Cara Menurunkan Birahi Lovebird yang Cabut Bulu

Lagi pusing karena lovebirdnya sering cabut bulu? Ikuti tips cara menurunkan birahi lovebird pada artikel ini untuk menormalkan lovebird kamu. Over Birahi atau OB bisa datang kapan saja, dia datang walaupun tak di undang. Susahnya ngatasi OB ini kadanng emang bikin galau. Kalau menjelang hari H perlombaan si lovebird malah kena OB, maka kita kudu cepet-cepet cari cara bagaimana menurunkannya biar tidak macet bunyi dan cabut bulu.

Lovebird yang cabut bulu dan macet bunyi bisa kalah telak dalam perlombaan burung. Ini karena penilaian lomba biasanya berdasar penampilan dan suara kicauan. Banyak faktor yang menyebabkan lovebird bisa OB, terlalu banyak makan extra food (EF) yang mengandung protein tinggi dan adanya rangsangan lawan jenis merupakan penyebab OB pada lovebird.

cara menurunkan birahi lovebird

Ciri-Ciri Lovebird OB

Cara menurunkan birahi lovebird yang utama adalah mengenali terlebih dahulu ciri-ciri lovebird OB. Lovebird yang OB ini biasanya menunjukkan karakteristik yang berbeda dibandingkan ketika dia tidak OB. Adapun ciri-ciri lovebird OB adalah sebagai berikut:

  • Sering cabut bulu
  • sering mengawini tangkringannya
  • Macet bunyi/tidak mau berkicau
  • Bersikap agresif dan galak
  • Terlihat sering menyerang pasangan
  • Mengacak-acak kandang
  • Indukan biasanya menelantarkan anak dan telurnya.

Ciri-Ciri lovebird OB tersebut mungkin berbeda satu sama lain, namun dengan mengetahui cara menurunkan birahi lovebird, kita bisa menetralkan lovebird secara umum. Lalu bagaimana caranya? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Sebagai pemelihara burung lovebird, kita wajib untuk melakukan intervensi terhadap kondisi ini. Jika kita diam saja, bulu lovebird akan habis dicabuti dan dia menjadi tidak terkontrol. Dengan tidak terkontrolnya lovebird tersebut maka akan mempengaruhi stabilitas kandang, jika berada di kandang koloni atau mempengaruhi prestasi jika dia termasuk lovebird lomba. Sebagai solusi sederhana, berikut ini cara menurunkan birahi lovebird yang cabut bulu:

Sesuaikan Setelan Pakan

Sebaiknya tetap jadikan milet putih dan beras merah sebagai pakan pokoknya. Hanya saja kurangi pemberian extra food tertentu semisal kangkung, kuaci dan jagung muda. Ketiga makanan tersebut termasuk makanan yang bersifat afrodisiak yang dapat meningkatkan birahi. Pelejari lebih lanjut mengenai hal ini di artikel makanan lovebird biar cepat birahi.

Gunakan Kemangi

Daun kemangi dapat kita berikan ke lovebird dengan dua cara, pertama kita dapat gunakan seperti halnya daun kangkung. Kita berikan daun kemangi dengan menyentelkannya dikandang. Cara kedua adalah membuat air rebusan kemangi sebagai air minum lovebird. Cara menurunkan birahi lovebird dengan daun kemangi terkenal sangat efektif dan manjur.

Tingkatkan Porsi Mandi

Porsi mandi sebaiknya ditingkatkan untuk menurunkan birahi lovebird. Kalau biasnya lovebird hanya mandi sekitar 15 menit, maka bisa ditingkatkan menjadi 30 menit. Mandikan lovebird hingga basah kuyup, jangan nanggung-nanggung. Jadwal pagi bisa pagi dan sore atau mungkin ditambah mandi siang.

Kurangi Penjemuran

Cara menurunkan birahi lovebird yang sering dilupakan adalah masalah penjemuran. Lovebird yang biasanya setelah mandi langsung dijemur lama, silahkan dikurangi atau bahkan tidak perlu dijemur terlebih dahulu. Biasanya ini dilakukan biar emosi lovebird terkontrol karena suhu tubuhnya adem.

Lakukan Pengembunan Lovebird

Pengembunan dapat dilakukan rutin sebelum matahari terbit, atau sekitar pukul 05.30 pagi selama lovebird birahi. Pengembunan ini banyak disarankan oleh para master lovebird agar burung tersebut emosinya lebih terkontrol dan juga sehat karena mendapat angin segar di pagi hari.

Gunakan Kandang Umbaran

Jika menggunakan cara menurunkan birahi lovebird diatas kurang manjur terhadap lovebird. Gunakan kandang umbaran yang terbuat dari polier agar burung ini bisa bergerak bebas dan energinya tersalurkan dengan lebih bermanfaat dibandingkan cabut bulu.

Jika setelah mencoba keenam langkah diatas, lovebird kamu masih OB, silahkan curhat ke sesama pecinta burung di fanspage satwapedia. Mudah-mudahan artikel mengenai cara menurunkan birahi lovebird ini bisa membantu menetralkan peliharaan kamu, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Add Comment