasi ini. Kesepuluh anjing ini memiliki kelebihan yang tidak didapatkan dari ras anjing yang lainnya, mulai dari kepribadian yang ramah namun berani, kesetiaan terhadap pemiliknya hingga kepribadiannya yang menyatu dengan seluruh anggota keluarga. Berikut ini daftar rekomendasi anjing besar yang bisa Anda pelihara di rumah:

Rottweiler

gambar anjing rottweiler

gambar anjing rottweiler

Pertama Anda akan menemui anjing pertama yang memiliki nama Rottweiler. Anjing ini merupakan anjing penjaga yang memiliki tubuh yang besar dengan kepribadian semangat, setia dan taat akan perintah pemiliknya. Saat ini jenis anjing ini biasa digunakan sebagai anjing polisi yang membantu menyelesaikan beberapa masalah hukum disuatu negara. Bila Anda menginginkan penjaga yang gahar dengan kepribadian yang baik maka saya menganjurkan untuk memiliki anjing ini dirumah Anda.

Bernese Mountain

bernese mountain

bernese mountain

Tidak semua anjing besar memiliki kepribadian yang galak dan suka meggigit seperti halnya tokoh antagonis dalam kartun. Anjing Bernese Mountain adalah salah satu jenis anjing besar yang memiliki hati yang baik dengan kepercayaan diri yang bagus meski terkadang suka malu-malu. Anjing ini dikenal memiliki pergerakan yang sangat cepat dengan kestabilan tubuh yang baik. Hal itu didukung dengan kecerdasan yang diatas rata-rata. Bernese Mountain juga dikenal sebagai anjing yang ramah kepada orang-orang bahkan tamu Anda yang belum dikenalnya.

Collie

Border Collie

Border Collie

Beberapa kalangan sepakat untuk memasukan anjing collie sebagai salah satu anjing besar yang ramah terhadap keluarga Anda. Dia adalah hewan yang aman untuk anak Anda karena memiliki kepribadian yang lembut, cerdas dan mudah dilatih. Berat tubuhnya biasanya berkisar antara 30 hingga 35kg membuatnya nyaman menjalani hari-hari bersama keluarga Anda.

Mastiff

Mastiff

Mastiff salah satu jenis anjing besar

Anjing ini dikenal sangat agresif saat melindungi keluarga Anda jika ada sesuatu yang kelihatannya mengusik ketenangannya. Saat normal bersama dengan keluarga, anjing ini sangat tenang dan lembut, berbeda sekali saat dia merasa perlu menjadi jagoan yang dibutuhkan keluarga Anda. Ada banyak jenis mastiff didunia ini, antara lain tipe Amerika, Inggris, Alpine, Cane Corso dan jenis lainnya.

German Shepherd

German Shepherd

German Shepherd

German Shepherd sering disebut juga anjing penggembala dari jerman. Dia adalah anjing yang sangat aktif, anjing penjaga yang sangat baik dan juga cocok untuk misi pencarian. Kepribadiannya yang cerdas dan mudah dilatih membuat para pengembala di Jerman mempercayainya dalam mengelola ternak mereka.

Newfoundland

Anjing Newfoundland

Anjing Newfoundland

Anjing yang biasanya memiliki bulu hitam ini sangat tenang namun masih tampak sebagai anjing penjaga yang bagus. Newfoundland sering disebut sebagai jenis anjing besar yang memiliki julukan “raksasa lembut”. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan maka Anda perlu menyiapkan ukuran ruangan yang cukup besar dengan perawatan rutin dan berkala.

Golden Retriever

anjing golden retriever

gambar anjing golden retriever

Sifatnya yang mencolok dibandingkan German Shepherd membuatnya memiliki kepopuleran di dunia. Beberapa waktu lama saya membahas beberapa jenis anjing terpopuler dengan golden retriever sebagai salah satunya. Meskipun banyak yang menganggap bahwa anjing ini tidak cocok dijadikan anjing penjaga karena keramahannya namun sifat cerdasnya menjadikannya sebagai jenis anjing besar yang direkomendasikan untuk dipelihara dirumah karena sangat baik kepada anak-anak.

Australian Shepherd

Anjing Australian Shepherd

Anjing Australian Shepherd

Kadang jika dilihat dari posturnya anjing ini tidak sebesar yang lainnya, namun jika Anda ingin mencari anjing besar namun yang tidak kebesaran maka Australian Shepherd menjadi pilihan bijak untuk menemani hari-hari Anda. Beratnya biasanya berkisar antara 20 hingga 25 kg.

Great Danes

Anjing Great Danes

Anjing Great Danes

Penampilan kadang menipu mata akan kepribadian sesuatu, hal inilah yang kadang terasa ketika melihat Great Danes. Anjing ini dikenal sebagai ‘gentle giant’ namun memiliki kepribadian yang ramah baik untuk manusia maupun peliharaan Anda yang lain seperti kucing. Sungguh itu adalah disposisi kebaikan hati mereka dibandingkan dengan ukuran tubuh yang gahar.

Labrador Retriever

Labrador Retriever

Foto anjing labrador retriever

Labs sapaan akrab dari labrador mungkin sering anda dengar dikalangan pecinta anjing. Labs dikenal banyak orang karena memiliki energi yang meledak-ledak dengan kecerdasan yang tinggi dan penciuman yang tajam. Anjing ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan keluarga, namun sayang Anda perlu merogoh kocek lebih karena dia butuh makan yang banyak.

Demikian kesepuluh jenis anjing besar yang direkomendasikan sebagai anjing penjaga dirumah Anda. Semoga bisa menjadi referensi pemilihan anjing untuk dipelihara dirumah. Jika Anda ingin mendapatkan ide yang lain, saya sarankan untuk membaca artikel lain seperti artikel yang membahas 10 jenis anjing terpopuler di dunia.

Add Comment