Daftar Lengkap Harga Kambing Kurban 2016

Idul Adha tinggal menunggu beberapa hari lagi. Persiapan demi persiapan sudah banyak dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Untuk membantu masyarakat, kali ini tim satwapedia ingin memberikan harga rata-rata / perkiraan harga kambing kurban. Beberapa waktu lalu kami banyak membahas mengenai sapi kurban baik artikel mengenai syarat sapi kurban maupun checklist penting yang wajib diperhatikan sebelum membeli hewan kurban.

Kambing merupakan salah satu hewan yang masuk kriteria untuk disembelih. Selain kambing ada unta dan sapi yang biasanya dijadikan untuk berkurban. Di Indonesia sendiri jarang ditemui kurban dengan unta sehingga sapi dan kambing menjadi komoditi utama saat berkurban. Oleh karena itu untuk saat ini tim satwapedia lebih fokus pada harga kambing kurban dan sapi saja.

harga kambing kurban

Gambar kambing kurban

Daftar Harga Kambing Kurban 2016 di Pasaran Saat Ini

Ketika Anda memutuskan untuk berkurban menggunakan kambing, maka Anda tidak diperkenankan untuk berkurban secara urunan / patungan. Hal ini berbeda jika kita mau berkurban menggunakan sapi. Kita diperbolehkan untuk berkurban secara urunan/ patungan jika menggunakan sapi. Berhubung berkurban menjadi tanggungan individu, maka kita perlu mengecek harga kambing kurban di pasaran. Berikut ini harga kambing kurban yang ada di wilayah Yogyakarta:

  • Harga Kambing Tipe A dengan Berat 17 – 16 Kg Harganya 2.100.000
  • Harga Kambing Tipe B dengan Berat 20-23 Kg Harganya 2.600.000
  • Harga Kambing Tipe C dengan Berat 24 – 26 Kg Harganya 2.850.000
  • Harga Kambing Tipe D dengan Berat 27 – 31 Kg Harganya 3.100.000
  • Harga Kambing Super dengan Berat 32 -36 Kg Harganya 3.600.000

Jika dilihat dari harga di atas, ada kenaikan harga kambing kurban 2016 ini. Hal ini menurut para peternak sudah terjadi sejak awal Agustus 2016. Peternak menyampaikan bahwa harga semula sekitar 2 juta per ekor dan kini naik antara 2,1 – 2.3 juta per ekor. Kenaikan harga hewan kurban tersebut masih tergolong normal karena permintaan pasar memang begitu besar. Faktor kenaikan harga kambing kurban juga dipengaruhi oleh maraknya tengkulak dadakan yang membeli hewan untuk dijual kembali.

Saat melakukan pembelian kambing kurban, kami menyarankan agar Anda juga memperhatikan umur kambing tersebut. Hal ini karena hewan kurban memiliki syarat umur yang dijelaskan oleh hadits berikut:

Janganlah kamu menyembelih binatang ternak untuk qurban kecuali musinnah (telah ganti gigi, kupak). Jika sukar didapati, maka boleh jadz’ah (berumur 1 tahun lebih) dari domba.” (HR Muslim).

Pada beberapa waktu lalu kami juga menyinggung mengenai cara untuk menentukan umur sapi jika Anda ingin berkurban menggunakan sapi. Sedangkan untuk berkurban dengan kambing, kita bisa mengamati pada gigi kambing untuk menentukan apakah kambing yang akan kita beli sudah sesuai dengan umurnya atau belum, berikut ini penggolongannya :

  1. Kambing umur 0 – 1 tahun, pada masa ini gigi susu baru tumbuh pada gigi seri kambing
  2. Kambing umur 2 – 3 tahun, 4 gigi susu pada gigi seri berganti menjadi gigi tetap / poel 4
  3. Kambing umur 3 -4 tahun, 6 gigi susu pada gigi seri berganti menjadi gigi tetap / poel 6
  4. Kambing umur 4 – 5 tahun, 8 gigi seri pada gigi seri berganti menjadi gigi tetap / poel 8
  5. Kambing umur lebih dari 5 tahun, gigi tetapnya sudah mulai aus / tanggal semua / rampas

Lalu bagaimana cara membedakan antara gigi susu dengan gigi tetap? perbedaannya terletak pada warna gigi. Gigi susu berwarna putih sedangkan gigi tetap memiliki warna yang agak kekuningan.

Demikian informasi mengenai harga kambing kurban dan tips menentukan umur kambing. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk menemukan kambing kurban yang baik dan harganya tidak begitu mahal. Mudah-mudahan ibadah Idul Adha ini memberikan makna tersendiri bagi Anda sekeluarga. Kami mengucapkan selamat Idul Adha dan tetap mengajak Anda untuk peduli dengan satwa di lingkungan Anda. Bergabunglah dengan fanspage kita agar Anda selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia satwa dan hewan peliharaan.

One Response

  1. Mamas Adi Putra Lawu December 4, 2016

Add Comment