Burung Anis Merah yang Berkicau Lama untuk Anda

Jika Anda adalah salah satu pecinta burung, maka Anda pasti tahu burung anis merah. Burung ini juga dikenal atau punya sebutan lain yakni burung cacing atau burung anis bata. Burung anis bata suaranya sangat merdu. Selain itu, dibandingkan dengan burung lain yang pandai berkicau, burung ini punya keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari burung lain. Keunikan itu terletak pada gaya teler burung ini yang berhasil menarik minat banyak para pecinta burung baik. Mungkin Anda tidak bisa menemukan gaya teler burung ini pada burung lain seperti cucak ijo, kenari maupun lovebird.

Mungkin karena keunikannya tersebut, burung anis merah dihargai cukup tinggi. Di antara para pecinta burung, tidak banyak yang memiliki burung ini. Burung ini dikenal hanya dimiliki oleh para pecinta burung kelas atas. Jika seorang penghobi burung memiliki burung ini, maka ia diakui kelasnya sebagai master burung kelas atas. Hanya sebagian kecil pecinta burung yang punya peliharaan burung anis merah, dan oleh karenanya pantas merasa bangga karena memang burung ini terbilang cukup sulit dicari.

Ciri Burung Anis Merah

foto burung anis merah

Foto burung anis merah

Nah, Anda perlu mengetahui seperti apa ciri-ciri burung anis merah, siapa tahu suatu saat Anda bisa mendapat kesempatan memilikinya. Burung ini terbilang sangat peka dan perlu waktu yang cukup lama untuk bisa beradaptasi pada perubahan. Perubahan tersebut termasuk perlakuan yang berbeda, bergantinya ornamen pada kandang dan bahkan pergantian suasana di sekitar kandangnya. Jika perubahan yang terjadi cukup mencolok, maka burung ini terancam bisa mengalami stress.

Di saat yang sama, burung ini juga cukup mudah bosan, sehingga seringkali butuh situasi baru. Burung ini cenderung malas untuk berkicau jika ditempatkan pada satu area dengan jangka waktu terlalu lama. Cara mengatasinya cukup mudah, tinggal diatur supaya sarang si anis merah diatur agar berganti sedemikian rupa dan sesering mungkin; bisa seminggu sekali, tiga kali sehari atau bahkan sekali sehari. Jadi, jika Anda ingin bisa mendengar kicauan burung anis merah dan menikmati telernya sesering mungkin, Anda perlu untuk memindah sangkarnya sesering mungkin pula.

Ciri lain ini terletak pada perubahan mood yang fluktuatif. Burung ini terbilang gampang naik moodnya, penyebabnya bisa dipicu oleh banyak sebab; antara lain penjemuran yang terlalu berlebih, extra fooding yang terlalu berlebih dan kalau melihat burung anis bata lain. Di saat yang sama, burung ini juga sangat manja. Burung ini tampak senang jika banyak orang yang mendekatinya dan jika orang yang merawatnya sering berganti. Jika burung ini melihat orang yang mendekati kandang dan merawatnya itu-itu saja, maka ia akan sulit teler dan bersiul lagi. Nah, sifatnya yang manja itu juga jadi keuntungan sendiri bagi pecinta burung dan terlebih lagi master yang merawatnya, karena burung ini jadi gampang jinak kalau didekati.

Karena harganya yang terbilang cukup mahal, kemampuannya membawa prestige yang tinggi bagi pemiliknya dan juga kehadirannya yang sangat menghibur, maka sudah selayaknya burung ini mendapat perawatan terbaik. Merawat anis merah perlu disiplin dan ketelatenan. Sarang burung anis merah perlu sering dibersihkan dan dijemur. Pemberian makan juga harus teratur, dan dianjurkan untuk memberi makan cacing dalam satu Minggu satu ekor cacing sebanyak dua kali. Dengan perawatan yang baik dan teratur, kandang yang senantiasa bersih dan makanan yang cukup, si anis bata akan lama berkicau untuk Anda.

Add Comment