Cara Memandikan Kucing Lengkap (Kucing Dewasa dan Anak Kucing)

Ada saatnya kita penghobi kucing kesulitan mandiin kucing, oleh sebab itu satwapedia akan mengulas bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan tepat tanpa menyiksa kucing kesayangan kita. Beberapa jenis kucing mungkin tidak suka dengan air, tapi beberapa juga mereka tidak keberatan untuk berinteraksi dengan air, contohnya kucing maine coon yang tidak begitu takut dengan air, tapi kucing lain seperti persia dan anggora kadang tidak suka dengan air.

Beberapa waktu lalu juga ada teman kita yang menanyakan di forum satwapedia mengenai cara mandiin kucing, sehingga artikel ini tidak hanya saya dedikasikan untuk mas Angga, tapi juga untuk seluruh pembaca setia satwapedia. Semoga bisa membantu teman-teman agar kucingnya tampak segar, sehat dan tampan/cantik seperti yang punya.

Mengapa Kucing Perlu Mandi?

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara memandikan kucing, mungkin ada yang bertanya kenapa sih kucing perlu mandi? bukankah hewan lain juga masih sehat saja walaupun jarang/tidak pernah mandi?

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang tidak menyukai air, kitapun tidak akan memaksa kucing liar untuk mandi. Berhubung kita adalah penghobi kucing, maka kita perlu memperhatikan kesehatan hewan peliharaan kita. Alasan utama kenapa kita perlu mandiin kucing karena kucing tidak dapat menjaga kebersihan dirinya sendiri.

Kucing yang aktif bergerak, terlebih kucing outdoor akan memiliki masalah dengan bulu yang kotor, lengket ataupun berminyak karena aktivitasnya diluar ruangan. Bakteri dan virus yang menempel pada kucing dapat menyebabkan penyakit berbahaya pada kucing. Penyakit yang berasal dari bakteri seperti bartonella henselae dan parasit toxoplasma gondii  juga bisa menular pada manusia, sehingga kita perlu menjaga betul kebersihan kucing kita terutama pada bagian bulu.

Kucing yang mengalami kegemukan juga dapat dengan mudah mendapatkan kotoran dalam tubuhnya. Obesitas membuat perut kucing turun sehingga mudah terkena tanah ataupun kotoran yang mengandung bakteri bartonella henselae dan parasit toxoplasma gondii yang bisa menyebabkan alergi dan asma pada pemiliknya.

Gambar mandiin kucing

Gambar mandiin kucing

Persiapan Untuk Memandikan Kucing

Sebelum memulai untuk menghidupkan keran dan memandikan kucing, kita perlu mempersiapkan segala hal kebutuhan untuk mandiin kucing. Persiapan sebelum mandiin kucing ini sangat penting karena kita tidak boleh meninggalkan kucing kita ketika kucing sudah berada di wastafel atau bak mandi. Ini sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan kucing kita.

Berikut ini adalah perlengkapan standar yang kita butuhkan untuk memandikan kucing kita di rumah :

  • Bak mandi / wastafel
  • Air hangat
  • Shampoo kucing
  • Handuk
  • Busa
  • Sisir
  • Sikat (jika Anda memiliki kucing berambut panjang)
  • Pitcher atau wadah lainnya untuk membilas
  • Karet tikar untuk ditempatkan di wastafel atau bak mandi sehingga kucing kita tidak terpeleset atau jatuh

Shampo kucing itu bukanlah shampo yang biasanya digunakan oleh manusia, tapi kita butuh shampo khusus kucing yang ramah dan tidak membuat iritasi pada mata kucing. Perlengkapannya sebenarnya tidak harus sama semua, kondisional saja sesuai kebutuhan untuk memandikan kucing. Kita juga mungkin membutuhkan bantuan dari orang lain juga karena dengan empat tangan dalam memandikan kucing akan lebih baik.

cara memandikan kucing

Gambar memandikan kucing

Cara Memandikan Kucing Di Rumah

  • Langkah Pertama: Waktunya menangkap kucing kita, kita perlu membawanya ke kamar mandi atau wastafel. Pada tahap ini, kucing yang pernah dimandikan akan mudah untuk diajak, tapi untuk kucing yang baru pertama kali mandi dengan Anda mungkin akan memberikan perlawanan dan cenderung panik. Kalau di kamar mandi usahakan untuk menutup pintunya agar si kucing tidak lari ketika dia marah dan tidak menyukai air. Usahakan tetap tenang karena semakin Anda panik maka kucing kita juga akan ikut panik.
  • Langkah Kedua: Cara memandikan kucing yang kedua adalah mengisi bak mandi dengan air hangat kira-kira empar inci tingginya. Anda pelu memeriksa suhu air, jangan sampai terlalu panas karena akan membuat kucing tidak nyaman. Gunakan kedua tangan untuk meletakkan kucing pada bak dan jangan gugup, meskipun ini pertama kalinya Anda memandikan kucing.
  • Langkah Ketiga: Basahi kaki kucing terlebih dahulu sebelum membasahi bagian lain dari tubuh kucing. Ini adalah adaptasi pertama yang dibutuhkan oleh kucing, buat dia berdiri di air dengan keempat kakinya terendam. Coba ajak komunikasi, jika ternyata kucing terus menolak kita mungkin perlu menyudahi usaha kita dalam memandikan kucing. Gunakan handuk untuk mengeringkan kaki kucing dan coba lagi untuk hari besok kalau ternyata kucing kita belum mau menyentuh air. Jangan pernah memaksanya.
  • Langkah Keempat: Jika pada langkah ketiga berjalan dengan baik, maka kita sudah bisa membasahi bulu kucing, dengan tentu saja menghindari bagian wajah. Pastikan bahwa bulu kucing benar-benar telah basah sebelum memulai memberikan shampo kucing. Cara memandikan kucing dengan shampho kucing cukup dengan menuangkan shampo pada bulu kucing, kemudian gosok shampo tersebut hingga berbusa.
  • Langkah Kelima: Setelah Anda telah mencuci seluruh tubuh kucing dan menyamponya, sekarang saatnya untuk membilas. Gunakan air hangat untuk membilas shampo yang ada di bulu kucing. Pastikan tidak ada shampo yang tersisa di tubuh kucing karena kalau masih ada sisa-sisa shampo nanti bisa membuat iritasi kulit kucing setelah shampo menjadi kering / kucing merasa risih sehingga dia menjilati hampo yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi perut kucing.
  • Langkah Keenam: Selanjutnya adalah mencuci bagian muka kucing. Cara memandikan kucing pada bagian muka dapat dilakukan dengan mengunakan lap yang telah dibasahi dengan air hangat. Sebaiknya jangan langsung menyemprotkan air secara langsung ke muka kucing. Itu bisa membuat kucing takut air dan kadang menjadi marah.
  • Langkah Ketujuh: Setelah menyampo dan membilas kucing kita, ini saatnya membawanya keluar dari bak mandi. Gunakan handuk kering yang bersih sebagai bungkus kucing dan letakkan kucing paa tempat yang aman dan kering. Anda bisa menggunakan air dryer untuk mengeringkan bulunya dengan cepet, namun jika kucing merasa tidak nyaman dengan suara hair dryer maka cukup dengan handuk saja. Setelah cukup kering bulunya maka kita bsa menyisir bulu kucingkita.

Sebenarnya tidak ada rahasia bagaimana cara memandikan kucing, kunci dari semua itu adalah kesabaran yang Anda miliki. Itulah kenapa lebih baik anda memandikan kucing disaat memiliki waktu yang lain. Anda juga perlu menjaga agar tetap tenang agar kucing tidak menjadi panik.

Cara Memandikan Anak Kucing

Sebenarnya mandiin anak kucing itu lebih mudah dibandingkan kucing yang telah dewasa. Kucing dewasa itu cenderung kaku kalau kita mandiin, jadi butuh waktu yang lama. Semakin awal Anda memperkenalkan kucing Anda untuk proses mandi, maka itu akan lebih baik! kucing yang lebih tua yang tidak pernah dimandikan tidak akan senang dan akan menghadirkan tantangan tersendiri.

Meskipun begitu memandikan anak kucing juga perlu teknik khusus agar dia nurut kalau kita suruh-suruh. Berikut ini langkah-langkah memandikan anak kucing:

  • Pastikan semua peralatan disiapkan seperti halnya memandikan kucing dewasa, jangan langsung menceburkan anak kucing ke dalam bak.
  • Atur suhu dan ketinggian air, jangan kepanasan dan jangan sampai kitten kita tenggelam
  • Gunakan shampho kucing yang ramah, kalau bisa yang khusus kitten
  • Pastikan membilas kucing hingga bersih, jangan sampai ada shampo yang tertinggal
  • Cuci wajah anak kucing menggunakan lap, jangan menyemprotkan air secara langsung atau menggunakan shampo
  • Tidak perlu menyemplungkan kepala anak kucing dibawah air
  • Ajak anak kucing berbicara agar dia tetap tenang
  • Sebaiknya gunakan handuk kering untuk mengeringkan bulu kucing dibandingkan menggunakan hair dryer.

Itulah cara bagaimana kita mandiin kucing kita. Semoga artikel ini membantu Anda yang baru pertama kali memandikan kucing. Bagaimanapun juga cara memandikan kucing yang tenang tidak akan membuat kucing kita takut.

Add Comment