Fakta dan 8 Cara Merawat Lovebird Mabung Secara Tepat

Bagaimana cara merawat lovebird mabung? Bagi pemula, mungkin pertanyaan tersebut cukup sering berada dalam benak kita. Lovebird merupakan salah satu burung yang akan mengalami masa mabung dalam hidupnya. Masa mabung adalah masa dimana burung lovebird akan kehilangan bulunya. Masa ini sering disebut juga dengan istilah molting atau meranggas. Sebenarnya bulu rontok pada burung itu adalah hal yang wajar, namun bila tingkat kerontokan sangat parah, itu sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan lovebird.

Kenapa bulu rontok pada lovebird itu berbahaya? nah ini pertanyaan bagus. Pada dasarnya bulu merupakan bagian yang diciptakan Tuhan untuk melindungi lovebird dari fluktuatifnya cuaca. Bula akan menjadi penghangat tubuh ketika suhu dingin, dan akan meyimpan dingin ketika suhu diluar cukup panas. Bulu juga berperan penting untuk menjaga kesehatan. Banyak kasus burung sakit ketika bulunya rontok. Selain faktor kesehatan, ada juga faktor tampilan burung lovebird. Bulu yang rontok akan membuat tampilan luar lovebird menjadi tidak menarik. Ini tentu saja akan membuat burung akan absen dalam perlombaan, karena tampilan luar juga merupakan kriteria penilaian dalam suatu perlombaan.

perawatan lovebird mabung

Fakta Lovebird Mabung

Mempelajari cara merawat lovebird mabung merupakan hal yang perlu dikuasai oleh setiap orang yang memelihara burung ini. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini kami berikan fakta mengenai lovebird mabung:

  • Bulu-bulu lovebird terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya yang disebut keratin
  • Saat mabung, burung akan kehilangan 25% total protein dalam tubuhnya. Protein yang hilang ini disebabkan oleh adanya upaya burung untuk mengembalikan bulunya yang rontok.
  • Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur. Kebutuhan protein pada bulu juga memerlukan jumlah asam amino yang proporsional. Asam amino merupakan pembangun sel dan blok protein.
  • Ketika lovebird mabung, mereka memerlukan energi yang cukup besar untuk memproduksi bulu baru. Energi yang dibutuhkan selama masa mabung tersebut bahkan dua setengah jali lebih banyak dibandingkan burung yang sedang memproduksi telur.
  • Dianjurkan untuk menambahkan protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh lovebird.

Baca juga: Perawatan lovebird mabung bagi pemula

Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut akan membuat kita lebih mudah dalam menemukan cara merawat lovebird mabung. Dengan sedikit insight diatas kita tahu bahwa memberikan makanan dengan asam amino cukup bauk untuk menyuplai gizi yang berguna untuk pembentukan bulu secara sempurna.

Cara Merawat Lovebird Mabung

Ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk merawat lovebird mabung. Treatment tersebut bisa diberikan dengan sentuhan perawatan ataupun perbaikan asupan makanan. Makanan dengan asupan yang cukup akan membuat proses pertumbuhan menjadi lebih cepat dan sempurna. Adapun cara merawat lovebird mabung yang lainnya adalah:

  1. Tempatkan burung lovebird yang mabung ditempat yang sepi. Maksudnya sepi itu tempat yang jauh dari lalu lintas manusia.
  2. Setelah ditempatkan di tempat yang sepi, lovebird mungkin perlu dikerodong. Maksud dari pengerodongan ini untuk menjaga suhu tubuh agar tidak kedinginan ataupun kepanasan.
  3. Kalau biasanya lovebird mandi setiap hari. Pada saat mabung ini, sebaiknya cukup dimandikan sekali dalam seminggu saja.
  4. Setelah mandi, cukup jemur maksimal 30 menit. Jangan terlalu lama karena kita juga perlu mengatur suhu tubuh burung disaat bulunya pada rontok.
  5. Tambah makanan tambahan seperti biji bunga matahari, biji kacang hijau, biji fumayin. Selain biji-bijian bisa diselingi dengan buah-buahan. Pemberian makanan tambahan tersebut berguna untuk pembentukan sel-sel baru dan bulu baru.
  6. Berikan juga tulang cumi atau blengkutak yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin yang berguna sebagai protein untuk meningkatkan produksi bulu.
  7. Campurkan multivitamin yang berkualitas kedalam air minum burung lovebird. Berikan multivitamin ii 2 x dalam seminggu.
  8. Masa mabung bukan berarti kita harus mengasingkan lovebird kita. Cara merawat loevird mabung yang bagus justru dengan tetap melakukan pemasteran. Pemasteran saat mabung justru efektif karena pada saat itu lovebird akan lebih banyak mendengarkan.

Begitulah 8 cara merawat lovebird mabung, semoga masalah permabungan cepat selesai dan burungnya bisa segera tampil prima. Bila masih ada pertanyaan mengenai masalah lovebird, bisa langsung ditanyakan ke fanspage satwapedia.com.

Add Comment