Belasan Jenis Ikan Koi Pesaing Koi Blitar

Berbicara soal ikan hias tidak lengkap rasanya jika tidak menyinggung ikan koi. Ada begitu banyak jenis ikan koi untuk dipelihara di rumah menjadi daya tarik kami mengulas lebih jauh di artikel ini. Bagi penghobi yang ingin menambah koleksi koi di kolam pasti pengen tahu kan, spesies manakah yang paling membawa hoki? Bagi yang peternak budidaya ikan tentu saja pengen tahu jenis mana yang paling diminati oleh pecinta koi bukan? selain sebagai ikan hias dikolam, koi juga dikenal sebagai hewan budidaya yang cukup menguntungkan dan memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Sudah sejak lama ikan koi dikenal sebagai hewan pembawa hoki bagi pemiliknya. Ikan koi juga dipercaya bisa mengurangi tingkat stress bagi pemiliknya, kalau dipikir-pikir bener juga sih. Bukan masalah mistis atau kepercayaan, kalau saya justru merasa stress hilang karena pemandangan menarik di kolam yang bisa dinikmati ketika pulang kerja atau saat menulis artikel seperti ini. Kalau kita cermati, ikan ini ada kekerabatan atau entah apa namanya tapi mirip sekali dengan ikan mas, mungkin itulah sebabnya ada nama ikan mas koi di Indonesia.

11 Jenis Ikan Koi Terbaik Asli Jepang

gambar jenis ikan koi

Gambar Ikan Koi

Istilah ikan koi dalam bahasa Jepang yang berarti ikan karper, lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta.

Koi termasuk dalam jenis ikan karper Cyprinuscarpio yang mempunyai motif warna yang sangat indah. Ikan-ikan koi ini sebagian besar dibedakan karena bentuk tubuh, pola dan corak warna yang dimiliki oleh ikan. Berikut ini jenis ikan koi terbaik asli dari jepang :

Kohaku

jenis koi kohaku

Jenis koi kohaku

Kohaku adalah jenis ikan koi tertua dan paling banyak dikenal oleh masyarakat di dunia. Ikan ini memiliki corak dasar putih dengan pola overlay merah diatas putih. Spesies yang termasuk dalam kategori kohaku adalah Gin Rin Kohaku, Maruten Kohaku dan Tancho Kohaku. Hampir semua spesies tersebut memiliki kualitas yang baik dengan pola dasar putih dan ditambah dengan corak warna merah.

Tancho

Tancho

Tancho

Tancho sebenarnya masih dalam satu garis keturunan dengan kohaku. Ikan koi ini merupakan ikan yang sangat populer pada spesies kohaku. Ciri khas yang paling menonjol dari ikan ini adalah titik merah yang ada dikepalanya. Tancho adalah ikan yang paling dihormati di Jepang kerena kemiripan mereka dengan Grus japonensis, atau Red-Crowned Crane. Spesies dari tancho adalah Gin Rin Tancho dan Doitsu Tancho.

Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Sama halnya dengan kohaku, Taisho Sanke atau yang lebih sering disebut dengan sanke adalah koi yang memiliki warna dasar putih solit dengan lapisan pola warna merah dan hitam. Ikan koi sanke pada dasarnya mirip dengan kohaku jika anda tidak mencermati dengan mendalam. Spesies yang termasuk dalam Sanke adalah Doitsu Sanke, Maruten Sanke, Tancho Sanke, dan Gin Rin sanke.

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku

Masyarakat Jepang lebih suka memanggilnya dengan Showa, Ikan koi ini memiliki pola yang hampir sama dengan Sanke, namun anda pasti bisa membedakannya! Perbedaan Showa dan Sanke terletak pada pola hitam yang dimiliki kedua jenis ikan tersebut. Pada Showa, pola hitam ada di seluruh bagian tubuhnya, sedangkan Sanke hanya ada pada bagian atas tubuh. Showa juga memiliki pola hitam dikepala dimana ikan Sanke tidak mempunyai hal itu. Variasi dari ikan showa antara lain Gin Rin Showa, Tancho Showa,Doitsu Showa, Maruten Showa, dan Kin Showa.

Asagi

Jenis ikan koi Asagi

Jenis ikan koi Asagi

Asagi adalah ikan koi yang memiliki corak unik dibandingkan dengan jenis lain. Asagi memiliki pola warna biru pada bagian belakang ditambah dengan warna merah atau oranye pada bagian perut hingga sirip ikan. Jenis ikan koi terbaik pada tipe asagi adalah ikan yang memiliki pola merah yang tidak memanjang diatas garis lateral. Variasi dari tipe asagi antara lain Hi Asagi dan Gin Rin Asagi.

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri

Berbeda dengan beberapa jenis koi sebelumnya, ikan Shiro utsuri memiliki warna dasar hitam solid dengan corak tambahan berwarna putih. Jenis ikan koi terbaik pada tipe shiro utsuri bisa ditemukan dengan ciri khas kepala yang memiliki perpaduan warna hitam dan putih. Gin Rin Shiro Utsuri, Gin Shiro Utsuri dan Doitsu Shiro Utsuri adalah variasi dari tipe ini.

Ki Utsuri

Ki Utsuri

Ki Utsuri

Ki Utsuri adalah salah satu jenis ikan koi termahal karena paling langka di kalangan Utsuri lainnya. Ikan ini memiliki gabungan pola kuning diatas tubuh hitam, namun anda perlu mengamati dengan cermat agar tidak salah dengan jenis Utsuri yang lain.

Shusui

shusui

Shusui

Shusui adalah jenis ikan anakan versi Asagi. Berbeda dengan Asagi, ikan ini memiliki sisik sepanjang garis dorsal di bagian atas belakang untuk menggantikan pola jaring biru yang dimiliki Asagi. Bagian sirip, sisi dan perut hampir sama dengan asagi yaitu didominasi warna oranye dan merah.

Matsuba

Matsuba

Matsuba

Matsuba dikenal sebagai ikan koi yang memiliki tubuh padat dengan warna dasar logam dan memiliki pola jaring hitam. Ada versi lain dari matsuba yaitu gin matsuba yang memiliki warna dasar putih, Ki Matsuba yang memiliki warna dasar kuning serta Aka Matsuba yang memiliki warna dasar merah.

Kumonryu

Kumonryu

Kumonryu

Kumonryu adalah jenis ikan koi yang paling menarik karena kemampuannya yang bisa mengubah pola hinga berkali-kali dalam setiap perjalanan hidupnya. Koi ini bisa berubah dari warna putih solid menjadi hitam atau kombinasi dari keduanya. Mungkin jika anda sering bosan dengan ikan yang begitu-begitu saja, anda bisa memelihara jenis ikan ini.

Chagoi

Chagoi

Chagoi

Chagoi memiliki hubungan genetik dengan ikan mas liar, namun ikan ini termasuk yang paling ramah dan jinak dibandingkan dengan jenis ikan lain, aneh bukan? warna yang mereka miliki cenderung pucat, yaitu warna coklat atau perunggu, sungguh sangat berbeda dengan ikan-ikan koin lainnya yang biasanya berwarna cerah. Jika Anda pemula dalam hal memelihara ikan, disarankan untuk memilih jenis chagoi karena mereka sangat menyenangkan dan mudah untuk dilatih.

Jenis Ikan Koi Blitar

11 jenis ikan yang telah saya sebutkan diatas merupakan produk asli ikan koi dari Jepang. Banyak orang yang selalu membandingkan ikan kualitas impor atau ikan hasil budidaya di Indonesia. Ikan koi budidaya merupakan upaya pelestarian koi di negeri ini untuk memangkas mahalnya biasaya impor dari Jepang. Hal ini diharapkan bisa memenuhi permintaan akan ikan koi yang semakin lama semakin banyak.

Kota Blitar adalah kota yang dikenal sebagai sentra budidaya ikan koi. Bila Anda memasuki kota Blitar, akan Anda temui patung ikan koi sebagai penanda bahwa kota Blitar adalah sentra ikan koi. Sebagian penduduk di kota ini menjadi peternak ikan koi, terutama mereka yang tinggal di dua Kecamatan Tambak Boyo dan Kecamatan Kota Blitar. Potensi kota Blitar yang memiliki sumber air yang baik menjadi pengaruh tumbuhnya ikan koi yang berkualitas bagus bahkan tidak kalah dengan ikan koi dari Jepang.

Para petani di Blitar berusaha menjaga kemurnian ikan koi dengan tidak mengawinkan dengan ikan mas biasa. Untuk memperoleh kualitas ikan koi yang bermutu bagus, bibit ikan koi mengalami proses sortasi selama 5-6 kali (sejak ikan berusia 1-2 bulan). Ikan koi Blitar juga memiliki warna yang bagus, yakni warna merah atau kuning yang terang dan warna putihnya seperti salju.

Memelihara ikan koi tidak hanya menguntungkan dalam hal ekonomi seperti yang diperoleh dari hasil budidaya. Koi yang memiliki warna cerah juga bisa menjadi penghilang stress saat mereka berenang kesana kemari. Semoga artikel mengenai jenis ikan koi ini membuat Anda lebih sayang dengan koi atau membuat Anda berkeinginan memelihara koi di rumah.

3 Comments

  1. rdjsptree November 12, 2016
    • sibhe7 November 15, 2016
  2. Yong koi trading September 18, 2017

Add Comment