Burung Lovebird : Klasifikasi, Jenis, Suara, Harga dan Perawatan

Burung lovebird atau burung cinta merupakan jenis burung yang banyak digemari oleh kicau mania. Burung yang termasuk spesies beo kecil ini memiliki suara yang merdu dengan berbagai jenis varian menarik untuk dipelihara. Tidak hanya sebagai burung klangenan saja, lovebird juga dikenal sebagai burung perlombaan yang memiliki kicauan unik dan ngekek panjang.

Burung yang sering disebut dengan nama labet ini tergolong dalam genus Agapornis, yang merupakan perpaduan kata dari Bahasa Yunani. Kata pertama adalah agapein yang berarti “to love” dan kata kedua adalah ornis yang berarti “bird”. Berikut ini adalah video burung lovebird untuk sekedar menyapa Anda yang ingin memelihara jenis burung ini:

Klasifikasi Ilmiah & Toksonomi Burung Lovebird

Seperti halnya jenis burung yang lain, Para ahli perburungan memberikan klasifikasi ilmiah burung lovebird untuk mempermudah kita mempelajari spesies lovebird. Adapun klasifikasi ilmiah lovebird adalah sebagai berikut:

Kingdom             : Animalia

Filum                   : Chordata

Kelas                    : Aves

Ordo                     : Psittaciformes

Famili                   : Psittacidae

Subfamili             : Psittacinae

Bangsa                  : Psittaculini

Genus                   : Agapornis

Ilmu taksonomi atau yang dikenal dengan pengklasifikasian makhluk hidup berdasarkan takson. Takson adalah sekelompok makhluk hidup yang memiliki banyak persamaan ciri pada tiap anggotanya. Lovebird sendiri dibedakan menjadi 3 takson, yaitu:

  • Grup dimorfic (ada perbedaan secara fisik anatara jantan dan betina), contohnya: Lovebird Madagaskar, Abyssinia dan Lovebird Red-headed.
  • Grup menengah, contohnya: Lovebird Peach-faced.
  • Grup kacamata (memiliki warna lingkaran seperti kacamata di area mata), contohnya: Lovebird Black-Masked, Lovebird Fischeri, Liliane (Nyasa) dan Lovebird Black-cheeked.

Jenis Lovebird

Burung lovebird yang biasanya memiliki tinggi antara 13 hingga 17 cm dengan berat antara 40 hingga 60 gram ini dibedakan menjadi beberapa spesies. Satwapedia.com membedakan jenis lovebird menjadi 2 tipe yaitu lovebird klasifikasi lebih rendah/lower classifications dan lovebird penangkaran.

Lovebird klasifikasi lebih rendah adalah 9 jenis lovebird asli yang berasal dari dataran Afrika dan Madakasgar, sedangkan lovebird penangkaran adalah hasil penangkaran burung yang membuat burung tersebut dapat menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Adapun perbedaan utama antara kedua tipe burung lovebird tersebut yaitu:

Lovebird Klasifikasi Lebih Rendah/Lower Classifications

Lovebird klasifikasi lebih rendah sulit untuk ditangkarkan dan lebih banyak ditemui di alam bebas, terlebih dihabitat aslinya di Afrika sana. Lovebird ini merupakan jenis lovebird asli yang telah dipelajari oleh para ahli burung di dunia. Adapun jenis lovebird klasifikasi lebih rendah adalah sebagai berikut:

Lovebird Rosy-faced

Jenis Burung Lovebird Agapornis Roseicollis

Gambar Burung Lovebird Agapornis Roseicollis

Rosy-faced memiliki nama ilmiah Agapornis reseicollis, sebutan lain burung ini adalah rosy-collared atau peach-faced. Tubuh Rosy-faced tergolong kecil dengan panjang antara 17 hingga 18 cm dengan warna hijau dominan pada bagian tubuh dan warna biru pada bagian pantat.

Burung ini memiliki iris warna coklat dan berkaki abu-abu. Burung lovebird rosy-faced memiliki habitat asli di daerah kering Afrika Barat seperti Gurun Nanib. Jika kamu punya lovebird lutino, mereka adalah hasil dari keturunan burung ini.

Lovebird Fischeri

Gambar lovebird fischeri

Agapornis Fischeri

Memiliki nama ilmiah Agapornis Fischeri, lovebird ini memiliki warna hijau pada bagian punggung dada dan sayap. Lehernya biasanya berwarna kuning emas dan oranye pada bagian atas. Fischeri dikenal sebagai lovebird yang berasal dari Tanzania yang memiliki lingkaran putigh disekitar mata.

Lovebird Yellow-collared

gambar burung lovebird yellow collared

gambar burung lovebird yellow collared

Yellow-collared atau lovebird berkerah kuning memiliki nama ilmiah Agapornis Personatus yang memiliki nama lain yaitu lovebird masked dan eye ring. Lovebird ini juga memiliki habitat asli di Tanzania, Burundi dan Kenya.

Lovebird Black-checked

jenis burung Black-cheeked lovebird

Black-cheeked lovebird

Lovebird berpipi hitam ini memiliki nama ilmia Agapornis Negrigenis yang berasal dari Zambia. Ini adalah spesies burung lovebird langka yang sudah jarang ditemukan. Suara lovebird ini cukup keras dibandingkan jenis lainnya.

Lovebird Lilian’s

Nyasa lovebird

Nyasa lovebird

Disebut juga dengan lovebird nyasa, burung ini memiliki nama ilmiah Agapornis Lilianae. Lilian merupakan burung lovebird terkecil di daratan Afrika. Ukurannya hanya sekitar 13 cm dengan warna dominan hijau dan oranye.

Lovebird Black-winged

jenis burung lovebird Agapornis Taranta

Agapornis Taranta

Dikenal juga dengan lovebird Abyssinian, burung ini memiliki nama ilmiah Agapornis Taranta. Memiliki ciri khusus bersayap hitam dengan panjang minimal 15.5 cm. Burung ini dikenal sebagai burung lovebird terbesar yang memiliki habitat asli di Eritrea dan Ethiopia.

Lovebird Red-headed

Jenis Lovebird Agapornis Pullaria

Jenis Lovebird Agapornis Pullaria

Burung lovebird kepala merah ini memiliki nama ilmiah Agapornis Pullarius yang berasal dari daratan Afrika. Cara membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan mengamati kekentalan warnanya. Jantan warna merahnya lebih tegas pada bagian muka dan paruh, sedangkan betina warna merahnya agak pucat.

Lovebird Black-collared

Black-collared lovebird

Black-collared lovebird

Burung lovebird berkerah hitam yang memiliki nama ilmiah Agapornis Seindernianus ini punya sebutan lain yaitu lovebird swindern. Lovebird berkerah hitam ini termasuk burung beo berukuran kecil dengan ukuran sekitar 13.5 cm.

Lovebird Grey-headed

jenis burung love bird madagascar

Madagascar Lovebird

Lovebird Grey-headed yang memiliki nama ilmiah Agapornis Canus merupakan satu-satunya burung lovebird yang bukan berasal dari daratan Afrika. Lovebird ini berasal dari Madagaskar dan jadi salah satu speseis yang termasuk takson grup dimorphic.

Lovebird Penangkaran

Sedangkan burung lovebird penangkaran seperti namanya, mereka bisa ditangkarkan dan beberapa dari mereka menjadi burung peliharaan dirumah. Biasanya mereka merupakan hasil keturunan dari burung lovebird klasifikasi lebih rendah. Adapun contoh lovebird penangkaran yaitu:

Lovebird Blue-Ice

gambar lovebird blue ice

gambar lovebird blue ice

Lovebird blue-ice adalah jenis burung lovebird yang memiliki perpaduan warna biru dan putih. Dikenal dengan istilah blue-ice karena warna lovebird yang memiliki warna putih salju dan biru muda yang sangat menarik. Warna biru biasanya mendominasi bagian tubuh hingga ekor, sedangkan warna putih biasanya memenuhi leher dan bagian kepalanya.

Lovebird Blorok

gambar lovebird blorok

gambar lovebird blorok

Blorok merupakan salah satu jenis lovebird yang memiliki banyak peminat. Harganya pun juga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan lovebird yang lain. Blorok memiliki ciri khusus berupa bercak warna pada bagian tububh dan sayapnya. Berbeda dengan beberapa jenis lovebird yang memiliki warna dominan seperti full hijau, warna biru atau warna putih. Lovebird blorok lebih gampang dikenali karena memiliki cirri bloroknya. Harga lovebird blorok biasanya diatas satu juta.

Lovebird Lutino

gambar lovebird lutino

gambar lovebird lutino

Lutino merupakan jenis lovebird hasil mutasi dari lovebird peach-faced. Lovebird lutino memiliki ciri khusus berupa warna kuning cerah yang dominan, dimana biasanya lovebird lebih banyak memiliki warna dominan hijau. Lutino sendiri merupakan istilah yang digunakan para pecinta burung untuk membedakan spesies satu dengan spesies lainnya.

Warna lutino disebabkan karena kurangnya melanin yang membuat bulu burung lebih dominan kuning. Warna kuning juga bisa disebabkan oleh adanya salinan gen pigmentasi antara lutino jantan dan betina. Oleh karena itu penangkaran burung menjadi awal dari lahirnya lovebird lutino.

Lovebird Batman

gambar lovebird batman

gambar lovebird batman

Lovebird batman merupakan salah satu jenis lovebird hasil dari mutasi gen di penangkaran. Ciri khusus burung ini terletak pada warna hitam yang mendominasi tubuhnya. Warna hitam gelap pada sayap dan kepala membuatnya seperti batman, itulah sebabnya mengapa jenis ini disebut lovebird batman.

Sama halnya dengan beberapa jenis burung hasil mutasi seperti lutino maupun albino, lovebird batman bukanlah lovebird klasfifikasi lebih rendah. Ciri lain yang dimiliki lovebird batman adalah cincin mata yang berwarna putih yang mengitari matanya.

Lovebird Cobalt

gambar lovebird cobalt

gambar lovebird cobalt

Lovebird cobalt merupakan jenis lovebird biru yang paling banyak ditemukan di pasaran. Banyak yang menganggap bahwa lb cobalt ini adalah blue masked lovebird atau lovebird biru bertopeng. Dibilang bertopeng karena mirip warna hitam yang sangat kontras dengan warna biru disebagian besar tubuhnya.

Lovebird Dakocan

gambar lovebird dakocan

gambar lovebird dakocan

Lovebird dakocan terkenal dengan kombinasi warnanya yang kontras. Mereka biasanya memiliki tubuh hijau dengan leher kuning agak oranye kemudian warna hitam gelap pada bagian atas. Dakocan termasuk lb masked karena punya warna hitam gelap yang seperti topeng.

Lovebird Albino

gambar lovebird albino

gambar lovebird albino

Tidak berwarna hijau maupun biru, albino merupakan jenis lovebird yang memiliki warna dominan putih. Albino bukanlah jenis lovebird asli, namun merupakan hasil mutasi gen dalam penangkaran burung.  Ada beberapa jenis burung lovebird albino, diantaranya: albino mata merah, albino mata hitam, albino putih dan albino biru.

Lovebird Olive

gambar lovebird olive

gambar lovebird olive

Olive mirip dengan lovebird dakocan dan josan (ijo standar). Perbedaan yang mencolok antara lovebird olive dengan dakocan maupun lovebird josan terletak pada warna hijaunya yang agak gelap dibandingkan keduanya. Mungkin agak susah bagi pemula untuk mengenali secara pasti jenis lovebird ini, namun seiring dengan sering mengamati burung maka lama-lama akan menjadi mudah mengidentifikasi burung ini.

Lovebird Violet

gambar lovebird violet

gambar lovebird violet

Lovebird violet memiliki ciri khusus pada warnanya yang memiliki warna biru gelap atau bahkan lebih keungu-unguan. Berbeda dengan jenis lain yang lebih dominan warna hijau dan kuning, lovebird violet memiliki warna violet dominan dari bagian tubuh hingga ekor, warna putih pada bagian leher dan warna hitam pada bagian kepala. Burung lovebird violet juga termasuk dalam jenis lovebird bertopeng/masked lovebird.

Lovebird Parblue

gambar burung lovebird parblue

gambar burung lovebird parblue

Lovebird parblue atau partial blue merupakan jenis lovebird hasil mutasi di penangkaran yang menghasilkan varian lovebird yang unik. Parblue biasanya hasil dari keturunan yellow-face sehingga mereka masih memiliki warna kuning pada bagian muka. Warna partial blue sendiri berada pada sayap ataupun tubuhnya. Warna tersebut tidak rata dan tidak dominan sehingga varian ini sangat langka dan banyak dicari.

Lovebird Biola

gambar lovebird biola

gambar lovebird biola

Salah satu jenis lovebird penangkaran yang juga banyak dicari adalah burung lovebird biola. Disebut biola karena bentuknya yang seksi mirip bentuk biola. Ciri khusus burung ini terletak pada warna merah pekat dan cerah yang berada di kepalanya. Sedangkan sayapnya seperti ada warna gradasi antara hijau dan warna lain yang membuantnya berbeda dengan jenis lovebird josan(ijo standar).

Kicau dan Suara Lovebird

Kicau lovebird ataupun suara burung lovebird merupakan daya tarik tersendiri dari burung ini. Tiap-tiap jenis lovebird memiliki keunikan sendiri pada suaranya. Banyaknya perlombaan yang melombakan kicauan lovebird menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memelihara lovebird sebagai burung peliharaan.

Ada istilah suara lovebird ngekek panjang, ngekek disini artinya suara yang dikeluarkan oleh burung terdengar mirip seperti suara tembakan dengan irama yang cepat. Suara ngekek ini biasanya menjadi penilaian dalam beberapa lomba burung labet, dimana ada suara lovebird ngekek 1 menit. Kemampuan tersebut didapatkan dari hasil pelatihan dan pemasteran lovebird. Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan suara burung lovebird adalah ngeroll, yang artinya burung bisa berkicau sambung menyambung dengan beberapa variasi suara dan kadang diselingi dengan nembak.

Istilah yang mungkin pernah didenger adalah gacor. Seperti apasih suara lovebird gacor? Gacor adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan lovebird yang rajin berkicau. Meskipun tidak berkicau secara sambung menyambung namun frekuensinya lebih sering. Dikit-dikit dia berkicau kemudian berhenti sebentar lalu berkicau lagi dan begitu terus selanjutnya.

Suara lovebird ngekek panjang

Download suara lovebird ngekek panjang | Download

Pancingan untuk suara lovebird gacor

Pancingan suara lovebird gacor | Download

Suara lovebird ngekek 1 menit

Download suara lovebird ngekek 1 menit | Download

Harga Lovebird

Bagi kamu yang baru ingin memulai memelihara lovebird, mungkin penting untuk menyingung berapa sih harga burung lovebird di pasaran saat ini? Berikut ini tim satwapedia.com telah mengumpulkan daftar harga lovebird dari berbagai sumber, baik offline maupun online:

Jenis LovebirdUsiaHarga
Lovebird BlorokAnakanRp 1.000.000
DewasaRp 2.000.000
Lovebird Kepala EmasAnakanRp 500.000
DewasaRp 1.000.000
Lovebird Pastel HijauAnakan Rp 250.000
DewasaRp 400.000
Lovebird Pastel KuningAnakan Rp 250.000
DewasaRp 400.000
Lovebird Pastel BiruAnakanRp 300.000
DewasaRp 500.000
Lovebird Pastel Hitam AnakanRp 250.000
DewasaRp 500.000
Albino Mata Hitam Anakan Rp 350.000
DewasaRp 500.000
Albino Mata MerahAnakanRp 450.000
DewasaRp 650.000
Lovebird Dakocan HijauAnakanRp 300.000
DewasaRp 500.000
Lovebird Dakocan BiruAnakan Rp 450.000
DewasaRp 600.000
Lovebird OliveAnakanRp 400.000
Dewasa Rp 650.000
Lovebird Biru VioletAnakan Rp 450.000
DewasaRp 600.000
Lovebird Biru CobaltAnakanRp 400.000
DewasaRp 650.000
Lovebird HollandDewasaRp 650.000

Harga lovebird diatas mungkin akan berbeda di kota Anda, harga diatas hanya sebagai acuan dasar saja dan tidak mengikat karena harga lovebird bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor terutama masalah kualitas bibit lovebird itu sendiri.

Cara Merawat Lovebird

Lovebird sebenarnya bukanlah burung yang perlu perawatan ekstra, kita bisa menggunakan perawatan umum yang biasa dilakukan untuk merawat burung jenis lain. Hanya saja jika kamu ingin perawatan lovebird untuk lomba. Kebutuhan burung lovebird untuk lomba berbeda dengan burung yang hanya untuk klangenan saja.

Lovebird lombaan biasanya perlu perawatan lebih dengan cara memperhatikan asupan makan dan multivitaminnya. Pemberian makanan yang tepat akan membuat lovebird berkicau maksimal, sedangkan multivitamin akan membuat kondisi kesehatan lovebird terjaga. Tips lain yang bisa kamu terapkan adalah memandikan lovebird hingga basah kuyup menggunakan semprotan kemudian dijemur sekitar 10 hingga 15 menit pada jam 10.00, lalu semprot lagi dengan air kemudian dijemur lagi hingga sekitar jam 12, setelah itu baru di taruh ditempat yang teduh.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Burung lovebird ada jenis yang termasuk dalam kategori grup dimorfik, yang artinya memiliki perbedaan fisik antara jantan dan betina. Cara membedakan lovebird jantan dan betina cukup mudah untuk kategori grup dimorfik. Jenis lovebird dimorfik diantaranya : Lovebird Madagaskar, lovebird Red-headed dan Abyssinia. Secara umum berikut ini perbedaan lovebird jantan dan betina:

Lovebird Jantan:

  • Memiliki kepala yang lebih kecil dan berbentuk rata
  • Tubuh dan paruh juga lebih kecil dibandingkan betinanya
  • Kaki lebih rapat
  • Ekor berbentuk V
  • Lebih aggresif dan gesit
  • Ngekeknya lebih pendek

Lovebird Betina:

  • Bentuk kepala lebih besar dan menonjol ke atas
  • Paruh dan tubuhnya lebih besar dibandingkan jantan
  • Sering bertengger dengan kaki melebar
  • Bentuk ekor membentuk huruf U
  • Terlihat lebih tenang dan santai
  • Ngekek lebih panjang dibandingkan betina

Makanan Lovebird

Memberi makanan untuk burung lovebird tidak boleh sembarangan dan sebaiknya tidak itu-itu saja. Kita perlu memberikan makanan yang lebih bervariasi terutama untuk lovebird usia muda. Beberapa jenis makanan lovebird yang bisa diberikan diantarannya pakan biji-bijian seperti milet putih, milet merah, kuaci, hemp seed maupun pelet.

gambar makanan lovebird

gambar makanan lovebird

Makanan dari beberapa variasi biji-bijian tersebut dapat mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan seimbang. Tidak baik jika hanya dikasih milet putih saja karena bisa menyebabkan kegemukan pada burung lovebird. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan biji-bijian berkecambah.

Makanan lovebird tersebut dapat diberikan setiap hari secara bergantian. Kita juga perlu menambahkan buah-buahan atau sayuran setidaknya 1 atau 2 kali seminggu untuk meningkatkan kemampuan berkicaunya. Jenis sayuran yang biasa digunakan antara lain jagung muda, kangkung dan tauge.

Cara Menjodohkan Lovebird

Seperti halnya hewan lain yang membutuhkan regenerasi dengan cara berkembang biak. Lovebird memerlukan prosesi perjodohan antara jantan dan betina. Pada tahap ini sangat penting bagi kita untuk mengetahui mana jantan dan mana lovebird betina. Cara menjodohkan lovebird bisa menggunakan dua cara yaitu perjodohan koloni dan perjodohan poligami.

Perjodohan koloni pada lovebird dilakukan dengan menggunakan kandang besar, dimana dalam kandang tersebut diisi dengan banyak lovebird. Biarkan lovebird mencari jodohnya sendiri, dengan seleksi alam seperti ini lovebird akan menemukan pasangan sendiri tanpa beberapa kali perjodohan. Cara ini sangat efektif dan direkomendasikan untuk pemula yang belum pernah menjodohkan lovebird.

Cara kedua adalah dengan perjodohan poligami dimana cara ini dilakukan untuk yang tidak punya banyak lovebird. Caranya adalah dengan memasukkan dua betina dan satu jantan dalam satu kandang. Cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui pasangan lovebird yang cocok yang mana.

Cara menjodohkan lovebird yang efektif adalah yang dilakukan sejak kecil, dimana saat burung lovebird sudah sebulan maka dimasukkan dalam kandang besar dan biarkan mereka mencari pasangan sendiri. Istilah Jawa-nya itu “tresno jalaran seka kulina”. Hidup bersama dalam kandang besar akan membuat burung lovebird menemukan pasangan sejatinya tanpa perlu campur tangan manusia.

Demikian artikel mengenai lovebird dari klasifikasinya hingga cara perawatan. Semoga artikelnya bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa untuk bergabung dengan fanspage satwapedia.com untuk bertemu di dunia sosial media.

Add Comment