Cara Meloloh Anakan Lovebird Tanpa Mencederai

Peternak lovebird wajib hukumnya untuk menguasai cara meloloh anakan lovebird yang tidak mencederai fisik lovebird. Anakan yang umurnya baru 15 hari misalnya, fisiknya belum terbentuk dengan sempurna dan masih rentan mengalami cedera. Cedera yang biasa terjadi saat proses pelolohan adalah cedera mulut dan leher, jadi kita perlu hati-hati karena organ tubuh itu sangat penting bagi lovebird di masa mendatang.

Memolohkan (Bahasa Jawa) / Hand Feeding merupakan teknik pemberian pakan burung lovebird menggunakan tangan manusia. Ini merupakan campur tangan manusia pada kehidupan lovebird yang baru lahir beberapa hari. Ada banyak faktor mengapa kita perlu meloloh anakan lovebird. Pertama, ketika indukan tidak mau melakukan kewajibannya untuk meloloh anaknya, maka sudah menjadi tanggung jawab peternak untuk melolohkan. Biasanya indukan tidak mau melolohkan karena over birahi atau karena stress akibat glodok/sangkar yang terlalu sering dibuka oleh pemiliknya. Alasan lain adalah peternak ingin meningkatkan produktivitas produksi anakan dengan memberikan sang induk makanan lovebird agar cepat birahi.

cara meloloh anakan lovebird

Cara Meloloh Anakan Lovebird Tanpa Mencederai

Memolohkan makanan pada anakan bukanlah pekerjaan yang mudah. Meskipun terlihat sebagai hal sepele, namun kita memerlukan kesabaran dan keuletan dalam memberikan makanan ke anakan burung lovebird. Hal lain yang jadi pertimbangan adalah waktu pelolohan yang biasanya dilakukan pada pagi, siang dan sore hari, yang tentu saja sangat time-consuming(Jika sudah hobby, hal ini jadi tidak masalah).

Sebelum masuk ke cara meloloh anakan lovebird, terlebih dulu kita persiapkan peralatan yang digunakan untuk melolohkan. Adapun alat yang bisa digunakan adalah:

  • Spet suntikan/botol cuka bekas yang dimodifikasi.
  • Karet angin untuk menyalurkan makanan dari spet suntikan ke mulut anakan
  • Sendok untuk mengaduk adonan makanan anakan lovebird
  • Termometer / alat pengukur suhu
  • Wadah makanan anakan lovebird
  • Kertas tisu jika diperlukan untuk alas dan pembersih makanan yang tumpah
  • Kotak inkubator untuk menempatkan anakan lovebird yang diloloh
  • Bahan pembuat adonan makanan berupa bubur bayi, pakan burung fancy rumput laut dan pakan burung clasic rumput laut.

Jika bahan-bahan makanan anakan lovebird tersebut sudah disiapkan maka kita bisa lanjut ke teknik pelolohan. Adapun cara melolohkan anakan lovebird adalah sebagai berikut:

Buat Adonan Makanan

Buat adonan makanan dengan menggunakan bahan yang berupa bubur bayi dan makanan burung. Halsukan bahan-bahan tadi agar menjadi bubur lembut menggunakan air hangat(maksimal suhunya 40 celcius). Untuk butiran seperti pakan burung bisa di blender dulu sebelum dicampur ke adonan. Setelah adonan dicampurkan, aduk hingga merata dan tunggu sampai suhunya tidak terlalu panas.

Bila dirasa makanan yang dibuatnya terlalu banyak, bisa disimpan dulu ditempat yang kering menggunakan plastik ataupun toples yang rapat. Kalau mau di kulkas juga tidak masalah, yang penting kedap air.

Jaga Jadwal Rutin Pemberian Makan

Buatlah jadwal pagi, siang dan sore hari sesuai kebiasaan. Usahakan untuk tetap stabil di jam segitu setiap sesi pemberian makan. Biasanya makanan dalam tembolok akan bertahan 4 hingga 5 jam, tapi itu juga bisa berbeda antara anakan lovebird.

Gunakan Alat Yang Lunak

Cara meloloh anakan lovebird yang aman adalah menggunakan spet suntikan dengan tambahan karet angin agar lunak ketika di lolohkan ke mulut anakan burung lovebird. Kita bisa mengisi penuh spet tadi dengan bubur adonan karena biasanya 1 burung bisa habis 2 hingga 3 spet suntikan dalam satu sesi. Alternatif lain adalah dengan menggunakan botol cuka yang ujungnya dimodifikasi agar tidak terlalu lancip dan lebih lunak.

Tempatkan Lovebird di Inkubator

Setelah spet suntikan siap dengan isian adonan makanan. Cara meloloh anakan lovebird selanjutnya adalah menjaga suhu inkubator tempat anakan lovebird kita. Usahakan untuk menjaga suhu inkubator di suhu 32-35C dengan kelembaban sekitar 70%- 85%. Gunakan termometer tadi untuk memastikan suhu inkubator. Kemudian tempatkan tisu sebagai alas inkubator biar tumpahan makanan mudah dibersihkan.

Mulailah Melolohkan Anakan Lovebird!

Mulailah memberikan lolohan makanan dalam paruh burung. Berhati-hatilah dalam membuka paruhnya, jangan terlalu keras dan memaksa. Jika lovebird susah buka paruh, gunakan tangan dan tisu untuk membuka paruh anakan lovebird. Masukkan makanan dengan pelan-pelan sampai makanan dalam spet suntikan habis.

5 Langkah meloloh lovebird anakan diatas mungkin akan terasa sulit pas awal-awal. Dengan semakin tingginya jam terbang kita dalam melolohi anakan lovebird maka pekerjaan tersebut akan menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Bila masih kesulitan mengenai cara meloloh anakan lovebird diatas, silahkan tanyakan ke teman-teman lain di fanspage satwapedia.

Add Comment