Anjing Golden Retriever, Anjing Pintar Yang Populer

Anjing golden retriever merupakan salah satu anjing terpopuler di seantero dunia ini. Bisa anda sudah lama memelihara anjing atau setidaknya mengikuti perkembangan hewan peliharaan ini, saya kira anda pasti mengenal anjing ini. Bagi yang belum mengenalnya, berarti inilah saatnya anda menemukan jenis anjing peliharaan yang tepat untuk dijadikan teman dirumah. Kenapa begitu?

Dibalik kepopuleran seekor hewan peliharaan pasti ada sesuatu yang istimewa dan biasanya membedakan antara satu hewan dengan hewan yang lainnya. Begitu pula dengan golden retriever yang terkenal karena penampilannya yang eksotis dengan bulu emasnya yang didukung dengan tingkat kecerdasan yang baik. Anjing ini cerdas dan mudah dilatih untuk melakukan beberapa gerakan dan sangat aktif bila diajak main. Tak heran jika anjing golden retriever pernah manjadi bagian penting dalam Air Bud sebagai olahragawan yang cerdas. Tahukah anda peran yang pernah dilakoninya? Ya, dia pernah jadi atlet basket, baseball maupun sepak bola.

Mempelajari Sejarah Anjing Golden Retriever

anjing golden retriever

gambar anjing golden retriever

Ok, untuk memulai pengenalan dengan golden retriever mari kita mulai dari sejarah yang melekat pada kehidupan anjing ini. Sejarah anjing ini dimulai pada awal tahun 1800-an. Pada saat itu permainan dan perburuan menjadi hal yang digemari di Inggris dan Skotlandia. Retriever merupakan hewan yang pandai dan pekerja keras dalam melakukan perburuan saat itu. Dia sangat menonjol dengan kekuatan yang diselaraskan dengan kecerdasan yang kemudian ditompang oleh tubuh yang berukuran sedang yang sangat cocok dalam melakukan perburuan burung didataran tinggi Skotlandia.

Catatan sejarah menyatakan bahwa pada tahun 1850-1890 merupakan perkembangan strain asli Golden Retriever di Real Guisachan dari Dudley Marjoribanks,Lord Tweedmouth yang dekat dengan Inverness, Skotlandia. Baru setelah tahun 1911, The Kennel Club yang berlokasi di Inggris mengakui anjing golden retriever yang diklasifikasikan sebagai “Retriever – Kuning atau Emas.” Pengelompokkan itu pada akhirnya diubah secara resmi menjadi golden retriever pada tahun 1920.

Ciri-Ciri Anjing Golden Retriever

Untuk lebih mengenal Golden Retriever mari kita bahas mengenai ciri-ciri fisik yang bisa anda jadikan patokan untuk membedakannya dengan tipe anjing yang lain. Pawakan anjing yang memiliki rentang waktu hidup antara 10 hingga 12 tahun ini terbilang cukup besar. Tinggi anjing ini bisa mencapai 56 hingga 61 cm dengan brat badan antara 27 sampai 33 kilogram. Pawakan anjing yang seperti itu membuat anjing ini terlihat kuat, bertenaga dan aktif.

Tubuh besarnya didukung dengan bulu panjang yang bagus dan ideal dengan tubuhnya. Bulu Retriever bahkan terlihat mingkilat seperti emas jika terkena paparan sinar matahari, keren kan? Bila kita lihat pada bagian muka, anjing ini tipe periang jadi jangan samakan dengan bulldog yang agak surem mukanya. Wajahnya juga didukung dengan bulu mata dan moncong yang proporsional.

Kepribadian Golden Retriever

Setelah mengenali ciri-ciri fisik golden retriever mari kita lanjut dengan ulasan kepribadian anjing ini. Dari tingkah laku yang kami amati selama ini, anjing ini termasuk hewan yang mudah bersosialisasi dengan manusia maupun hewan lainnya. Dia juga ramah dan memiliki keahlian berupa penciuman yang tajam dan kemampuan lari yang cukup baik. Itu akan membuat para pemiliknya merasa bangga ketika sedang bermain bersama di taman.

Retriever juga sangat mudah berlatih dan cerdas dalam megambil keputusan namun tidak cocok sebagai anjing penjaga rumah karena tidak galak. Namun bila anda berpikir untuk menjadikannya penjaga hewan ternak, boleh lah. Di Jerman banyak sekali peternak menggunakan anjing golden retriever sebagai tangan kanannya untuk mengelola dan mengontrol hewan di peternakan.

Jenis Anjing Golden Retriever

Ok, golden retriever merupakan anjing yang cukup populer tapi mungkin anda akan bingung untuk membedakan jenis retriever yang bagaimana yang harus anda miliki. Terdapat 2 jenis retirever yang sangat populer saat ini, mereka adalah jenis Amerika dan jenis Inggris. Perbedaan dari kedua jenis anjing ini terdapat pada bentuk fisik masing-masing. Jenis Amerika terlihar lebih gagah dengan pawakan yang penuh tenaga namun memiliki mata yang lebih kecil, sedangkan jenis Inggris memiliki mata yang lebih besar dengan ukuran moncong berbentuk agak persegi dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan tipe Amerika.

Yang menarik pada Anjing tipe amerika adalah bulunya yang berupa coklat padat yang bisa menolah air dan terlihat berkilau bila sedang berada di tempat yang teduh. Sedangkan untuk tipe Inggris bulunya berwarna putih dengan gaya keriting yang pendek.

Demikian infrmasi yang bisa kami sampaikan, semoga dengan artikel ini anda bisa lebih mengenal seluk beluk dan kepribadian anjing golden retriever ini. Rawatlah selalu hewan peliharaan anda dan beri makan sesuai dengan kebutuhan makanan anjing golden retriever.

Add Comment