Menghitung Harga Kucing Maine Coon, Seginilah yang Perlu Dibayar

Kucing maine coon merupakan kucing yang notabene terkenal dengan label kucing mahal, tak heran jika banyak orang penasaran dengan harga kucing maine coon di pasaran saat ini. Ada diantara kita yang cuma pengen tahu saja dan mungkin belum ada keinginan pasti untuk membelinya, mungkin seperti saya kali ya. Ada juga yang memang sudah mempersiapkan jiwa raga dan dompet tebal untuk meminang kucing besar ini. Sekali lagi sesuaikan dengan kondisi kantong masing-masing.

Untuk urusan hobi, memang kadang uang bisa menjadi tidak ada nilainya. Kalau sudah suka berapapun pasti dibeli. Kalimat tersebut bukan untuk pembelaan untuk generasi boros sekarang, namun memang kadang mikirnya kalau toh punya duit dan memang kita suka, kenapa tidak. Itu pernyataan yang sering saya dengar dari penghobi hewan yang memang memiliki harga fantastis.

Mungkin perlu saya infokan juga kenapa teman-teman tadi berani investasi tinggi untuk masalah hobi. Mereka tidak hanya membuang duit kok dari hewan kesayangan mereka. Perlu temen-temen ketahui juga bahwa hewan kesayangan mereka tersebut juga bisa mendatangkan pundi-pundi pemasukan. Ada banyak cara untuk menghasilkan pemasukan dari memelihara hewan, contohnya memenangkan lomba, vlog, endorse instagram, dsb. Banyak deh pokoknya, saat inikan kita di era industri kreatif, jadi kalau memang benar-benar mau diseriusi. Harga kucing maine coon yang mahalpun bakal dibayari kalau sudah cocok.

harga kucing maine coon

Fakta Kenapa Harga Kucing Maine Coon Bisa Mahal

Kadang kita butuh sebuah alasan mengapa sesuatu yang kita inginkan bisa mahal harganya. Begitupun dengan kucing maine coon. Harga mahal pasti ada sebabnya, mungkin bisa prinsip ekonomi, prinsip sejarah, prinsip geografi, lho kok malah kayak pelajaran, ehehe.  Sok kadang ngelantur gini, maklumlah guys udah beberapa hari bulan nggak nulis artikel karena kesibukan duniawi. Maafkan daku pembaca setia satwapedia, tapi kedepannya mudah-mudahan bisa curi-curi waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman lagi seperti ini. Jiwa menulis saya belum hilang kok.

Lanjut ke pembahasan pokok yang tadi, kenapa harga kucing maine coon mahal? Mungkin lebih enak kali ya kalau dibikin poin-poin aja. Jadi gini turutannya :

Kucing maine coon itu impor

Gini guys, yang namanya impor itukan pasti ada banyak biaya ini biaya itu. Nah itu menjadi salah satu alasan kenapa harganya bisa mahal. Kucing maine coon berasal dari negara bagian Maine, Amerika Serikat. Dari situ kita bisa kalkulasi biaya ekspedisinya, dikira-kira aja deh. Satu lagi, kucing ini dikenal sebagai satu-satunya kucing ras show asli yang berasal dari Amerika Serikat.

kucing maine coon yang gagah

Kucing ini misterius

Misterius tapi bukan horror, hal ini berkaitan dengan teori bagaimana kucing ini sebenarnya terlahir. Tahu sendirilah hal yang berbau mitos, misterius dan sebangsanya pasti lebih menarik dibandingkan kucing yang biasa saja. Asal-usul ada yang cerita kalau merupakan hasil perkawinan antara kucing besar berbulu lebat dan seekor raccoon.

Ada juga teori yang berkembang bahwa kucing ini pada awalnya milik Marie Antoinette yang pergi ke Amerika selama revolusi Prancis. Teori lain menyebutkan bahwa kucing ini merupakan perkawinan silang kucing domestik berambut pendek dengan rambut panjang yang diperkenalkan ke Amerika oleh pelaut New England atau Viking. FYI pelaut New England dulu itu suka banget bawa kucing, sebenarnya sih cuma buat mengendalikan keberadaan tikus.

gambar kucing maine coon

Ukuran kucing ini besar

Motor aja kalau ukurannya besar dinamai moge, harganya juga lebih mahal dibandingkan motor varioku, hehehe. Hal tersebut juga bisa berlaku untuk kucing dong. Harga kucing maine coon bisa mahal karena ukurannya memang besar dan memang beda kharakteristiknya dengan kucing biasa.

Kucing maine coon adalah kucing domestik terbesar. Mereka bertulang besar dan berotot dengan berat pria bisa mencapai 18 kilogram. Panjangnya bisa mencapai 40 inchi, ditambah lagi dengan variasi warna yang bisa mencapai 75 kombinasi warna yang berbeda, keren kan.

Bulu maine coon fantastis lebatnya

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau bulu milik maine coon termasuk yang fantastis. Penilaian mengenai bulu sih sebenarnya sesuai dengan selera. Ada yang suka bulu lebat ada juga yang suka dengan kucing tanpa bulu. Kebetulan kucing tanpa bulu juga pernah saya bahas juga di satwapedia. Silahkan ikuti link tersebut untuk mengetahui jenis kucing apa saja yang tanpa bulu.

FYI ya guys, fungsi bulu kucing itu banyak lho, baik untuk show, kesehatan dsb, termasuk menaikkan harga kucing maine coon, hehehe. Bagi pemula disarankan untuk memelihara yang punya bulu. Kucing tanpa bulu itu rawatannya ekstra dan rawan sakit kalau tidak bener meliharanya. Tapi kucing berbulu juga perlu perawatan juga, kan bulu kucing bisa rontok. Untuk mengatasi bulu kucing rontok silahkan mengunjungi artikel tentang penyebab kucing rontok dan cara mengatasinya.

kucing maine coon yang besar

Kucing ini tidak “meong” saja

Kucing sering “meong” itu wajar guys, kalau maine coon keutamaan lain yang dimilikinya adalah mereka bisa berkicau, lhoh kayak burung. Jadi gini suara maine coon itu gabungan antara meong dan mendengkur jadi unik dan beda sama kucing kampung.Itu mungkin yang bisa mengkantrol harga kucing maine coon. Mereka sering berkelakuan seperti itu saat mengungkapkan ekspresi kebahagiaan. Nah lhoh kucing aja bisa berekspresi, masa kamu ekspresinya gitu aja sama aku, wkwkwkwk. 

Mereka suka air

Ini bisa saja mempengaruhi selera kamu ataupun tidak, saya juga tidak tahu. Tapi pada intinya disaat kucing lain benci air, kucing maine coon justru suka dengan air. Otomatis mereka sangat menikmati prosesi mandi. Mungkin karena bulunya yang lebat kali ya jadi dia tahan dengan dinginnya air. Selain itu dia juga bisa dilatih jadi perenang handal karena mereka cukup efisien dalam melakukan pergerakan dalam air. Oke kan?

Wah ternyata pembahasannya sudah melebar kemana-mana ya. Malah sampai lupa ngebahas berapa sih harganya. Maklum guys ini lagi penyesuaian lagi alur menulis saya. Mohon dimaklumi adanya karena memang kalau sudah lama tidak nulis itu ketika mau memulai lagi pasti ada sesuatu yang beda, ada hal-hal yang saya lupa dulu alur nulis saya gimana, maafkan daku ya guys.

Tabel Harga Kucing Maine Coon

Biar lebih ringkas dan to the point dan enak dibaca bagaimana kalau harganya saya buatkan tabel saja? Tidak perlu dijawab karena itu pertanyaan retorik dan saat ini memang saya ingin buat tabel agar pembaca tidak bilang –> tl;dr, intinya saja gan. Ya setidaknya ada usaha dari saya untuk menghormati pembaca saya yang ingin langsung mau tahu jawaban dari pertanyaan yang ada dalam benaknya. Inilah tabel harga kucing maine coon :

Jenis Maine CoonUsiaHarga
PedKittenRp 5.000.000,- an
DewasaRp 10.000.000,- hingga Rp 18.000.000,-
Non PedKittenRp 3.000.000,- an
DewasaRp 5.000.000 hingga Rp 7000.000,-

Itulah harga maine coon yang bisa kamu tebus. Tidak perlu protes ke saya kalau kemahalan karena saya juga tidak sedang berjualan. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa harga bisa mahal itu pasti karena ada sebabnya.

Perlu temen-temen ketahui juga kalau ada istilah Ped dan non-Ped. Penting sekali untuk mengtahui hal ini. Ped merupakan singkatan dari Pedigree, yang artinya kucing itu merupakan kucing ras murni dilihat dari latar belakang kucing tersebut mulai dari silsilahnya. Disebut juga dengan istilah purebred. Harga kucing maine coon ped tentu saja lebih mahal dibandingkan non-ped. Itu pasti, tidak akan terbantahkan lagi, ada harga ada barang kalau kata penjualnya.

Sedangkan untuk kucing maine coon non ped itu kebalikan dari istilah murni/purebred. Jadi dia itu kucing campuran atau mixed hasil dari perkawinan silang. Perkawinan silang dilakukan biasanya untuk mendapatkan sesuatu yang ingin ditonjolkan dalam kucing tersebut. Bisa jadi kucing maine coon ini memiliki tampilan lebih menonjol dibandingkan maine coon ped, tapi sudah tidak murni lagi lho. Tinggal pilih yang mana dapat yang murni apa yang menonjol? hehehe

foto kucing maine coon

Semoga bisa menjadi pertimbangan dan gambaran bagi yang ingin membeli kucing maine coon. Harga kucing maine coon yang tinggi tak akan jadi masalah kalau dompet dan hati menyetujuinya. Iya nggak? hehehe. Jangan lupa ya guys untuk saling berbagi di fanspage tercinta yaitu satwapedia.com.

Add Comment