Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Usia 2 Bulan

Bagi yang ingin menjodohkan lovebird sejak dini, sudah tahu belum ya cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan? Kalau belum wajar sih emang, soalnya membedakan jenis kelamin lovebird memang sulit. Para master lovebirdpun mengakui sering salah dalam menentukan mana jantan dan mana betina. Oleh karena itu satwapedia.com ingin membahas lebih rinci mengenai permasalahan ini.

Burung lovebird sebenarnya ada yang termasuk kelompok dimorfik, dimana kita bisa membedakan jantan dan betina berdasarkan ciri fisik. Jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik ini adalah lovebird madagaskar, lovebird muka merah dan lovebird abisinia. Lovebird Abisinia dapat dibedakan dari warnanya. Jantan abisinia akan memiliki dahi berwarna merah sedangkan betina memiliki dahi hijau. Madagaskar jantan punya leher dan kepala warna abu-abu, sedangkan betina punya warna mayoritas hijau. Untuk lovebird muka merah, jantan memiliki dahi dan muka warna merah-oranye dan betina punya dahi dan muka oranye.

Kesulitan dalam membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan akan kita temui saat menghadapi kelompok intermediate yang biasanya berupa lovebird black collared. Lebih sulit lagi jika kita harus membedakan kelompok lovebird kacamata, seperti lovebird nyasa, lovebird fischer dan lovebird pipi hitam.

cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Usia 2 Bulan Dari Ciri Fisiknya

Menentukan mana betina dan jantan di usia 2 bulan biasanya akan sangat sulit. Namun itu tetap perlu kita lakukan agar kita tidak salah menjodohkan lovebird. Perlu Anda ketahui bahwa lovebird bisa saling kawin sesama jenis, meskipun itu akan sangat merusak penangkaran. Biasanya telur akan gagal menetas dan sebagainya.

Untuk itulah perlu sekali memahami perbedaan ini. Gagal merupakan hal yang biasa dalam menentukan jenis kelamin lovebird, namun cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan ini mungkin bisa membantu meringankan pekerjaan Anda. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Perhatikan Tulang Supitnya

Tulang supit/supit urang/pubis adalah organ burung yang bisa digunakan untuk menentukan jenis kelamin burung. Tulang supit ini berada dibawah dubur. Kita bisa meraba tulang supit ini untuk membedakan mana jantan dan betina. Jantan biasanya memiliki tulang supit yang keras, lancip dan lebih rapat. Posisi tulang supit jantan juga lebih tinggi dari tulang iga bawah. Sedangkang lovebird betina akan memiliki tulang supit yang lunak dan tumpul. Posisi tulanng supit betina biasanya dibawah tulang iga bawah.

Perbedaan Perilaku

Cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan juga bisa dilakukan dengan mengamati perbedaan perilaku mereka. Jantan biasanya sering manggut-manggut kepalanya, selain itu jantan dikenal sering meloloh. Sedangkan betina biasanya lebih banyak diam dan sering minta di loloh. Betina juga sering mengangkat bahan sarang.

Perbedaan Ciri Fisik

Kita juga bisa membedakan lovebird jantan dan ebtina usia 2 bulan dari ciri fisiknya. Jantan biasanya memiliki bentuk tubuh yang ramping dengan paruh yang pipih. Selain itu bentuk kepala jantan biasanya lebih datar dengan leher yang simetris. Cara berdiri lovebird jantan tegak dibagian dada dengan kaki merapat pada tenggeran.

Lovebird betina biasanya memiliki badan yang lebih besar dengan paruh yang melebar. Dada betina juga lebih lebar dengen leher pendek atau seperti tidak punya leher. Kalau bertengger biasanya kakinya melebar.

Perbedaan diatas bisa Anda gunakan untuk membedakan lovebird jantan dan betina. Meskipun lebih mudah membedakan lovebird jantan dan betina dewasa, namun mengetahui jenis kelamin sejak dini akan memudahkan dalam menjodohkannya kelak. Semoga artikel mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina usia 2 bulan ini bermanfaat, jangan lupa join fanspage satwapedia ya.

Add Comment