Cara Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula

Pada kesempatan hari ini saya ingin berbagai bagaimana cara menjodohkan lovebird. Burung lovebird merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati di Indonesia. Beberapa waktu lalu saya sempat membuat artikel mengenai harga burung lovebird setelah melakukan survey di pasar burung. Harga burung lovebird saat ini berkisar diangka 350-an ribu hingga 3 jutaan rupiah untuk lovebird blorok.

Seperti halnya jenis burung lainnya, lovebird juga membutuhkan proses regenerasi dengan cara melakukan perkembangbiakan. Di alam bebas sana lovebird dikenal sebagai burung setia terhadap pasangannya. Burung yang masuk dalam genus Argaponis ini mendapatkan nama lovebird dari kata serapan agapein (dari bahasa Yunani yang artinya “to love”) dan pornis (yang artinya burung). Kalau di alam bebas, lovebird akan mencari sendiri pasangannya dan akan tetap setia. Nah kalau burung tersebut dalam sangkar kita maka kita berkewajiban untuk menjodohkan burung lovebird.

Cara Menjodohkan Lovebird Secara Efektif Untuk Pemula

cara menjodohkan lovebird

cara menjodohkan burung lovebird

Menjodohkan burung lovebird bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak terlalu sulit jika kita tahu tips dan triknya. Tips dan trik mengawinkan burung lovebird akan saya jelaskan step by step agar kita tahu apa yang harus dikerjakan agar proses perjodohan ini berjalan lancar. Berikut ini beberapa langkah untuk menjodohkan burung lovebird :

1. Ketahui Musim Kawin Burung Lovebird

Musim kawin tiap jenis burung lovebird ternyata tidak sama. Di alam liar sana ada beberapa fakta unik yang mencatat perbedaan musim kawin lovebird peach-faced berbeda dengan musim kawin jenis Fiscer yng hidup di daratan Afrika. Jenis peach-faced memasuki musim kawin pada bulan April, Oktober, dan Februari hingga Maret. Sedangkan jenis lovebird Fiscer berkembangbiak pada musim kemarau atau periode bulan Januari hingga Juli. Mengetahui kapan musim kawin yang tepat akan membantu anda menjodohkan burung lovebird dengan efektif dan penangkaran Anda akan berjalan dengan baik.

2. Kenali Ciri-Ciri Burung Lovebird yang Siap Kawin

Burung lovebird akan memberikan tanda-tanda khusus yang memberikan sinyal kepada kita bahwa mereka sedang falling in love dan ingin dijodohkan dengan pujaan hatinya. Bagi pemula, penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri kapan lovebird siap dijodohkan. Catatlah pertanda berikut ini dan pastikan apakah burung anda sudah qualified untuk dijodohan :

  • Lovebird yang sedang kasmaran biasanya ingin selalu bersama / ingin berdekatan meskipun beda kandang
  • Lovebird jantan biasanya sok menjadi pahlawan dengan menyuapi makanan pada si betina
  • Biasanya lovebird betina akan selalu berposisi siap kawin sedangkan pejantan ada di belakang betina
  • Lovebird jantan dan betina akan ngekek saling bersautan untuk menarik perhatian satu sama lain

3. Kenali Yang Mana Jantan Dan Mana Betina

Cara menjodohkan lovebird yang satu ini sangat vital dan banyak sekali penangkar pemula yang gagal melakukan perjodohan karena tidak mengetahui yang mana jantan dan yang mana betina. Terkadang kita bisa terkecoh karena kedekatan kedua burung berpasangan dengan jenis kelamin yang sama. Misalnya kita salah untuk memasukkan jantan kedalam sangkar jantan atau betina ketemu betina. Untuk pemula berikut ini tips membedakan antara betina dan jantan:

a. Perhatikan bentuk ujung sayap

Rahasia utama membedakan jantan-betina pada burung lovebird bisa diketahui pada bentuk ujung sayap. Jantan akan selalu memiliki ujung sayap yang menyilang dengankan betina memiliki bentuk ujung sayap yang terbuka / tidak menyilang seperti halnya lovebird jantan.

b. Perhatikan bentuk ujung ekor

Ekor pada lovebird betina biasanya berbentuk tumpul dan mengembang, lebih lebar jika dibandingkan dengan lovebird jantan. Pada burung lovebird jantan bentuk unjung ekornya lancip.

4. Proses Menjodohkan Burung Lovebird

Permasalah tidak bisa membedakan jantan-betina akan menjadi permasalahan saat memasuki tahap proses penjodohan ini. Untuk itulah ada beberapa penggemar burung yang memilih cara seleksi alam menggunakan kadang besar dan diisi oleh banyak burung lovebird. Cara ini sering disebut perjodohan koloni dan paling mudah bagi pemula karena lovebird akan mencari jodohnya sendiri sesuai keinginannya. Cara menjodohkan lovebird ini sangat direkomendasikan untuk pemula karena sangat efektif dan praktis.

Cara kedua adalah metode yang sering disebut poligami. Cara ini biasanya digunakan oleh penangkar yang tidak punya banyak stok burung lovebird. Mereka biasanya memasukkan 2 hingga 3 betina kedalam kandang yang berisi 1 pejantan. Lovebird merupakan jenis burung yang bisa membuahi lebih dari satu betina jadi proses perjodohan lebih cepat.

Baca juga : Mengenal 9 jenis burung lovebird

Cara menjodohkan lainnya yaitu menjodohkan lovebird saat masih kecil. Biasanya penangkar akan memasukkan seluruh anakan pada kandang besar saat usia mereka sudah satu bulan. Ibarat pepatah Jawa “tresno jalaran seka kulina” akan berlaku disini. Burung yang hidup bersama lambat laun akan menemukan jodohnya disana karena proses hidup bersama yang cukup lama. Proses menjodohkan ini menjadi lebih alami dan tidak perlu campur tangan manusia.

Keempat langkah diatas akan membantu Anda yang saat ini sedang belajar melakukan penangkaran burung lovebird. Ada beberapa hal yang selama ini dianggap sepele namun hal tersebut justru merupakan faktor kesuksesan dalam hal menjodohkan lovebird. Semoga artikel sederhana mengenai cara menjodohkan lovebird ini bermanfaat bagi seluruh pembaca satwapedia.com

Add Comment