Benarkah Grooming Adalah Perawatan Kucing?

Grooming adalah bagian dari merawat diri makhluk hidup, baik manusia maupun hewan bisa melakukan grooming untuk menjaga penampilannya. Grooming berasal dari kata groom yang artinya merawat, mengurus atau rapi, sedangkan grooming dapat diartikan sebagai penampilan diri atau penampilan yang prima.

Sebenarnya kucing ataupun anjing dapat melakukan grooming sendiri. Mereka dapat membersihkan bagian tubuhnya menggunakan lindah dan kaki. Kaki digunakan untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dijangkau langsung oleh lidah kucing dan anjing. Kemampuan membersihkan diri yang dilakukan oleh kucing dan anjing tersebut disebut self-grooming.

Kucing biasanya melakukan self-grooming dengan cara menjilati bagian tubuhnya dengan lidah. Untuk menjangkau bagian yang tidak terjangkau oleh lidah, mereka akan menjilati kakinya terlebih dahulu agar basah, kemudian baru menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian tubuh yang sulit dijangkau lidah. Pernah lihat kan kegiatan semacam itu?

gambar grooming adalah

Benarkah Campur Tangan Kita Terhadap Grooming Adalah Penting?

Jika kucing bisa melakukan self-grooming, masih perlukah kita membantu mereka melakukan grooming? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan beberapa catlovers mengingat kucing dapat mengurus dirinya sendiri. Pada dasarnya kebutuhan grooming sangat bergantung pada tiap-tiap kucing. Kucing satu mungkin akan berbeda perawatannya dibandingkan kucing yang lainnya.

Misalnya kucing outdoor akan berbeda perawatannya dibandingkan kucing indoor. Kucing outdoor semacam maine coon mungkin sering kotor karena terlalu aktif diluar. Maine coon bisa membersihkan dirinya sendiri namun kadangkala ada kotoran yang sulit untuk dibersihkan sendiri oleh kucing. Kucing indoor mungkin tidak banyak kotor di bulunya namun dia memiliki kuku yang panjang karena jarang digunakan untuk mencakar.

Itulah mengapa penting bagi kita terlibat dalam proses grooming. Tujuan grooming adalah melakukan perawatan terhadap kucing secara menyeluruh, tidak hanya pada bagian bulunya saja tapi sampai pada perawatan kuku, kebersihan mata, kebersihan telinga dan perawatan gigi kucing.

Tujuan Grooming Pada Kucing

Tujuan dari grooming adalah membersihkan kucing dari segala bentuk bakteri dan kutu kucing yang sangat berbahaya. Pada beberapa waktu lalu, satwapedia telah membuat artikel mengenai penyakit scabies pada kucing yang disebabkan oleh adanya kutu Notoedres cati yang nempel di permukaan kulit kucing.

Kutu Notoedres cati tersebut bisa membuat lubang pada permukaan kulit yang membuat kucing terus menggaruk hingga pada rontok bulunya. Bila tidak ditangani dengan baik kutu pada kucing tersebut bisa menyebabkan kematian. Selain itu perawatan pada kucing juga dapat menghindarkan jamur pada kucing.

Tujuan lain dari grooming adalah menjaga penampilan agar terlihat bersih dan lucu. Sayang kan jika kita beli kucing mahal-mahal ternyata terlihat kumel, bau dan kotor. Kucing yang kita sayangi juga akan menjadi lebih dekat jika kita sering melakukan grooming. Proses pendekatan terhadap kucing biasanya akan terjalin dengan mudah karena kita turun tangan langsung membelai dan membersihkan kucing. Ini membuat ikatan emosional antara pemilik dan kucing menjadi lebih dekat.

Cara Melakukan Grooming Sendiri Di Rumah

Proses grooming tidak boleh dipaksakan bagi kucing, Anda harus memastikan saat itu kondisi kucing sedang rileks agar tidak melakukan hal yang sia-sia. Buatlah proses ini senyaman mungkin dan jangan sampai kehilangan kesabaran karena pada dasarnya kucing tidak suka mandi. Jika kucing benar-benar tidak mau dibersihkan, sebaiknya tunda dulu sampai kucing benar-benar siap untuk dibersihkan.

Untuk grooming kucing yang pertama kali, usahakan prosesnya tidak terlalu lama. Cukup dengan 5 hingga 10 menit saja. Setelah kucing terbiasa di grooming baru bisa menambahkan waktunya secara bertahap. Gunakan kata-kata memuji dan merayu untuk membuat kucing merasa tenang bersama air.

Menyikat/Menyisir Bulu Kucing

Brushing dalam grooming adalah proses menyikat dan menyisir bulu kucing untuk membersihkan kotoran dan menyebarkan minyak alami ke seluruh mantel. Proses tersebut sering dilakukan untuk mencegah kulit menjadi kusut dan terhindar dari iritasi. Sesi menyikat ini bisa Anda lakukan seminggu sekali tergantung pada kondisi bulu kucing. Adapun cara melakukan grooming adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sisir logam untuk menyisir bulu dari kepala ke ekor, jika kucingnya berbulu lebat sebaiknya dimulai dengan menyisir perut dan kaki.
  • Gunakan sikat karet atau bulu untuk menghilangkan rambut mati dengan gerakan menyisir keatas.
  • Untuk menyikat ekornya, Buatlah belahan bagian tengah dan sikat bulu keluar di kedua sisi.

Memandikan Kucing

Mandi diperlukan dalam proses grooming apabila bulu kucing lengket dan bau. Sesi mandi dapat dilakukan menggunakan shampo khusus kucing yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan mandi si kucing. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Sisir pelan-pelan bulunya untuk menghilangkan bulu yang rontok
  • Siapkan keset yang terbuat dari karet di wastafel untuk memberikan pijakan yang nyaman
  • Masukan kucing pada wasteful yang tersisi air antara 2 hingga 4 inci.
  • Gunakan selang semprot untuk membasahi kucing tapi jangan langsung menyemprotkan pada bagian telinga, mata dan hidung.
  • Gunakan sampo kucing untuk memijat bagian kepala hingga ekor
  • Bilas dengan selang semprot dengan menghindari bagian telinga, mata dan hidung
  • Keringkan kucing dengan handuk besar

Bila tahapan diatas dirasa kurang mendetail, Anda bisa merujuk pada artikel cara memandikan kucing secara lengkap untuk proses yang lebih mendetail.

Memotong Kuku Kucing

Tahapan penting lainnya dalam grooming adalah memotong kuku. Anda harus berhati-hati saat memotong kuku karena ada sebagian kucing yang langsung marah ketika kukunya di potong. Usahakan untuk membuat dia nyaman terlebih dahulu dengan mengelus-elus bagian kaki kucing, kemudian pijat lembut pada setiap kakinya. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara memotong kuku kucing yang benar:

  • Pijat lembut bagian kaki sehingga dia merasa rileks dan memperpanjang cakarnya
  • Hanya gunakan gunting kuku yang taja, dan memang khusus untuk memotong kuku kucing.
  • Hindari bagian vena yang berwarna merah muda yang terlihat pada kuku
  • Apabila tidak sengaja memotong daerah vena ini, kucing mungkin akan berdarah dan Anda membutuhkan obat penahan darah untuk menghentikan pendarahan.

Demikian mengenai pengertian grooming dan bagaimana melakukan grooming sendiri di rumah. Bila Anda ragu dan mengalami kesulitan dalam melakukan grooming sendiri, sebaiknya minta bantuan jasa grooming yang ada disekitar kalian. Pokoknya tujuan grooming adalah untuk merawat kucing kita, bukan menyakitinya.

Add Comment