Contoh Hewan Berkaki Empat Dan Gambarnya Lengkap

Waktu masih sekolah dulu, tak jarang kita diberi PR untuk menyebutkan beberapa hewan berkaki empat. Biasanya soalnya berbunyi sebutkan 10 jenis hewan yang memiliki empat kaki. Sebenarnya soalnya cukup mudah tapi kadang kita lupa setelah menyebutkan 7 hewan, lalu bingung mau nulis apa lagi. Untuk itulah pada kesempatan kali ini satwapedia mengumpulkan berbagai jenis hewan tersebut yang memenuhi syarat utama yaitu empat kaki.

Hewan yang memiliki empat kaki disebut dengan quadruped (dari bahasa latin yang terdiri dari kata quattuor yang berarti empat dan pes yang berarti kaki). Mereka adalah hewan yang bergerak dengan tumpuan empat kaki yang kuat untuk menompang berat tubuh hewan-hewan tersebut.

Hewan Berkaki Empat Lengkap Dengan Gambarnya

Kata pepatah gambar itu bisa mengungkapkan seribu kata, itulah kenapa satwapedia menyajikan beberapa contoh yang disertai dengan gambar hewan berkaki empat. Adapun nama hewan berkaki empat adalah sebagai berikut:

Kucing

memberi nama kucing betina

Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki empat kaki. Ada banyak jenis kucing baik liar maupun kucing peliharaan. Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Adapun spesies kucing yang banyak di pelihara diantaranya kucing Persia, kucing anggora, kucing maine coon, spinx dan beberapa jenis kucing tanpa bulu, serta kucing kampung yang mudah perawatannya.


Anjing

Jenis anjing besar

Beberapa contoh jenis anjing besar

Selain kucing, ada anjing yang juga banyak digemari masyarakat Indonesia. Anjing memiliki empat kaki dengan karakteristik masing-masing jenis anjing. Beberapa waktu lalu satwapedia telah membuat artikel mengenai 10 jenis anjing terbaik untuk dipelihara di dunia. Adapun jenis anjing tersebut ada anjing Golden Retriever, Rottweiler, Labrador, German Shepherd, dan Anjing kintamani yang merupakan anjing asli bali.


Kelinci

jenis kelinci himalaya

jenis kelinci himalaya

Kelinci dibedakan menjadi dua yaitu kelinci ternak dan kelinci hias. Kedua jenis kelinci ini sama-sama termasuk dalam hewan berkaki empat. Adapun jenis kelinci yang digemari masyarakat bisa kamu temukan dia artikel yang berjudul jenis-jenis kelinci terbaik untuk dipelihara. Kelinci tersebut diantaranya kelinci anggora, kelinci belanda, kelinci Himalaya, dan Kelinci Netherland Dwarf.


Sapi

Sapi Limousin

Sapi Limousin

Sapi merupakan komoditi utama hewan ternak di Indonesia. Sapi juga termasuk dalam kategori hewan mamalia yang berkaki empat. Ada banyak jenis sapi, mulai yang biasa hingga sapi super yang harganya sampai ratusan juta rupiah. Jenis sapi unggul dan perawatan yang baik menjadi faktor yang membuat harga sapi seperti harga mobil. Saat ini sapi limosin super masih menjadi sapi unggulan yang memiliki nilai jual tinggi.


Kambing

harga kambing kurban

Gambar kambing

Seperti halnya sapi yang menjadi komoditi utama hewan ternak, kambing menjadi alternatif lain untuk diternakkan. Harga kambing relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan harga sapi. Saat ini harga kambing yang merupakan hewan berkaki empat berkisar antara 1 hingga 2 juta tergantung dengan kualitas kambing itu sendiri.


Kuda

gambar kuda hewan berkaki empat

Kuda juga termasuk hewan berkaki empat yang bisa kita temukan hingga saat ini. Kita bisa menemukan kuda dibeberapa tempat diantaranya kebun binatang, pacuan kuda, dan kereta kuda. Masing-masing kuda memiliki kekuatan dan keterampilan masing-masing sesuai yang dijalani setiap hari.


Zebra

foto parodi hewan lucu

Zebra pada dasarnya mirip dengan kuda yang memiliki empat kaki, itu karena zebra masih tergolong dalam family horse/kuda. Secara fisik memang hampir sama namun zebra memiliki corak khusus berwarna garis hitam dan putih ditubuhnya. Tidak seperti kuda, zebra tidak banyak ditemukan selain di kehidupan liar dan kebun binatang.


Harimau

gambar hewan buas

Gambar hewan buas

Harimau adalah hewan karnivora yang memiliki empat kaki. Berhubung menjadi hewan karnivora, makanan utama harimau adalah daging. Beberapa jenis harimau yang ada di dunia dikabarkan terancam punah termasuk beberapa jenis harimau asli Indonesia seperti harimau sumatera dan harimau jawa.


Leopard/Mancan Tutul

Leopard

Leopard

Leopard tergolong hewan berkaki empat yang termasuk dalam kategori 15 jenis hewan buas paling berbahaya di dunia. Kekuatan, kecerdasan dan kecepatan yang dimiliki oleh leopard menjadi mimpi buruk bagi setiap mangsanya.


Singa

Singa Afrika

Singa Afrika

Sama halnya dengan leopard, singa juga termasuk hewan buas paling menakutkan, apalagi singa afrika yang beberapa kali dilaporkan telah menyerang manusia. Singa telah dikenal sebagai predator legendaries yang menjadi raja rimba di dunia hewan. Singa memiliki teknik berburu yang baik dengan perpaduan kecepatan, kekuatan dan kadang-kadang kerja kelompok yang begitu kompak dalam menjebak mangsanya.


Badak

badak, binatang buas Afrika

badak Afrika

Meskipun terlihat memiliki gerak yang lambat, namun badak juga tergolong hewan berkaki empat yang berbahaya. Kemampuan mengagetkan lawan yang dilengkapi fisik dan tanduk yang kuat dapat melumpuhkan mangsanya dengan mudah. Badak Afrika bahkan dilaporkan telah beberapa kali menyerang manusia.


Gajah

gajah afrika

Gajah Afrika

Bertubuh besar dengan gading dan belalai yang menjadi ciri khasnya membuat gajah termasuk dalam hewan berkaki empat. Gajah bisa dilatih untuk menjadi baik, namun ketika dia marah maka akan sangat berbahaya. Pada dasarnya gajah yang marah dan menyerang manusia biasanya dilatarbelakangi ulah manusia yang mengeksploitasi tempat tinggal dan kawanannya. Gajah Afrika merupakan hewan yang sering dilaporkan menyerang manusia karena merasa habitatnya terganggu.


Kuda Nil

Kuda nil

Kuda nil

Kuda nil adalah hewan berkaki empat yang memiliki habitat asli di sungai nil, yaitu sungai terpanjang di dunia. Tahukah kamu bahwa kuda nil juga bisa sangat berbahaya ketika merasa habitat mereka terganggu. Berdasarkan artikel yang berjudul 10 binatang buas di Afrika, kuda nil termasuk hewan buas yang berada di Afrika.


Hyena

Hyena

Hyena

Hyena yang termasuk dalam kategori hewan paling buas di dunia ini juga termasuk hewan berkaki empat. Kaki hewan hyena sangat kuat dan cepat. Kemampuan berburu secara kelompok menjadi salah satu aktivitas yang menyeramkan. Hyena adalah predator aktif yang termasuk dalam kategori hewan karnivora atau pemakan daging.


Lynx

Lynx

Lynx

Bentuknya mirip kucing tapi memiliki tubuh yang lebih besar mirip harimau. Hewan yang aktif ketika fajar dan menjelang senja ini tergolong hewan mamalia berkaki empat. Lynx berburu mangsa secara berkelompok layaknya hyena. Kecerdikan dalam penyerangan terhadap mangsanya sangat mengagumkan, jarang sekali mangsa yang lolos dari serbuan lynx.


Serigala

Serigala

Serigala

Serigala banyak ditemukan dinegara yang beriklim dingin dan bersalju. Serigala termasuk hewan mamalia berkaki empat dengan kemampuan berburu yang mengesankan. Memiliki cakar yang kuat, gigi yang tajam dan kecepatan berlari membuat serigala dapat bertahan di Negara bersalju.


Berang-Berang

berang-berang

berang-berang

Nama hewan berkaki empat selanjutnya adalah berang-berang. Berang-berang adalah salah satu hewan kaki empat yang hidup diair dan bisa berenang. Hewan ini juga cukup berbahaya dan masuk dalam daftar hewan paling buas di dunia. Biasanya berang-beranng berburu secara berkelompok dan menyerang mangsanya secara militan. Berang-berang mengandalkan bulu halus yang berada di sekitar moncongnya untuk berburu mangsa.


Hewan Berkaki Empat yang Bertelur

Selain mamalia yang pada dasarnya berkembangbiak dengan beranak, ada beberapa jenis hewan berkaki empat yang bertelur. Ini adalah keanekaragaman satwa yang sangat unik. Adapun beberapa jenis hewan bertelur yang memiliki empat kaki adalah sebagai berikut:

Buaya

Buaya Afrika

Buaya Afrika

Buaya adalah hewan berkaki empat yang bertelur. Hewan yang dikenal sebagai rajanya reptile ini berkembang biak dengan bertelur. Sedangkan kaki buaya digunakan untuk menompang berat tubuhnya yang cukup berat. Kaki buaya sangat kuat dan mampu membantu buaya dalam menangkap mangsanya. Kekuatan kaki buaya tersebut didukung oleh gigi yang kuat dan indera penglihatan yang baik.


Komodo

Komodo

Komodo

Hewan endemik Indonesia ini dikenal sebagai salah satu hewan berkaki empat yang bertelur. Komodo adalah reptil yang sangat kuat dan legendaris. Panjang komodo bisa mencapai 3 meter dengan berat hingga 136 kg membuat komodo menjadi kadal yang besar. Komodo tipe karnivora yang memakan berbagai jenis daging termasuk manusia.

Komodo menggunakan air liur yang mengandung 50 jenis bakteri untuk melumpuhkan mangsanya, jadi meskipun hewan tersebut bisa melepaskan diri dari rahang komodo hewan tersebut akan teracuni bakteri dari air liur komodo.


Bunglon

gambar bunglon

gambar bunglon

Mimikri adalah kemampuan bunglon mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi sekitar. Bunglon merupakan hewan berkaki empat yang bertelur layaknya buaya dan komodo. Kaki yang dimiliki bunglon berfungsi untuk mobilitas bunglon berpindah tempat dan berkamuflase saat berburu mangsa dan berlindung dari serangan hewan lain.


Iguana

gambar iguana

gambar iguana

Iguana adalah jenis kadal cukup besar yang termasuk dalam kategori hewan berkaki empat yang bertelur. Iguana biasanya memiliki warna dominan hijau diseluruh tubuhnya dengan panjang mencapai 2 meter dengan berat hingga 5 kg. Iguana juga termasuk reptile yang banyak dijadikan hewan peliharaan.


Landak

Foto hewan landak yang lucu

Landak mini biasanya sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu. Landak termasuk hewan pengerat (rodentia) yang tergolong dalam kategori hewan berkaki empat yang bertelur. Landak memiliki rambut yang berbentuk duri panjang untuk pertahanan diri dari hewan lain. Hewan ini tergolong pengerat terbesar ketiga setelah kapibara dan berang-berang.

Add Comment