Ciri-Ciri, Harga dan Gambar Kucing Anggora Asli

Seperti apa sih penampakan kucing anggora asli itu? Sudahkah kalian melihatnya? Kali ini satwapedia ingin berbagai mengenai anggora asli yang sangat bagus untuk dijadikan kucing peliharaan dirumah. Popularitas anggora tidak bisa dibantah lagi, kucing ini mennjadi salah satu kucing yang paling banyak diminati di Indonesia selain kucing persia dan maine coon.

Bagi Anda yang muslim tentu saja ingin mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW yang juga menyukai kucing. Kucing Nabi Muhammad SAW juga merupakan kucing anggora yang diberi nama Muezza. Menurut beberapa referensi yang didapatkan satwapedia menyatakan bahwa anggora memiliki banyak mitos mengenai asal usulnya, ada yang menyebutkan bahwa kucing ini keturunan kucing pallas(kucing liar dari Asia yang hampir mirip dengan anggora). Pastinya anggora asli berasal dari Ankara, Ibukota Negara Turki.

Kota Ankara memiliki nama lain Ancyra dan Angora, sehingga kucing yang berasal dari kota tersebut disebut kucing angora. Lhoh kok angora, bukan anggora? Lagi-lagi karena kebiasaan orang Indonesia menyebut nama anggora dibandingkan angora membuat nama anggora menjadi lebih terkenal.

Penampakan Gambar Kucing Anggora Asli

foto kucing anggora

foto kucing anggora

Anggora mulai tenar pada tahun 1700-an dimana pada saat itu banyak orang Amerika yang mengimpor kucing ini dari Turki. Tahun 1700-an adalah eranya anggora asli merajai dan memegang penuh popularitas kucing hias di Amerika hingga akhirnya popularitasnya mulai direbut oleh kucing persia.

Kedatangan Persia diantara anggora membuat banyak peternak yang ingin mengawin silangkan antara anggora dan Persia. Perkawinan tersebut sebenarnya sukses, namun tidak memihak pada anggora karena hasil keturunannya lebih dominan ke Persia dan membentuk spesies Persia yang baru.

Demi menyelamatkan kucing anggora asli, akhirnya pemerintah Turki memulai program penyelamatan spesies anggora asli. Melalui Ankara Zoo pemerintah Turki melakukan program pelestarian spesies asli agar kita semua tidak kehilangan kucing ini. Program tersebut bisa dikatakan berhasil karena hingga saat ini kita masih bisa melihat berbagai foto kucing anggora asli.

gambar kucing anggora asli

gambar anggora asli

Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli

gambar kucing anggora

gambar kucing anggora

Ciri-ciri anggora asli bisa diamati baik dari ciri fisik maupun kepribadiannya. Ciri fisik dapat diketahui dari postur tubuh, bentuk kepala dan telinga, warna dan bulu. Sedangkan untuk kepribadiannya bisa diamati dari tingkah laku kucing tersebut dalam menanggapi pemilik ataupun orang lain yang berada di dekatnya. Untuk lebih lengkapnya berikut ini cirri-ciri kucing anggora asli yang bisa kamu amati sebelum membelinya:

Postur Tubuh

Berbeda dengan kucing Persia yang cukup besar karena bulu-bulunya yang lebat. Postur tubuh anggora tidak begitu besar. Anggora asli biasanya memiliki berat antara 4 hingga 5 kg untuk kucing dewasa dan sekitar 3 kg untuk anak kucing anggora asli. Pawakannya hampir mirip dengan kucing kampung, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Kepala dan Wajah Anggora Asli

Mengenali kucing anggora asli melalui kepala tidak semudah mengenali kucing Persia dari bentuk mukanya. Jika kita bisa menebak kucing Persia dengan hidung peseknya, tidak demikian dengan anggora. Anggora memiliki bentuk muka yang sangat umum pada kucing, wajahnya lonjong dengan hidung panjang. Justru lebih mudah mengenali anggora dari bentuk telinga dan kepala. Bentuk kepala dan telinga itu mirip segitiga yang lancip pada bagian atas.

Mata Anggora Asli

Mata adalah bagian tubuh anggora yang sangat membantu dalam mengenali kucing ini. Anggora asli yang berwarna putih biasanya memiliki mata yang berwarna biru untuk mata kanan dan warna kucing untuk mata kiri. Jelilah mengamati bagian mata ini karena ini merupakan ciri-ciri kucing anggora asli.

Ekor Anggora

Ciri-ciri kucing anggora asli juga bisa dikenali melalui pengamatan pada bagian ekor. Ekor anggora itu biasanya mengembang karena memiliki bulu yang lebat sehingga menutupi hampir semua bagian ekor kucing secara menyeluruh.

Kaki Anggora

Kaki anggora asli itu bentuknya kokoh dan terlihat gagah. Belum pernah ditemukan kaki anggora asli yang bentuknya pendek dan kecil. Kakinya biasanya dibalut dengan bulu sedang dan merata.

Bulu Anggora Asli

Berbeda dengan beberapa jenis kucing tanpa bulu yang hampir tidak memiliki bulu. Bulu anggora itu sangat lembut dan halus, perawatannya juga tidak terlalu rumit. Cukup dengan menyisir sekali hingga dua kali seminggu sudah cukup untuk perawatan bulu kucing anggora asli. Hal ini sangat kontras jika dibandingkan dengan perawatan bulu Persia yang lebih ekstra.

Kepribadian Kucing Anggora

Ciri-ciri kucing anggora asli selanjutnya dapat diketahui dari kepribadiannya. Anggora adalah kucing yang sangat pintar dan mudah bergaul dengan makhluk lain. Maksudnya dia sangat bisa menjalin hubungan baik dengan manusia maupun hewan peliharaan yang lain. Anggora juga mengenali betul siapa pemiliknya sehingga kadang dia lebih sayang kepada pemiliknya dibandingkan dengan orang lain.

Umur Kucing Anggora

Memiliki kucing mahal tentu saja kita perlu menngetahui berapa sih rata-rata umur kucing anggora itu. Umur anggora asli bervariasi ada yang bisa bertahan hidup antara 12 hingga 18 tahun. Umur kucing ini sangat bergantung pada perawatan yang dimilikinya, semakin baik perawatan yang diberikan akan membuat kucing terhindar dari berbagai jenis penyakit kucing berbahaya. Jadi jaga selalu kucing anggora kamu ya!

Harga Kucing Anggora Asli

Anggora asli adalah kucing ras anggora yang tidak dikawinkan dengan ras kucing lain dengan maksud dan tujuan tertentu. Harga anggora asli memang relative mahal karena kucing ini memiliki kepopulerannya sendiri sebagai kucing kelas atas.

Anak kucing anggora asli yang baru berumur 3 bulan saja harganya sudah menyentuh 4 hingga 5 juta rupiah. Harga tersebut untuk anak anggora yang belum di vaksin, kalau sudah divaksin harganya menyentuh 6 hingga 7 juta. Untuk anggora yang sudah memiliki umur 6 bulanan biasanya harganya melambung antara 9 hingga 10 juta untuk non-vaksin dan 12 hingga 15 juta untuk kucing yang sudah di vaksin. Mahal ya…tapi kalau hobi sih nggak papa.

Perawatan Kucing Anggora Asli

Namanya juga memilihara, jadi perlu melakukan perawatan rutin untuk kucing kamu. Tenang aja, anggora bukanlah kucing yang perlu perawatan ekstra. Untuk perawatan fisik biasanya kamu cukup dengan membersihkan bulu dari kotoran dengan shampo kucing, kemudian menyisirnya dengan sisir halus.

Baca juga: Cara memandikan kucing lengkap(kucing dewasa dan anak kucing)

Jangan lupa untuk membersihkan telinga seminggu sekali, memotong kuku bila sudah panjang-panjang dan juga jangan lupa untuk menggosok giginya. Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan jangan sampai banyak kotoran yang nempel karena bisa menyebabkan jamur pada kucing.

Makanan Kucing Anggora Asli

Memilih makanan bagi kucing kesayangan jangan sembarangan. Kita perlu mempertimbangkan beberaka kandungan yang dibutuhkan sebagai asupan energi tiap harinya. Jangan memberikan makanan kucing yang berbahaya. Usahakan untuk memilih makanan untuk anggora asli yang memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kaya akan protein, minimal kandungannya 25%, semakin tinggi kandunganya lebih baik
  • Rendah lemah
  • pH yang rendah
  • Rendah kadar magnesium
  • Mengandung taurin
  • Mengandung Asam arakidonat /arachidonic acid
  • Mengandung vitamin dan mineral (Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

Jenis, jumlah dan hitung-hitungan kebutuhan makanan kucing anggora asli sudah pernah diulas secara lengkap oleh satwapedia di artikel yang berjudul Makanan kucing anggora yang tepat sesuai kebutuhan.

Add Comment