Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi Untuk Pemula

Kebanyakan dari ada yang belum tau cara mengatasi lovebird over birahi? Kalau belum tahu sebaiknya baca artikel ini sampai tuntas karena penting sekali. Over birahi bisa muncul begitu saja, ini bisa terjadi karena adanya rangsangan atau terlalu banyak makan extra food yang berprotein tinggi.

Over birahi terjadi karena daya seksual burung meningkat. Ini dipengaruhi oleh libido yang dimilikinya. Yang namanya “over” biasanya tidak baik karena yang berlebihan itu biasanya malah bisa merugikan. Kita harus menetralkannya agar normal. Burung lovebird yang birahi biasanya akan sangat agresif dan sering mencabuti bulunya. Tentu itu tidak baik untuk lovebird kesayangan kita.

cara mengatasi lovebird over birahi

Ciri-Ciri Lovebird Over Birahi

Pada masa over birahi, biasanya lovebird akan menunjukkan perilaku yang lain daripada yang lain. Ciri-ciri lovebird over birahi yang bisa kamu amati adalah:

  • Menjadi sangat agresif dan galak
  • Sering Mencabuti Bulunya
  • Macet bunyi / jarang berkicau
  • Terlihat seperti sering mengawini tangkringan

Ciri-ciri diatas adalah untuk lovebird umum yang hanya seekor dalam satu sangkar. Kalau dalam kandang penangkaran biasanya lovebird menunjukkan ciri-ciri lovebird over birahi sebagai berikut:

  • Sering menyerang pasangannya
  • Mengacak-acak kandang dan makanannya
  • Menelantarkan anaknya yang butuh dilolohi
  • Terkadang membuang telurnya

Kondisi seperti itu jelas bisa merugikan bagi kita. Kita perlu tau cara mengatasi lovebird over birahi agar tidak mencampakkan anaknya bagi lovebird penangkaran, dan bisa berbunyi lagi bagi yang hanya satu dalam sangkar.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Dalam mengatasi masalah ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu karakter lovebird yang kita miliki. Kondisi ini biasanya berbeda pada setiap burung. Beberapa langkah berikut setidaknya bisa membantu dalam menurunkan birahi lovebird :

Sering Memandikkan Lovebird

Meskipun biasanya lovebird mandi setiap hari, kita perlu meningkatkan frekuensi pemandian. Misalnya saja kalau biasanya mandi hanya 15 menit, kita tingkatkan menjadi 30 menit. Mandi lovebird biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit, siang hari dan jam 3 sore. Lakukan pemandian secara rutin dan teratur.

Lakukan Pengembunan dan Penjemuran Secara teratur

Pengembunan dan penjemuran adalah cara  mengatasi lovebird over birahi yang efektif. Pengembunan dilakukan setiap pagi hari saat matahari belum terbit dan penjemuran biasanya dilakukan pada jam 9.00. Untuk penjemuran usahakan untuk dikurangi saja menjadi 15 menit sehari.

Hentikan Pemberikan EF Tertentu

Extra food (EF) seperti kangkung, kuaci dan jagung muda termasuk makanan yang memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan birahi. Pelajari lebih lanjut di artikel mengenai makanan lovebird biar cepat birahi. Oleh sebab itu cara mengatasi lovebird over birahi tentu saja dengan menghentikan pemberian ketiga extra food tadi.

Menggunakan Kandang Umbaran

Cara mengatasi lovebird over birahi juga bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran menggunakan polier. Penggunaan kandang umbaran ini dimaksudkan agar lovebird leluasa bergerak. Bila tidak mempunyai tempat yang luas untuk membuat kandang umbaran, kamu bisa menitipkannya di tempat teman yang memiliki penangkaran atau buat sendiri menggunakan polier.

Keempat langkah tersebut bisa kamu coba untuk menurunkan birahi lovebird. Bila masih belum sukses, silahkan tanyakan ke teman-teman yang lain di fanspage satwapedia.com. Semoga keempat cara mengatasi lovebird over birahi diatas dapat membantu kamu menormalkan lovebird.

Add Comment